Hindari Aktivitas ini Untuk Mencegah Cacar Monyet

  • Bagikan
Hindari Aktivitas ini Untuk Mencegah Cacar Monyet
thehill.com

Seruni.id – Jumlah kasus cacar monyet atau monkeypox semakin mengkhawatirkan. Membuat kita harus selalu waspada dan mengambil tindakan yang tepat demi mencegah cacar monyet dan terhindar dari virus tersebut. Cacar monyet sendiri adalah penyakit akibat virus yang ditularkan melalui binatang (zoonosis) dengan dua moda transmisi yakni hewan ke manusia dan transmisi manusia ke hewan. Berikut ini, Seruni telah merangkum apa saja aktivias yang berisiko yang harus dihindari.

Hindari Aktivitas ini Untuk Mencegah Cacar Monyet
eracare24.com

Hindari Berbagi Pakaian dan Tempat Tidur

Melansir dari Times of India, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), cacar monyet dapat menyebar ke siapa saja melalui kontak dekat, pribadi, dari kulit ke kulit, termasuk kontak langsung dengan ruam cacar monyet, keropeng, atau cairan tubuh dari individu yang mengalami kondisi tersebut.

Oleh karena itu, segala aktivitas yang berhubungan dengan kontak intim seperti seks oral, anak dan vagina, atau menyentuh alat kelamin, memeluk, memijat, mencium dan kontak tatap muka yang berkepanjangan bisa meningkatkan risiko seseorang terkena cacar monyet.

Untuk mencegah cacar monyet, CDC mengingatkan agar tidak menyentuh kain dan benda yang digunakan oleh pengidap dan belum didesinfeksi, seperti tempat tidur, handuk, dan pakaian.

Hindari Ruangan Tertutup

Selain itu, untuk mencegah cacar monyet, hindarilah ruangan terutup. Aktivitas di ruang tertutup seperti sauna, memiliki peluang lebih tinggi untuk menyebarkan penyakit tersebut. Diyakini bahwa seseorang dengan cacar monyet bisa menyebarkan virus ke orang lain sejak gejala dimulai hingga ruam sembuh total dna lapisan kulit baru terbentuk. Biasanya, penyakit ini berlangsung 2-4 minggu, sesuai dengan kesehatan tubuh.

Anjuran yang Harus Diikuti

Selain menghindari hal-hal di atas demi mencegah cacar monyet, ada pula anjuran yang harus diikuti. Di antaranya adalah:

  • Mengisolasi orang yang terinfeksi dari orang lain, agar penyakitnya tidak semakin menular dan menyebar.
  • Gunanakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air sampai bersih.
  • Menutup mulut dengan masker dan menutup tangan dengan sarung tangan sekali pakai saat dekat dengan pasien yang terinfeksi.

menggunakan disinfektan untuk membersihkan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Belum Terdeteksi di Indonesia, Tapi Kamu Harus Tahu 5 Gejala Cacar Monyet

Demikianlah beberapa hal yang harus dihindari dan harus ditaati untuk mencegah cacar monyet. Meski belum terdeteksi di Indonesia, tapi kita harus waspada sedini mungkin, ya. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan