10 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah, Agar Mudik Lebih Tenang

  • Bagikan
10 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah, Agar Mudik Lebih Tenang
shutterstock.com

Seruni.id – Sebelum meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Tujuannya tentu agar rumah tetap aman dan perjalananmu menjadi lebih tenang. Apa saja sih yang harus diperhatikan?

10 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah, Agar Mudik Lebih Tenang
kompas.com

 

1. Pastikan Kamu Sudah Mencabut Aliran Listrik

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan semua alat eletronik sudah tidak terpasang, ya. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya korsleting listrik. Matikan lampu, rice cooker, laptop, setrika, mesin pompa, dispenser, AC, kipas angin, dan perangkat listrik lainnya. Sebaiknya, cabut juga kabel kulkasmu, jika tidak ada bahan makanan yang mudah membusuk apabila disimpan di dalam suhu ruang.

 

2. Pastikan Kompor dalam Keadaan Mati

Mematikan kompor kadang kala menjadi hal yang sering kali terlupa. Maka dari itu, jika kamu hendak mudik ke kampung halaman, cobalah cek apakah kompor sudah dalam keadaan mati atau belum. Untuk kamu yang memakai kompor gas, sebaiknya cabutlah regulator untuk menghindari kemungkinan tabung gas bocor.

 

3. Menitipkan Hewan Peliharaan di Tempat Terpercaya

Kalau kamu memiliki hewan peliharaan dan enggan membawanya saat mudik, maka titipkanlah hewan tersebut di tempat terpercaya. Sebelum meninggalkan rumah, carilah tempat penitipan hewan yang bisa menjamin bahwa peliharaanmu akan aman dan selalu meng-update kondisinya padamu melalui foto maupun video. Jangan lupa untuk mengomunikasikan pada pihak penitipan juga, ya. Jika peliharaanmu sedang dalam keadaan sakit, maka sampaikanlah agar pihak penitipan bisa memisahkannya dari hewan lain.

 

4. Melaporkan kepada Ketua RT Setempat

Sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, jangan lupa untuk melapor kepada ketua RT setempat, ya. Mengapa demikian? Hal ini perlu dikomunikasikan agar rumahmu selalu diawasi dan terjamin keamanannya selama kamu berada di kampung halaman.

 

5. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum kamu mudik. Buanglah sampah yang ada jangan sampai tersisa, agar tidak menyebabkan bau tak sedap. Selain itu, kamu juga perlu membersihkan kamar mandi dan tempat tidur, agar ketika kembali ke rumah, kamu sudah bisa langsung beristirahat dengan nyaman.

 

6. Simpan Surat-surat Berharga di Tempat Aman

Simpanlah barang-barang atau surat-surat berharga yang kamu miliki di tempat aman. Tempat yang tidak menjadi incaran pencuri dan tidak terpikirkan oleh siapapun. Setelah itu, ada baiknya kamu memfoto letak barang tersebut, agar kamu tidak bingung saat mencarinya sepulang dari kampung halaman.

 

7. Biarkan Gorden dan Jendela Tetap Terbuka

Mengapa harus membuka gorden dan jendela? Bukankah hal ini akan memudahkan orang jahat untuk masuk ke dalamnya? Ternyata membiarkan gorden dan jendela tertutup selama berhari-hari, bisa menandakan dengan jelas bahwa rumahmu dalam keadaan kosong. Lebih baik kamu membuka sedikit jendela dan gorden. Namun, sebelumnya, pastikan kamu telah menyimpan barang berharga dan alat elektronik di tempat rahasia, ya.

 

8. Mematikan Lampu

Alih-alih menyalakan lampu agar di malam hari rumahmu terlihat seperti berpenghuni, kamu justru perlu mematikan lampu rumahmu. Lampu yang menyala di siang hari justru terlihat mencurigakan. Untuk hal ini, kamu bisa titipkan kunci pada tetanggamu, Ketua RT, atau hansip di kompleksmu untuk menyalakan dan mematikan lampu rumahmu di waktu yang semestinya.

 

9. Mengunci Setiap Pintu dan Pagar Rumah

Selanjutnya, kuncilah setiap pintu yang ada di rumahmu. Mulai dari pintu depan, kamar, hingga pintu belakang rumah jika ada. Selain itu, kunci pula pagar rumahmu dengan menggunakan gembok.

 

10. Titipkan Kunci kepada Tetangga Terdekat

Senada dengan poin 4, percayakan rumahmu pada tetangga yang memang terdekat sekaligus terpercaya yang mudah menghubungi jika ada sesuatu yang darurat. Untuk itu bagi beberapa orang, mereka akan menitipkan kunci kepada tetangga mereka. Mungkin kamu pun perlu menitipkan kunci rumah pada tetanggamu agar mereka bisa menerima dan menyimpan paket belanjaanmu di tempat aman.

Selain itu, tetanggamu juga bisa membantumu melihat kondisi rumah bila situasi sedang bahaya, terkena banjir atau gempa, misalnya. Namun, setelahnya jangan lupa memberikan mereka oleh-oleh, ya. Hitung-hitung sebagai tanda terima kasih karena kamu telah menitipkan rumahmu padanya.

Baca Juga: 7 Makanan yang Dapat Mencegah Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Jika hal-hal di atas sudah kamu lakukan, maka perjalanan mudik pun akan menjadi lebih tenang. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan