5 Cara Mengukur Lingkar Dada Sebelum Membeli Baju Secara Online!

  • Bagikan
5 Cara Mengukur Lingkar Dada Sebelum Membeli Baju Secara Online!
kumparan.com

Seruni.id – Apakah kamu sedang mencari cara mengukur lingkar dada untuk menjadi patokan saat membeli pakaian secara online? Jangan khawatir, karena Seruni telah merangkumnya di dalam artikel berikut ini.

Belanja online tampaknya sudah menjadi salah satu kegemaran banyak orang. Apalagi, dalam hal membeli pakaian. Selain pilihannya cukup banyak, belanja online juga mudah dilakukan. Namun, sering kali kita kurang teliti dalam menentukan ukuran pakaian. Sehingga tak jarang, pesanan yang datang kerap kekecilan pun kebesaran.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar pesanan yang datang sesuai? Mengukur lingkar dada menjadi langkah penting untuk dilakukan. Pertanyaannya, bagaimana sih cara mengukur lingkar dada di rumah? Simak caranya berikut ini, yuk!

 

1. Manfaatkan Meteran Jahit

5 Cara Mengukur Lingkar Dada Sebelum Membeli Baju Secara Online!
liputan6.com

Cara mengukur lingkar dada yang pertama adalah dengan menggunakan meteran jahit. Meteran jahit adalah salah satu media yang sering kal digunakan untuk mengukur bagian tubuh, termasuk mengukur lingkar dada. Caranya sangat mudah kok. Ambil meteran jahit, lalu lingkarkan meteran tersebut mengelilingi punggung hingga dada.

Kemudian, lihat angka pada meteran yang menunjukkan lingkar dadamu. Untuk menghindari baju yang kamu beli sempit dan membuat tidak nyaman, sebaiknya hasil ukuran tersebut ditambah sekitar 3-4 cm, agar baju yang digunakan nanti tidak terlalu sesak.

 

2. Menggunakan Penggaris

5 Cara Mengukur Lingkar Dada Sebelum Membeli Baju Secara Online!
produknation.com

Jika di rumahmu tidak ada meteran jahit, tak perlu khawatir, sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan penggaris kok. Cara mengukur lingkar dada dengan penggaris jga sangat mudah. Namun, perlu diingat, cara ini hanya sebagai altenatif jika kamu memang tidak memiliki meteran jahit. Bagaimana melakukannya?

Ambil baju dengan ukuran yang pas dan nyaman digunakan. Kemudian letakkan baju di atas meja atau di tempat yang rata. Lalu ukur mulai dari bagian ketiak sebelah kanan sampai ke ketiak kiri, setelah itu jangan lupa mencatat hasilnya.

Hasil dari pengukuran tersebut harus dikalian dua, misalnya hasil yang kamu dapat adalah 40 cm kemudian dikalikan dua, 40 x 2 = 80 cm. Maka, hasil tersebutlah yang bisa kamu jadikan sebagai patokan ukuran lingkar dadamu. Namun, untuk cara yang satu ini, kamu tidak perlu menambah 3-4 cm, ya.

 

3. Menggunakan Tali Rafia

5 Cara Mengukur Lingkar Dada Sebelum Membeli Baju Secara Online!
mitraprimaperkasa.com

Salah satu alternatf paling mudah untuk mengukur lingkar dada adalah dengan menggunakan tali rafia. Tali rafia kerap dianggap sebagai solusi tepat dalam mengukur lingkar dada ketika hendak membuat baju maupun membelinya secara online. Cara melakukannya mudah saja, kamu cukup melilitkannya di sekeliling dada. Untuk ukuran normal, sebelum melakukan pengukuran pastikan tali pas berukuran 1 meter.

 

4. Menggunakan Jengkal Jari

5 Cara Mengukur Lingkar Dada Sebelum Membeli Baju Secara Online!
kelaspintar.id

Selain menggunakan tiga cara di atas, kamu juga bisa mengukur lingkar dada menggunakan jengkal jari, loh. Cara tradisional ini, bisa kamu lakukan jika di rumahmu tidak ada penggaris atau tali rafia. Mudahnya, kamu bisa mulai menghitung dari bagian punggung sampai lingkar dada dengan menggunakan jengkal jari. Meski tidak terlihat akurat, namun melakukan pengukuran menggunakan jengkal jari masih diaplikasikan hingga saat ini.

 

5. Benang Jahit

5 Cara Mengukur Lingkar Dada Sebelum Membeli Baju Secara Online!
umroh.com

Meski tidak mungkin mengukur lingkar dada menggunakan benang jahit, apalagi benang jahit terlalu tipis dan sulit terlihat. Namun, faktanya, benang jahit bisa menjadi alat alternatif paling mudah ditemukan untuk mengukur lingkar dada. Caranya praktis, kamu tinggal lingkarkan benang jahit warna mencolok di bagian atas dada terlebih dahulu. Usahakan benang tersebut tidak terlalu longgar atau kencang, lalu setelah itu taruh penggaris di bawah benang untuk dijadikan penanda ukuran lingkar dada.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Pengukuran

Sebelum melakukan pengukuran, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Tips berikut ini dilakukan agar pengukuran mendapatkan hasil yang akurat.

 

Melepas Bra

Saat hendak melakukan pengukuran, disarankan untuk melepas bra terlebih dahulu. Sebab, busa pada bra bisa menyebabkan hasil yang kurang akurat. Dengan melepas bra, hasilnya akan lebih akurat dan jelas. Sehingga nantinya baju yang dikenakan pun akan semakin nyaman.

 

Memperhatikan Posisi Tubuh

Saat ingin melakukan pengukuran, coblah berdiri dengan tegap. Hindari berdiri dengan posisi membungkuk, ya. Sebab, hasil dari pengurukan bisa berbeda dan akan berpengaruh pada baju yang kamu pesan. Patut diingat, berdiri dengan posisi yang baik merupakan kunci untuk mendapatkan ukuran tubuh yang akurat.

 

Pastikan Kembali dengan Tabel Ukuran Baju

Sekalipun kamu sudah merasa yakin dengan ukuran lingkar dada yang sudah kamu lakukan, tidak ada salahnya untuk kembali memastikan dengan tabel ukuran baju. Setiap jenis pakaian memiliki size yang berbeda-beda, umumnya ukuran baju orang dewasa terdiri dari ukuran S, M, L, dan XL.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Gamis untuk Wanita Gemuk

Itulah lima cara mudah mengukur lingkar dada yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah sebelum membeli baju online. Buat kamu yang sudah pernah mengukur selain dengan cara di atas, boleh yuk share pengalaman kamu di bawah ini.

  • Bagikan