10 Fakta Anak Ketiga yang Harus Kamu Tahu

10 Fakta Anak Ketiga yang Harus Kamu Tahu
serumpi.com

Seruni.id – Apakah kamu adalah anak ketiga? Ternyata banyak sekali fakta anak ketiga yang perlu kamu ketahui nih. Meskipun setiap anak memiliki sifat dan karakter yang berbeda, tapi sifat yang dimiliki oleh anak ketiga tak jauh berbeda dari anak pertama atau kedua, yakni sifatnya cenderung unik.

10 Fakta Anak Ketiga yang Harus Kamu Tahu
idntimes.com

Meski demikian, sudah seharusnya kamu bangga dengan keunikan tersebut. Bagi kamu yang penasaran mengenai fakta anak ketiga, berikut Seruni telah merangkumnya:

1. Pandai dalam Mengatur Emosi

Fakta yang pertama mengenai anak ketiga, yakni mereka merupakan anak yang pandai dalam mengatur emosi. Berdsarkan sebuah studi yang dirilis oleh Jurnal Social Psychiatry and Pshychiatirc Epidemiology menunjukkan bahwa anak yang tinggal dengan orangtua yang utuh, kecil kemungkinan mengalami gangguan emosional.

Penelitian tersebut juga menunjukkan fakta anak ketiga memiliki kemungkinan ADHD yang lebih rendah daripada saudaranya. Penelitian tersebut menjelaskan keberadaan keluarga yang lengkap, membuat anak-anak lebih mudah mengontrol emosinya. Para ahli pun percaya, bahwa keluarga merupakan pendukung terbaik dalam membentuk emosi dan kepribadian seseorang.

2. Lebih Mudah Beradaptasi

Anak ketiga biasanya lebih mudah beradaptasi dengan orang lain. Jika tergabung dalam sebuah kelompok, mereka akan lebih mudah berbaur. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam studi yang dirilis oleh The Journal of Genetic Psycology, bahwa fakta anak ketiga cenderung lebih baik dalam situasi kelompok.

3. Lebih Sensitif

Fakta anak ketiga berikutnya, mereka memiliki kesensitifan yang lebih tinggi daripada anak pertama atau kedua. Tak heran kalau mereka lebih mudah terbawa emosi dan sering menangis ketika dihadapkan dengan sebuah persoalan. Meski demikian, mereka tak ingin menunjukkan perasaan sedihnya di hadapan banyak orang. Mereka akan selalu terlihat kuat dan tersenyum lepas meski berada dalam masalah yang sulit.

4. Menjadi Pusat Perhatian Keluarga

Biasanya anak ketiga tidak pernah kekurangan kasih sayang. Selain mendapatkan kasih sayang dari orangtua, mereka juga mendapatkan kasih sayang dari kakaknya. Anak ketiga juga sering kali menjadi pusat perhatian keluarga yang lainnya, loh.

5. Anak yang Paling Usil

Kehadiran anka ketiga membawa warna baru dalam keluarga. Karena mereka saudara yang lain dan orangtua menjadi terhibur. Sifatnya yang usil memang dapat membawa keceriaan tersendiri. Mereka sangat senang menganggu saudaranya.

Meski hal yang dilakukan menyenangkan, tapi terkadang sifat usil tersebut kerap kali memicu pertengkaran antara ia dan sang kakak. Nah, kalau sudah seperti ini, peran orangtua sangat penting dalam mengontrol setiap perilaku yang dianggap menganggu kenyamanan orang lain.

6. Mudah Berkomitmen

Fakta anak ketiga yang perlu kamu ketahui berikutnya, adalah mudah berkomitmen. Biasanya mereka tidak akan meragu untuk menerima lamaran dari seseorang yang mereka anggap sudah pas. Hal ini terbukti dalam sebuah studi pada 2009 lalu.

Studi tersebut membahas mengenai urutan kelahiran dan prefrensi romantis mengamati 2.500 individu dan pasangan mereka. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa anak ketiga berakhir dalam hubungan yang jauh lebih bahagia dan memilih untuk tetap setia kepada pasangan dan teman romantis.

7. Tidak Suka Dibandingkan

Siapa sih yang suka jika dibandingkan dengan oarng lain, apalagi dalam hal pencapaian. Tak hanya anak pertama dan kedua saja, anak ketiga juga tidak suka dibandingkan, meskipun dengan saudaranya sendiri. Perilaku yang kerap membandingkan ini memang bukan cara yang tepat untuk membuka wawasan atau merubah kebiasaan buruk seseorang.

Bagi anak ketiga, hal tersebut hnya akan menimbulkan rasa marah, sedih, kecewa, bahkan memicu depresi berkepanjangan. Sifat sensitif yang dimilikinya memang membuatnya cukup rentan terhadap tekanan. Jadi, bagi orang tua sebaiknya harus mulai mencari cara lain untuk merubah kebiasaan buruk anak ketiga ketimbang membandingkannya dengan orang lain.

8. Manja

Fakta anak ketiga lainnya adalah memiliki sifat yang manja. Mereka akan bersikap manja kepada orangtua maupun kakaknya. Hal ini karena mereka kerap mendapatkan perlakuakn yang istimewa dari kedua orangtua. Sifat manjanya kadang kala membuatnya sering kali dianggap menyebalkan, bahkan bisa membuat orang di sekitarnya jengkel atas sikap tersebut. Agar sifat tersebut tidak terbawa hingga dewasa, tugas orangtua adalah menerapkan aturan, serta batasan dalam memperlakukan mereka.

9. Cuek

Ternyata anak ketiga juga terkenal karena sikap cueknya, loh. Cuek yang di maksud adalah mengabaikan segala persolahan orang lain yang tidak ada hubungan dengannya. Sikap ini tentu memiliki dua sisi. Di satu sisi mereka lebih santai dan tenang menjalani hidup, tapi di sisi lainnya sikapnya yang cuek terhadap isu sosial yang ada di sekitar tekadang membuatnya harus tersisih dari lingkungan pergaulan.

10. Paling Berbakti pada Orangtua

Fakta anak ketiga yang terakhir, mereka cenderung paling berbakti kepada orangtunya. Mereka akan memperlakukan orangtuanya sebaik mungkin. Hujanan kasih sayang dari kedua orangtua dan saudara-saudaranya, membentuk ia menjadi sosok yang penyayang. Meskipun terkadang sifat buruknya bisa membuat orangtua atau saudaranya jengkel, tapi hal tersebut tampaknya cukup terobati dengan sikap baktinya kepada orangtua.

Baca Juga: 20 Fakta Anak Kedua yang Unik dan Sering Luput dari Perhatian Orangtua

Itulah fakta anak ketiga yang harus kamu ketahui. Di balik sifat uniknya, ada makna tersendiri bagi keluarga. Semoga informasi mengenai fakta anak ketiga dapat bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.