Jaga Kesehatan Jantung dengan Melakukan 6 Olahraga Ini!

0
doktersehat.com

Seruni.id – Jantung adalah salah satu organ penting dalam tubuh. Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang paling penting. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, tentu seseorang harus melakukan usaha seperti menjalankan gaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang berbahaya untuk jantung. Selain itu, berolahraga juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut adalah enam jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan dengan teratur demi mendapatkan jantung yang sehat.

Senam Jantung

Related image
pemkomedan.go.id

Olahraga ini baik untuk kesehatan jantung. Senam jantung bermanfaat untuk mempelancar aliran di seluruh tubuh sehingga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah yang biasa berasal dari kolestrol dan lemak. Lakukan senam jantung selama 30 menit agar kebutuhan oksigen tubuh bisa terpenuhi.

Berenang

Related image
edorasport.com

Berenang bisa menurunkan stres. Selain itu, ketika berenang seseorang akan menggunakan otot yang sebelumnya tak pernah digerakkan. Ini bisa memberikan beberapa manfaat untuk jantung seperti menurunkan detak jantung, membantu pernapasan, melancarkan sirkulasi darah, menjaga tekanan darah, dan lainnya.

Lari Pagi

Related image
ninanugroho.com

Lari pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lari pagi sangat disarankan untuk orang yang beresiko mengalami penyakit jantung atau bahkan orang-orang yang memiliki riwayat sakit jantung. Jangan menganggap jika lari pagi adalah hal yang biasa, karena hal ini sangat bermanfaat dan bisa menyehatkan jasmani serta rohani. Sebaiknya Anda mulai lari sejak jam setengah 6 pagi, durasinya pun cukup 40 hingga 60 menit lamanya, dan sebaiknya tidak mengonsumsi apapun selain air putih biasa (tidak dingin) setelah berolahraga.

Baca Juga: Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan

Bersepeda

Related image
hanivamagazine.com

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah gaya hidup yang pasif. Bersepeda adalah salah satu cara untuk berolahraga dengan menyenangkan dan agar tubuh bergerak. Bersepeda juga bisa dilakukan oleh orang segala usia serta sangat baik untuk kesehatan jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Bersepeda secara teratur akan menurunkan risiko masalah jantung seperti stroke, serangan jantung, dan lainnya.

Push Up

Image result for zehra allibhai push up
health.detik.com

Lakukan push up setiap hari, karena dengan olahraga ini Anda bisa membuat jantung lebih sehat dan terlatih. Push up tidak memerlukan biaya yang mahal, waktu yang lama atau intinya tidak harus dilakukan ditempat fitnes, karena Anda bisa melakukannya dirumah, dimanapun Anda berada. Tidak hanya itu, push up juga bisa melatih jantung agar bisa tetap bekerja stabil. Jika Anda usai melakukan push up, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan atau minuman dingin, karena hal tersebut berbahaya dan bisa membuat tubuh kaget.

Yoga

Related image
rejekinomplok.net

Olahraga yang ke enam adalah yoga. Jenis olahraga ini sangat banyak dilakukan diakhir tahun 2017 hingga saat ini. Selain itu yoga tidak hanya menyehatkan jantung saja, tapi juga menyehatkan mental serta pikiran. Ikutlah kelas yoga 3 kali dalam 1 minggu, agar lebih sehat dan jantung jauh lebih kuat dari sebelumnya. Olahraga ini sangat santai dan simpel, namun memiliki berbagai manfaat untuk kesehtan tubuh.

Itulah beberapa jenis olahraga yang sebaiknya Anda lakukan jika ingin mendapatkan jantung sehat. Melakukan olahraga di atas secara teratur akan melindungi jantung Anda dari berbagai macam masalah dan penyakit. Namun ingat, jangan melakukan olahraga secara berlebihan karena juga bisa berimbas buruk untuk jantung.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.