Ini Loh 8 Manfaat Tahajud Bagi Para Pemuda

Setiap pemuda muslim pastinya ingin dicintai Allah. Agar dicintai Allah, maka lakukan salat tahajud.

Jika dikaji, banyak dalil-dalil, baik itu Al-Qur’an maupun hadis yang memberikan penjelasan tentang kandungan manfaat yang dimiliki oleh salat sepertiga malam ini loh. Lalu apa saja manfaatnya, simak ya berikut ini:

Baca juga: Salut! Beda dengan Tren Global, Pemuda Indonesia Sebut Agama Kunci Kebahagiaan

1. Dikabulkannya Doa-doa

Salat tahajud bermanfaat agar dikabulkannya doa-doa. Salat tahajud adalah salat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sesudah tidur terlebih dahulu karena arti kata tahajud adalah bangun pada malam hari.

Waktu yang paling utama untuk mendirikan salat tahajud adalah pada sepertiga malam sampai menjelang masuk waktu salat subuh. Penting diketahui, pada waktu inilah Allah SWT mengabulkan doa-doa hambanya.

2. Mengusir Penyakit dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ternyata, manfaat salat tahajud yang lainnya adalah dapat mengusir berbagai penyakit dan disaat yang sama dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika rutin salat tahajud akan memberikan pengaruh pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Mohammad Shaleh, diketaui bahwa disaat yang sama ketika kekebalan tubuh sudah meningkat, otomatis segala penyakit yang menyerah akan musnah dengan sendirinya.

3. Menjauhkan Diri dari Kelalaian Hati

Manfaat salat tahajud lainnya adalah menjauhkan diri dari kelalaian hati. Dalam hadist Rasulullah SAW yang berbunyi: “Barang siapa mengerjakan salat pada malam hari dengan membaca seratus ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang lalai. Dan apabila membaca dua ratus ayat, maka sungguh ia akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas.” (Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak).

4. Wajah Tampak Berkilau dan Bercahaya

Salah satu manfaat salat tahajud yaitu membuat wajah berkilau dan bercahaya. Kisah tentang wajah yang berkilau dan bercahaya, pernah suatu ketika Hasan Al-Basri ra ditanya oleh seseorang, “Mengapa orang yang bertahajud di waktu malam memiliki muka yang bagus?”. Hasan Basri menjawab: “Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah memberikan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya.” (Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).

Selain itu, Imam Ibnul Qayyim pernah berkata: “Sesungguhnya salat malam itu dapat memberikan sinar yang tampak di wajah dan membaguskannya. Sebagian istri memperbanyak melaksanakan salat malam. Ketika ditanyakan kepada mereka mengenai hal tersebut, mereka menjawab, ‘Salat malam itu dapat membaguskan wajah dan kami senang bila wajah kami menjadi lebih bagus”.

Baca juga: Meraih Kematian dalam Keadaan Husnul Khatimah

5. Dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaat salat tahajud selanjutnya bagi pemuda adalah dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh. Bangun pada pukul 02.30 untuk melaksanakan salat tahajud ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh loh. Sebab, pada waktu tersebut, udara disekitar sangat segar bebas dari polusi. Selain itu, tubuh mempunyai kesempatan untuk menggerak-gerakkan seluruh otot yang membuat tubuh lebih segar dan aliran darah terasa lebih lancar.

6. Membesarkan Rongga Paru-paru

Salah satu manfaat dari gerakan shalat adalah memberikan efek positif bagi kesehatan manusia. Gerakan takbiratul ihram yang diikuti dengan bersedekap sebenarnya membuka rongga paru-paru lebih lebar. Hal tersebut diketahui mampu memperlancar aliran udara menuju paru-paru. Gerakan salat, terutama salat di udara yang masih bersih, di sepertiga malam, tidak bisa dipungkiri sebagai salah satu olah napas yang sangat baik selain berolahraga.

7. Pikiran Lebih Segar

Bangun tidur di pagi hari, di sepertiga malam, pastinya membuat pemikiran seseorang jauh lebih jernih. Bayangkan saja, dalam 1 hari jantung manusia bekerja 100.000 kali dan bernapas sebanyak 20.000 kali.

Setiap organ dalam tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup. Tidur adalah istirahat yang sangat baik bagi tubuh. Sebab, saat tidur seluruh organ tubuh akan beristirahat dari setiap tugas beratnya. Tidur juga membantu tubuh memulihkan sel yang sempat terganggu, menambah kekuatan dan otak pun kembali bekerja dengan baik.

Itulah alasan mengapa shalat tahajud dilaksanakan setelah bangun dari tidur. Pikiran yang jauh lebih fresh dan segar di saat udara yang juga masih segar dan bersih membuat gerakan shalat kita juga khusyu’ memaknai ayat-ayat Al-Qur’an.

8. Memperoleh Cinta Allah

Inilah manfaat utama melakukan salat tahajud. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, bahwa orang yang selalu melaksanakan shalat tahajud akan memperoleh cinta dari Allah SWT.

Sebagaimana Rasulullah bersabda pada Abu Darda’ r.a. tentang keutamaan shalat tahajud ini: “Mereka yang memilih bangun di tengah malam dan meninggalkan kenyamanan tidur, niscaya akan mendapat cinta dari Allah SWT”.

Pemuda muslim yang memutuskan meninggalkan syahwat mereka dan bersujud di hadapan sajadah pada waktu dini hari, segala pengampunan doa diberikan Allah kepada orang-orang tersebut. Cinta Allah kepada orang-orang shaleh tak berputus hingga hari akhir dan perhitungan nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.