Cegah Kantuk Saat Puasa Yuk!

0

Seruni.idMomies, sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa. Tentunya selama puasa waktu tidur kita akan semakin berkurang. Apalagi para ibu bekerja yang tidak mungkin bisa tidur siang di kantor meskipun puasa. Kita bisa saja minum kopi untuk menangkal kantuk yang menyerang, namun lagi-lagi kita tidak bisa melakukannya karena sedang puasa. Melansir healthline, ada beberapa cara agar kita tetap terjaga di tempat kerja walaupun sedang puasa. Coba yuk beberapa kiat berikut:

1. Berjalan-jalan sebelum bekerja

Mendapatkan udara segar dan menggerakkan tubuh Anda sebelum bekerja dapat membantu Anda tetap terjaga. Jalan kaki saat matahari terbit sangat efektif, hanya saja jangan terlalu lama dan membuat Anda lelah.

2. Tidur siang

Meskipun kadang tidak mungkin untuk tidur siang di tempat kerja, tidur sejenak sebelum beraktivitas dapat membantu meningkatkan respons Anda. Ini adalah cara yang sangat penting bagi pekerja shift, yang mungkin diminta untuk bekerja bergantian. Tidur sebentar selama 15 hingga 20 menit sebelum bekerja, dapat membantu meningkatkan produktivtias Anda pada giliran kerja Anda.

3. Ambil istirahat aktivitas

Duduk atau berdiri terlalu lama di meja dapat membuat Anda merasa lelah. Bangun dan ambil jeda aktivitas setiap beberapa jam jika memungkinkan. Cobalah berjalan di sekitar kantor atau tempat kerja Anda saat Anda. Anda juga dapat mencoba olahraga kecil yang dapat Anda lakukan di meja Anda

4. Jagalah ruang kerja Anda tetap terang

Jika Anda bekerja di siang hari, biarkan jendela tempat kerja Anda tetap terbuka untuk membiarkan sinar matahari masuk. Jika Anda bekerja saat gelap atau redup, nyalakan lampu untuk membantu membuat Anda tetap terjaga dan waspada.

5. Minum banyak air putih

Sebelum memasuki puasa, Anda dapat memberi dorongan energi dengan minum air putih. Ini jauh lebih sehat dan juga efektif serta membuat Anda lebih responsif.

6. Hindari camilan

Sambil menunggu imsak atau salat tarawih Anda biasanya akan mengudap camilan. Karena itu, carilah makanan dengan campuran protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Pilihan makanan ringan yang baik, hindari mengonsumsi makanan dan minuman dengan tambahan gula, seperti permen, energy bar, dan soda.

7. Prioritaskan pekerjaan

Akan sulit untuk fokus pada tugas yang rumit saat Anda lelah. Jika memungkinkan, selesaikan tugas termudah saat Anda lelah, seperti membalas email, atau mengajukan dokumen. Biasanya energi Anda akan kembali ketika Anda menyelesaikan tugas-tugas yang lebih sederhana ini.

8. Pakai Aroma terapi

Simpanlah lilin beraroma atau diffuser minyak esensial di meja Anda. Carilah aroma yang kuat dan memberi energi, seperti melati, jeruk, atau peppermint. Anda juga bisa mambalurkan minyak esensial di tangan dan pelipis untuk membantu Anda tetap berenergi.

9. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik yang keras dan bersemangat seperti rock atau pop terkadang dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Jika Anda bekerja di ruang terbuka, pastikan untuk memakai headphone sehingga Anda tidak mengganggu rekan kerja Anda.

Nah semoga tips di atas bermanfaat ya. Selamat berpuasa !

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.