Cara Mudah Mencegah Diabetes untuk Para Milenial

Cara Mudah Mencegah Diabetes untuk Para Milenial
eusemfronteiras.com

Seruni.id – Diabetes menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita di tanah air. Menurut data dari World Health Organization (WHO), pada tahun 2000, sedikitnya 8.426.000 orang menderita diabetes di Indonesia. Konon, jumlah tersebut masih akan terus meningkat hingga 2030 mendatang. Tentu saja, kamu tidak ingin menjadi salah satunya, kan? Mencegah diabetes akan lebih baik daripada harus mengobati. Terlebih bagi para milenial yang kerap memiliki gaya hidup yang tidak teratur. Berikut ini Seruni akan memberikan sembilan cara mudah mencegah diabetes yang wajib diketahui sedini mungkin!

Cara Mudah Mencegah Diabetes untuk Para Milenial
viztia.si

1. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Cara mencegah diabetes yang pertama bisa dimulai dari pola makan yang sehat. Salah satunya dengan rajin mengonsumsi sayur serta buah-buahan. Dengan begitu, kamu sudah berusaha untuk mencegah diabetes agar tidak menyerang tubuhmu. Jangan lupa untuk menghindari segala jenis makanan yang mengandung lemak trans, lemak jenuh, serta gula yang banyak.

2. Pastikan Kualitas Tidur Baik

Jika kualitas tidurmu kurang baik, maka segala macam penyakit misalnya seperti diabetes dan obesitas bisa saja terjadi. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko tersebut, hindarilah bedagang di malam hari dan pastikan kebutuhan istirahat tercukupo dengan baik. Cara ini sangat penting dilakukan guna mencegah diabetes.

3. Kurangi Mengonsumsi Makanan Mengandung Gula Tinggi dan Karbohidrat

Diabetes bisa disebut dengan penyakit gula atau kencing manis. Hal ini dikarenakan makanan tinggi gula dan karbohidrat dapat meningkatkan risiko diabetes. Makanan yang mengandung gula tinggi, lama-kelamaan akan meningkatkan gula darah yang merangsang pancreas untuk memproduksi insulin, hormone yang membantu gula keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam sel tubuh.

Akan tetapi, bagi mereka yang telah melalui fase pre-diabetes, sel-sel tubuh resisten terhadap insulin, sehingga kadar gula darah akan tetap tinggi. Nah, untuk mengimbangi hal tersebut, pancreas akan memproduksi lebih banyak insulin dan berusaha menurunkan gula darah.

Lama-kelamaan, kondisi tersebut dapat memicu munculnya diabetes tipe 2. Maka dari itu, segeralah menghindai makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti putih, pasta, serta nasi. Selain itu, kurangi pula mengonsumsi minuman bersoda, sereal, manisan buah, hingga biskuit.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga sangat penting sekali untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, serta dapat mencegah diabetes. Dalam laman Health Line, seorang peneliti menyebut bahwa olahraga sejatinya dapat meningkatkan sensitivitas insulin antara 51-85 persen. Jika ingin memulai olahraga, kamu bisa mencoba berbagai jenis workout, seperti aerobik, latihan interval intensitas tinggi hingga latihan kekuatan.

Menurut studi lain, dengan membakar lebih dari 2.000 kalori per minggu, dapat memaksimalkan kinerja insulin pada tubuh. Sebagaimana diketahui, para penderita diabetes tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Padahal, tanpa insulin sel-sel tubuh tidak mampu menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

5. Hindari Stress

Untuk menghindari stress kita membutuhkan pikiran yang jernih dan positif, hal ini juga termasuk salah satu cara untuk mencegah diabetes. Sebab, stress ternayta dapat menjadi pemicu pelepasan beberapa hormone yang akan meningkatkan gula darah. Oleh sebab itu, perbanyaklah aktivitas fisik dan dapatkan dukungan sosial dari teman, sahabat, maupun keluarga, karena hal tersebut bisa membantu kamu dalam menghilangkan stress.

6. Perbanyak Minum Air Mineral

Air mineral memiliki peranan penting dalam mencegah diabetes. Bahkan, sebuah studi yang melibatkan kurang lebih 2.800 orang yang berisiko diabetes pu membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih dari dua porsi minuman manis, akan meningkatkan risiko diabetes tipe dua sebanyak 20 persen. Sedangkan, jika memperbanyak mengonsumsi air mineral akan mengontrol gula darah dan meningkatkan respons insulin bagi tubuh. Jadi, yuk segera perbanyak mengonsumsi air mineral mulai hari ini.

7. Mengurangi Berat Badan

Berat badan yang berlebih ternyat sangat berkontribusi pada risiko diabetes. Orang yang mengalami berat badan berelebih atau obesitas memiliki kelebihan lemak visceral, yang terletak di bagian tengah tubuh. Lemak ini meningkatkan peradangan dan resistensi insulin, yang secara signifikan dapat meningkatkan resiko diabetes. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh 1.000 orang, setiap berat tubuh mereka turun 1 kilogram, risiko diabetes pun berkurang hingga 16 persen. Sementara, menurut laman Diabetes.co.uk, menurunkan 5 persen dari berat badan dan diimbangi dengan olahraga rutin dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen. It’s good, right?

8. Mengurangi Rokok dan Alkohol

Bagi para perokok dan mengonsumsi alkohol, hal ini harus segera dikurangi jika ingin mencegah diabetes. Ini karena terdapat kandungan nikotin dari rokok yang mampu merusak sel pankreas yang memproduksi insulin dan meningkatkan risiko diabetes.

9. Mengecek Kadar Gula Darah

Mengecek kadar gula darah dalam tubuh secara periodik sangat penting. Hal ini dikarenakan gejala penyakit diabetes yang sulit terdeteksi. Dengan melakukan pengecekan secara rutin, akan membuatmu dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Jangan ragu untuk saling mengingatkan dalam lingkungan keluarga seperti mengingatkan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat juga sangat penting agar tetap saling terjaga kesehatan tubuhmu dan keluarga dari penyakit diabetes ini.

Baca Juga: Menyiapkan Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Nah, itu dia beberapa cara mudah agar terhindar dari penyakit diabetes. Tetap jaga kesehatanmu dan keluarga, ya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.