6 Jenis Doa yang Dibenci Allah SWT, Jangan Lakukan!

  • Bagikan
6 Jenis Doa yang Dibenci Allah SWT, Jangan Lakukan!
freepik.com

Seruni.id – Ada sejumlah doa yang dibenci Allah SWT, yang seharusnya kita hindari. Seperti apa doa tersebut? Mari simak ulasannya berikut ini.

6 Jenis Doa yang Dibenci Allah SWT, Jangan Lakukan!
123rf.com

Berdoa adalah sebuah kegiatan yang sering kali kita lakukan, bahkan hampir setiap hari. Entah ketika selesai sholat maupun ketika kita menginginkan sesuatu. Berdoa memang menjadi hal yang diperkenankan. Sebab, dengan berdoa hanya kepada Allah SWT, akan membuat diri merasa lebih tenang. Namun terkadang, dalam keadaan kesal, mendesak, atau saat pikiran tidak jernih, seringnya kita berdoa sembarangan atau tidak wajar.

Padahal, Allah tidak pernah mengajarkan umatnya untuk berdoa ketika dalam keadaan kesal. Karena hal tersebut bisa membuat kita sembarangan berucap. Maka dari itu, Allah selalu mengingatkan doa-daoa yang harus kita hindari. Berikut ini Seruni telah merangkum beberapa doa yang dibenci Allah SWT. Simak baik-baik yuk agar tidak terjadi.

 

1. Sumpah Serapah atau Kutukan

Dalam keadaan marah, seringnya pikiran menjadi tidak jernih. Karena diri dikuasi emosi, biasanya akan terjadi pengucapan doa yang buruk atau sama saja dengan sumpah serapah. Sumpah serapah atau kutukan adalah doa yang dibenci Allah SWT.

Sekalipun kamu dalam keadaan mendesak dan tidak bisa apa-apa, jangan pernah meminta kehancuran untuk diri sendiri, keluarga, teman, atau bahkan benda kamu miliki. Harus diingat, bahwa doa adalah sebuah harapan kepada Allah yang akan dikabulkan dalam keadaan cepat atau lambat. Jadi, kamu tak ingin kan jika hal buruk terjadi hanya karena emosi sesaatmu?

 

2. Memohon Kematian

Setiap orang pasti pernah dihadapkan dengan sebuah masalah yang membuatnya putus asa. Namun, memohon kematian bukanlah satu-satunya jalan keluar dan bukan pula solusi yang dibenarkan. Sebagai manusia yang beriman, tentu saja tidak elok, jika setiap permasalahan disikapi dengan rasa keputusasaan.

Sekalipun dunia seakan tidak berpihak padamu, atau tak ada seorang pun yang peduli, janganlah pernah berpikir ingin meminta mati, menyesali diri terlahir di dunia, apalagi sampai nekat bunuh diri. Tanpa kita memohon pun, kematian pasti akan datang. Hanya saja kita tidak pernah tahu dengan cara apa dan kapan ajal akan menjemput.

Persoalan hidup memang tidak akan pernah usai, terus berdatangan dan berganti pada setiap harinya, bahkan hingga hari akhir itu tiba. Tidak mudah memang, dalam keadaan terjepit, kita percaya bahwa masalah akan selesai begitu saja. Namun, yakinilah selalu ada harapan di balik peristiwa yang sedang menguji keadaan kita saat ini. Sandarkanlah harapan hanya kepada Allah saja.

 

3. Doa yang Bersajak atau Berpantun

Doa yang dibenci oleh Allah SWT berikutnya yaitu dengan melantunkan sajak atau pantun. Sebab, di dalam sajak, selalu sulit unutk dipahami. Apalagi, sajak dapat menganggu kekhusyukan dalam berdoa, yang di mana berdoa sama saja dengan beribadah. Sudah sepatutunya doa diucapkan dengan penuh khidmat dan tidak main-main. Kita bisa berdoa sesuai dengan anjuran dari dalam Al-Quran dan tuntunan Rasulullah SAW.

 

4. Berdoa untuk Keburukan Orang Lain

Saat kita kesal dengan orang lain, janganlah berdoa untuk keburukan mereka, ya. Sebab, ini adalah salah satu doa yang dibenci Allah SWT. Selain itu, doa tersebut pun tidak akan Allah kabulkan. Justru sebaliknya, akan berbalik ke diri sendiri. Sehingga kita sangat dilarang unutk mendoakan untuk keburukan orang lain.

 

5. Meminta Datangnya Siksa

Di zaman Rasulullah SAW dahulu, ada seorang pemuda yang dihantui oleh rasa ketakutan akan dosa yang ia perbuat. Maka, ia berdoa agar Allah SWT segera mendatangkan azab untuknya di dunia, agar di akhirat kelak ia tak lagi merasakan azab tersebut.

Saat itu Rasulullah menanyakan kebenaran atas doanya itu dan alasan pemuda itu berdoa seperti itu. Setelah dijawab oleh pemuda tersebut, Rasulullah terkejut dan mengatakan bahwa ia tidak akan kuat menanggung siksa dan tidak bisa bertahan atas kepedihannya. Kemudian, Rasulullah mendoakan pemuda itu hal-hal yang baik atas tuntunan dari Nabi Muhammad SAW.

 

6. Melampaui Batas

Segala yang berlebihan, tentu tidak baik dan mengandung mudharat di dalamnya. Begitupun dengan doa yang melampaui batas dan terdengar tidak rasional. Ada dua jenis doa yang melampaui batas, yaitu:

Bentuk permohonan akan sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT dan sesuatu yang diharamkan bagi manusia. Contohnya saja, dilarang berdoa ingin menjadi nabi dan rasul. Sebab, Rasulullah SAW merupakan Khatam an-Nabiyyin atau penutup para nabi dan rasul.

Merinci segala sesuatu secara berlebihan, seperti berdoa agar dimasukkan ke dalam surga dan meminta pula segala kenikmatan dan kemegahan yang ada di dalamnya. Padahal, bukankah surga yang dijanjikan oleh Allah sudah penuh dengan kenikmatan tiada tara? Mari renungkan kembali.

Baca Juga: Kumpulan Doa Nabi Musa dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Itulah beberapa jenis doa yang dibenci Allah SWT. Setelah mengetahui hal tersebut, jadikanlah sebagai pengingat agar kita tidak berlebihan dalam segala hal. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan