Fakta Tentang Sistem Kekebalan Tubuh yang Perlu Kamu Tahu!

Fakta Tentang Kekebalan Tubuh yang Perlu Kamu Tahu!

Seruni.id – Apa yang kamu ketahui tentang sistem kekebalan tubuh? Secara garis besar, kekebalan tubuh adalah suatu sistem kompleks yang terdiri dari sel, jaringan, dan organ yang bekerja sama dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Imun dalam tubuh, berperan penting dalam menjaga kita agar tetap sehat. Maka dari itu, kita harus menjaganya dengan baik, khususnya selama pandemi saat ini yang membuat banyak orang memerlukan imun yang bagus.

Fakta Tentang Kekebalan Tubuh yang Perlu Kamu Tahu!

Namun, masalahnya, tak sedikit orang yang belum mengetahui secara jelas hal-hal yang terkait dengan kekebalan tubuh. Penting untuk memahami cara kerja kekebalan tubuh agar tubuh tetap sehat. Nah, kali ini Seruni sudah merangkum informasi mengenai kekebalan tubuh yang perlu kamu ketahui. Simak beberapa fakta tentang sistem kekebalan tubuh di bawah ini, yuk!

1. Imun Tubuh Terkait dengan Setiap Sistem Lain

Seperti pada penjelasan sebelumnya, sistem imun tubuh merupakan jaringan sel yang sangat kompleks yang dirancang untuk melawan penyakit berbahaya. Hal tersebut terkait dengan sistem lain dalam tubuh, jadi istem kekebalan tubuh tidak bekerja sendirian. Karena terdiri dari sel, organ, dan bahan kimia yang mendeteksi sel tidak sehat, sistem dalam tubuh lainnya bekerjasama untuk menghindari penyakit.

2. Meningkatkan Imun Tubuh Sering Disalahartikan

Banyak yang bilang, kalau kekebalan tubuh adalah meningkatkan sistem imun. Apabila tubuh terserang penyakit, sering diartikan karena sistem imun tubuh sedang lemah. Namun, sebenarnya tidak demikian. Pasalnya, penyakit juga bisa timbul akibat imun tubh yang terlalu aktif. Kekebalan tubuh yang tidak teratur alias naik turun, tak jarang dapat menyerang sel-sel tubuh sehat, sehingga menyebabkan gangguan kekebalan otomatis, seperti Rheumatoid Arthritis (RA). Jadi, sebaiknya cobalah untuk tidak meningkatkan imun tubuh, namun menyeimbangkannya.

3. Diet Berpotensi Merusak Kekebalan Tubuh

Demi menyeimbangkan imunitas tubuh, kita perlu mengonsumsi makanan utuh yang kaya akan nutrisi. Adapun makanan yang direkomendasikan oleh dokter adalah yang mengandung karotenoid, vitamin B, vitamin C, dan zinc yang diperoleh dengan makan tujuh sampai sembilan porsi buah serta sayuran per hari. Jangan lupa mengimbanginya dengan mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran allium (bawang merah, bawang putih, daun bawang). Namun masalahnya, ketika sedang menjalani program penurunan berat badan, ada sejumlah makanan yang perlu dihindari. Buat kamu yang sedang diet namun tetap ingin kekebalan tubuhnya seimbang, kamu dapat mengonsumsi buah beri untuk sarapan dan sayuran hijau untuk makan siang.

4. Suplementasi dapat menjaga sistem kekebalan yang sehat

Makanan segar dan utuh mampu menjaga kesehatan secara optimal. Sekali pun kamu sudah mengonsumsi banyak makanan sehat, tidak ada salahnya jika kamu juga mengonsumsi suplemen. Suplemen dapat memberikan nutrisi yang mungkin tidak cukup didapatkan dari makanan. Kamu bisa mengonsumsi minuman vitamin C untuk melengkapi hari. Pilih suplemen yang terbuat dari herbal untuk membantu kekebalan tubuh seperti zinc, elderberry hitam, dan fitonutrien.

5. Terlalu Bersih Membuat Sistem Imun Bekerja Kurang Optimal

Hidup bersih memanglah baik, tapi kalau kamu terlalu terobsesi dengan kebersihan ternyata buruk bagi kekebalan tubuh kita. Ketika kita terlalu bersih, ini hanya akan meminimalkan jumlah patogen asing. Padahal, kondisi yang terlalu bersih membuat sistem kekebalan tubuh kurang berkembang. Sehingga, ketika ada virus atau bakteri baru, sistem imun kita kurang bisa beradaptasi untuk melawannya.

Tentu saja kita perlu menjaga kebersihan, tetapi berlebihan itu tidak baik. Cucilah tangan sebelum dan sesudah menggunakan kamar mandi. Lakukan juga sebelum dan sesudah makan. Kamu juga perlu mencuci tangan sebelum dan sesudah berinteraksi dengan orang yang sedang sakit. Intinya, bersih itu boleh tetapi jangan berlebihan.

Baca Juga: 8 Tanda Sistem Imun Tubuh Sedang Menurun

Nah, itulah lima fakta seputar sistem kekebalan tubuh yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bisa menambah wawasanmu, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.