5 Doa Meminta Jodoh yang Terbaik, Insya Allah Segera Dikabulkan

  • Bagikan
5 Doa Meminta Jodoh yang Terbaik, Insya Allah Segera Dikabulkan
idewedding.com

Seruni.id – Perkara jodoh, memang sudah diatur oleh Allah SWT. Namun, sebagai manusia kita juga perlu berusaha agar diberikan jodoh yang terbaik. Tentunya ini harus dimulai dengan memperbaiki diri sendiri hingga membaca doa meminta jodoh yang terbaik. Mungkin kita sudah sering mendengar, bahwa jodoh adalah cerminan diri. Sehingga, memperbaiki diri stiap hari menjadi bagian paling penting dalam menemukan pasangan hidup.

5 Doa Meminta Jodoh yang Terbaik, Insya Allah Segera Dikabulkan
fame.grid.id

Sebagai umat muslim, tidak masalah jika ingin mencari jodoh melalui doa. Allah SWT telah memberi umatnya slusi untuk semua jenis masalah dalam hidup. Seperti yang disebutkan di dalam Al-Qur’an Surah Al’Mu’min ayat 60 bahwa Allah SWT akan mengabulkan permohonan hambanya yang berdoa.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

“Waqoo la robbukumud uwnii astajib lakum, innalladzii na yastakbiruuna an ibaadatii sayadkhuluu na jahannama daakhiriin.”

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanman dalam keadaan hina dina’.”

Termasuk soal jodoh, berdoa agar mendapatkan pasangan hidup yang baik adalah salah satu usaha yang bisa dilakukan. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

1. Doa Meminta Jodoh Surat Al-Anbiya

وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ ۚ

“Wa Zakariyyaaa iz naadaa Rabbahuu Rabbi la tazarnii fardanw wa Anta khairul waarisiin.”

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, ‘Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik’.”

Doa meminta jodoh di atas, diangkat dari kisah Nabi Zakaria yang mengalami cobaan karena belum memiliki keturunan setelah puluhan tahun. Meski begitu, doa ini juga bisa diamalkan bagi kamu yang belum menemukan pasangan hidup.

 

2. Doa Meminta Jodoh Surah Alfurqoon

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاماً

“Robbanaa hablanaa min ajwaajinaa wadzuroyyaatinaa qurrota a’yuni, waj alnaa lilmuttaqiina imaamaa.”

Artinya: “Tuhan kami! Berilah kami pasangan dan keturunan yang akan menjadi penyejuk mata kami, dan berilah kami (rahmat) untuk memimpin orang-orang yang bertakwa.” (Al Furqoon: 74)

Doa meminta jodoh yang tertuang dalam surah Al Furqoon ayat 74 ini, bisa kamu bacakan setelah salat wirid, setelah selesai salat, agar Allah SWT dapat mengabulkan keinginanmu memiliki pasangan ideal, sehidup sesurga.

 

3. Doa Meminta Jodoh Surah Al Qasas

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

“Robba inni limaa angzalta ilayya minkhoyring faqiiro.”

Artinya: “Tuhanku, aku sangat membutuhkan kebaikan yang Engkau kirimkan kepadaku.” (QS. Al Qasas 28: 24)

Selain untuk memperoleh kebaikan, ayat di atas juga bisa diamalkan sebagai doa meminta jodoh. Sebab, kebaikan yang dimaksud di dalam ayat tersebut bersifat universal. Sehingga, bisa saja diartikan bahwa kebaikan tersebut berbentuk pasangan yang shalih/shalihah.

 

4. Doa Meminta Jodoh untuk Perempuan

“Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddini waddunya wal aakhiroh.”

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agara, urusan dunia, dan akhirat.”

Doa meminta jodoh tersebut, dimaksudkan agar pasangan yang datang sesuai dengan apa yang ia harapkan. Meski demikian, tetaplah berselah dengan pilihan Allah SWT. Sebab, pilihan Allah sudah pasti yang terbaik.

 

5. Doa Meminta Jodoh untuk Laki-laki

“Robbi hablii milladunka zaujatah thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddini waddunyaa al aakhiroh.”

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, dunia, dan akhirat.”

Doa yang satu ini, bisa diamalkan oleh kaum pria selepas salat dan mengaji. Doa tersebut memiliki arti yang sungguh mulia, karena isinya berkaitan dengan keinginan seorang pria untuk mendapatkan pasangan yang cocok dalam hal dunia maupun akhirat.

 

Amalan untuk Mempercepat Datangnya Jodoh

Selain membaca doa meminta jodoh yang telah Seruni sebutakan di atas, ada amalan lainnya yang bisa mempercepat datangnya jodoh. Amalan berikut ini, merupakan bentuk ikhtiar sebagai wujud berserah diri kepada Allah SWT. Amalan-amalan tersebut adalah:

Rajin Salat Tajahud

Salat tahajud adalah salah satu amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Amalan yang satu ini sungguh berpahala. Apalagi, jika dibarengi dengan membaca doa meminta jodoh. Sebab, di sepertiga malam terkahir, merupakan salah satu waktu yang disebut mustajab untuk berdoa.

Mengerjakan Salat Hajat

Salah satu ibadah sunah ini, bisa kita kerjakan ketika memiliki keinginan. Ini adalah salah satu cara untuk mempermudah doa agar segera dijabah oleh Allah SWT.

Selalu Menjaga Wudhu

Selain dapat terbebas dari hadas kecil, hal ini juga dapat seseorang menjaga diri dari melakukan hal-hal yang berpotensi negatif dan menjurus kepada dosa. Selain itu, sering berwudhu akan membuat wajah terlihat selalu segar, berseri dan tidak kusam.

Tidak Meninggalkan Salat Wajib

Salat wajib merupakan ibadah yang paling utama, apalagi jika selalu dilakukan secara berjamaah, maka akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan begitu, aka nada kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT pada makhluk yang sering beribadah pada-Nya.

Menjaga Silaturahmi

Dengan sering bersilaturahmi, karena selain akan memanjangkan kasih sayang kepada sesama, bisa saja jodoh yang baik akan dipertemukan melalui sillaturahmi tersebut.

Berserah Diri dan Tawakal

Setelah mengerjakan amalan-amalan tersebut, serahkan kembali semua keputusan kepada Allah SWT. Karena semua yang terbaik menurut seseorang belum tentu baik menurut Allah SWT.

Baca Juga: Menolak Dijodohkan Orangtua, Apakah Termasuk Anak Durhaka?

Itulah lima doa meminta jodoh terbaik serta amalan-amalan yang bisa kita kerjakan. Penting sekali untuk diingat, ketika kamu berdoa dan meminta pasangan hidup, fokuslah pada kualitas yang kamu inginkan dalam pasangan hidup, daripada mementingkan materi.

  • Bagikan