5 Gerakan Yoga yang Mampu Mengatasi Pegal-pegal Saat WFH

5 Gerakan Yoga yang Mampu Mengatasi Pegal-pegal Saat WFH
halodoc.com

Seruni.idWork from home (WFH) atau bekerja dari rumah, masih berlanjut hingga saat ini. Terakdang rasa lelah pun kerap menyerang. Apalagi jika kegiatan dihabiskan dengan duduk sepanjang hari. Sudah pasti ada beberapa bagian tubuh yang terasa pegal dan nyeri. Kamu bisa mengatasinya dengan mudah, loh. Yakni dengan melakukan beberapa gerakan yoga yang dipercaya ampuh mengatasi pegal-pegal tersebut.

5 Gerakan Yoga yang Mampu Mengatasi Pegal-pegal Saat WFH
halodoc.com

Yoga bukan hanya sarana untuk meditasi saja, manfaat yoga juga bisa kamu rasakan dengan stretching ketika badan mulai terasa pegal. Kira-kira seperti apa ya gerakan yoga yang bisa dilakukan selama WFH ini? Intip beberapa contohnya berikut ini, yuk!

1. Skandha Chakra (Memutar Bahu)

Gerakan yoga yang pertama ini cukup mudah, namun sangat efektif dalam membantu meringankan rasa pegal dan kaku pada bagian bahu. Bukan hanya itu saja, gerakan ini juga dapat mengurangi tekanan pada leher, setelah duduk selama seharian. Nah, jika lehermu terasa pegal, segera lakukan gerakan ini secara perlahan-lahan, ya.

2. Ardha Matsyendrasana (Setengah Memutar Tulang Belakang)

Menghabiskan waktu untuk duduk sepanjang hari, terkadang bukan hanya bahu yang terasa sakit, namun bagian lain seperti punggung pun kerap terasa saki dan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu melakukan gerakan yoga berupa Ardha Mastyendrasana, atau setengah memutar tulang belakang. Saat melakukan gerakan ini, otot-otot di punggung dan perut akan bergerak. Sehingga sisi yang satu dengan yang lainnya saling berkontraksi.

Dengan melakukan gerakan tersebut, maka otot punggung akan kembali lentur seperti semula. Rasa nyeri pun berkurang serta kejang otot dapat teratasi. Hebatnya lagi, gerakan ini bukan hanya sekadar menghilangkan rasa pegal pada tubuh saja, tapi juga dapat mengurangi masalah pada pencernaan. Sebab, gerakan ini bisa mengatur sekresi dari kelenjar adrenal, hati, pankreas, dan ginjal.

3. Greeva Sanchalana (Menggerakkan Leher)

Berhadapan dengan laptop seharian, bukan saja membuat mata bermasalah, namun leher juga akan terasa sangat nyeri. Hal ini terjadi karena saraf di dalam tubuh saling terhubung ke dalam organ yang berbeda dan melewati leher. Inilah mengapa otot leher seringkali terasa tegang, terutama setelah bekerja dalam waktu lama.

Gerakan Greeva Sanchalana atau menggerakkan leher bisa menjadi salah satu solusinya, loh. Gerakan yoga ini dipercaya dapat berfungsi untuk mengurangi ketegangan dan kaku pada leher, kepala, maupun daerah bahu. Kamu juga bisa melakukan gerakan ini sepanjang hari selama bekerja, loh. Bahkan, kamu bisa melakukannya di meja kerjamu.

4. Ujjayi Pranayama (Bernapas Secara Perlahan)

Gerakan yoga berikutnya adalah Ujjayi Pranayama, yaitu bernapas secara tenang dan perlahan. Hal ini sangat bermanfaat untuk sistem saraf dan menangkan pikiranmu selama bekerja. Ketika menarik napas panjang, rasa rileks akan berfunsgi untuk mengurangi rasa stres. Cara ini tidak hanya bisa dilakukan saat bekerja saja, namun kamu juga bisa melakukannya sebelum tidur, sehingga kamu akan mudah terlelap.

5. Padmasana (Pose Lotus)

Gerakan yang terakhir ini berfungsi untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang dengan merelaksasikan sistem saraf. Pernapasan akan menjadi lebih lambat, kemudian ketegangan pada otot dan tekanan darah pun berkurang. Sehingga, peredaran darah akan mengalir secara normal dari kaki sampai perut. Umumnya, untuk melakukan gerakan ini bisa sambil berdiri, dengan menekuk satu kaki, dan diletakkan di atas lutut kaki lainnya. Jika dirasa sulit, kamu tetap bisa melakukannya sambil duduk, kok.

Baca Juga: 5 Aplikasi Yoga yang Dapat Membuatmu Lebih Sehat Meski di Rumah Aja

Gimana? Sangat mudah kan gerakkannya? Selamat mencoba, semoga rasa nyeri dan pegal pada tubuhmu hilang setelah melakukan gerakan yoga ini, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.