Hati-hati dengan Postinganmu di Sosial Media !

0
palembang.tribunnews.com

Seruni.id – Wahai perempuan muslimah, pernahkah menghitung seberapa sering kita memposting status kita di sosial media? Pernahkah berpikir, seberapa banyak foto selfie kita yang ada di sosial media? Pernahkah terpikir apakah segala hal yang telah kita posting di sosial media berkaitan dengan diri dan urusan pribadi kita dapat berdampak negatif bagi diri kita sendiri?

Nah, menurut tulisan yang diambil dari laman hidayatullah.com, media sosial memang dunia maya, bukan dunia nyata, dimana setiap orang bisa mengekspresikan diri dengan sebebas-bebasnya. Dan memang yang ada di dalam media sosial sekadar foto dan tulisan. Tapi meskipun begitu setiap kata dan gambar pasti ada pengaruhnya dalam jiwa, hati dan pikiran siapa saja, baik pemilik akun maupun teman-temannya. Bohong jika pemilik akun mengatakan tidak merasa senang dan puas setelah setiap mengekspresikan diri di akunnya, apalagi jika dikomentari dengan kata-kata yang menunjukkan perhatian. Siapa juga bisa terkena penyakit jiwa berupa ketagihan, ingin selalu mengekspresikan diri dan ingin selalu mendapatkan perhatian dari orang lain, baik perempuan maupun laki-laki.

Ketagihan adalah satu dampak negatif media sosial. Satu dampak negatif lainnya yang lebih berat mudharatnya adalah timbulnya fitnah pada diri pribadi, keluarga hingga negara. Satu fitnah yang sudah kerap terjadi di jaman ini pada diri pribadi wanita adalah pelecehan seksual mulai dari kata-kata melalui tulisan dan lisan hingga “aksi nyata”. Di lingkup keluarga adalah rusaknya keharmonisan antar anggota keluarga, antara suami dan istri, serta antara anak dan orangtua. Di lingkup negara, termasuk di negara kita adalah dari tahun ke tahun makin meningkat jumlah kasus perceraian.

Wahai saudariku, kau adalah wanita Mukminah. Isi akun-akunmu menunjukkan isi hati dan otak kalian, kedangkalan atau kedalaman ilmu agamamu, tingkat kesholehanmu, kualitas amal ibadahmu, bagus-buruknya akhlaqmu, serta tingkat ketaqwaanmu.

Luruskan niat dan tujuanmu dalam menggunakannya karena Allah. Mulailah dengan nama Allah dengan ucapan Basmalah ketika akan menggunakannya. Sertakan Allah ketika menggunakannya. Pujilah Allah dan bersyukurlah kepada Allah dengan ucapan Hamdalah setelah menggunakannya.. Itulah sebagian amaliyah yang mesti kau lakukan agar kau tidak mengikuti langkah-langkah setan modern berupa wanita-wanita jahiliyah yang hidup di masa modern ini yang suka caper baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Agar kau bebas dari segala penyakit hati seperti riya’ dan sum’ah. Agar kau mengisinya hanya dengan hal-hal yang halal, yang tidak remeh-temeh, yang baik dan bermanfaat bagi diri dan umat. Serta agar kau tidak mementingkan dan memerlukan perhatian dari laki-laki ajnaby karena memang itu tidaklah penting dan kau perlukan demi kebahagiaan sejati di dunia, terlebih di akhirat.

Wahai saudaraku, lihat dan beri penilaian isi akun-akun istri, anak-anak dan saudari-saudarimu!

Jika terdapat hal-hal yang syubhat, makruh, apalagi haram, nasihatilah mereka dengan baik-baik, dengan cara dan kata-kata yang baik. Jangan biarkan mereka. Jika kau biarkan mereka, maka rasakanlah juga pada dirimu sendiri akibatnya di dunia dan akhirat.

Ingat dan amalkan ayat berikut;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Artinya: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS:  At-Tahrim [66]:6). Wallahu a’lam.*

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.