Jangan Keliru, Ini Cara Membedakan Sariawan dan Kanker Mulut!

Jangan Keliru, Ini Cara Membedakan Sariawan dan Kanker Mulut!
aladokter.com

Seruni.id – Sariawan seringkali dianggap sebagai masalah sepele. Padahal, gangguan medis ini bisa menjadi salah satu gejala awal penyakit serius, loh. Sebut saja kanker mulut. Maka dari itu, hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kita harus tahu cara membedakan sariawan dan kanker mulut. Sehingga, kita dapat mencegahnya sedini mungkin.

Jangan Keliru, Ini Cara Membedakan Sariawan dan Kanker Mulut!
jovee.com

Sebagaimana yang dikutip dari National Cancer Institute, di Amerika Serikat (AS) terdapat sekitar 41.000 kasus penyakit karena mulut muncul setiap tahunnya. Dan menyebabkan hampir 8.000 orang meninggal dunia. Berikut ini Seruni telah merangkum cara membedakan sariawan dan kanker mulut.

1. Sariawan yang Tak Kunjung Membaik

Cara membedakan sariawan dan kanker mulut yang pertama, yakni lamanya sariawan yang diderita. Umumnya, sariawan akan membaik 2-4 minggu, tergantung dari luka yang ditimbulkan. Sariawan yang disebabkan karena adanya luka trauma, seperti tergigit atau terkena benda tajam akan cukup lama sembuhnya.

Dikutip dari Everyday Heelth, sariawan terjadi ketika luka (ulser) muncul pada jaringan lunak rongga mulut (mukosa mulut). Ulser ini biasanya dapat sembuh dalam 7-14 hari dan tanpa disertai atau didahului demam. Namun, jika dalam waktu 2 minggu minggu kondisi memburuk, lebih baik segera temui dokter atau dokter gigi.

2. Perhatikan Bentuknya

Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan bentuk ciri-ciri sariawan biasa. Setidaknya ada lima indikator yang dapat dijadikan patokan, yakni:

  • Apakah bentuk sariawan bulat oval?
  • Membentuk kawah atau cekungan?
  • Disertai dengan rasa sakit?
  • Dasar luka berwarna putih kekuningan?
  • Apakah pinggiran luka merah karena peradangan?

Dikutip dari laman Health Line, terdapat bercak putih atau bercak merah di rongga mulut ketika seseorang mengalami sariawan. Biasanya bercak tersebut menjadi tanda bagi sel abnormal yang tumbuh dan cenderung ke arah kanker. Apabila bercak merah dan putih bertahan lebih dari dua minggu, maka kamu harus berhati-hati dan segera menemui dokter.

Sedangkan, jika terdapat bercak atau plak merah cerah di mulut yang terlihat dan terasa seperti beludru bisa jadi juga sebagai prakanker. Dalam 75-90% kasus, bercak seperti beludru tersebut bersifat kanker, jadi jangan abaikan ya.

Namun berbeda ketika terdapat bercak putih cenderung keabu-abuan di dalam mulut atau di bibir yang disebut leukoplakia atau keratosis. Bahan yang membuat iritasi mulut menyebabkan bercak ini. Selain itu, kebiasaan mengunyah bagian dalam pipi dan bibir atau terkena zat karsinogenik juga bisa membuat bercak ini ada. Tanda ini menunjukkan bahwa jaringan tersebut tidak normal dan bisa menjadi ganas. Leukoplakia pada umumnya berkembang perlahan, selama beberapa minggu atau bulan.

3. Rasa Sakit Karena Sariawan

Meski lukanya sangat kecil, sariawan tentu akan menimbulkan rasa sakit. Namun, jika sariawan tidak menimbulkan rasa sakit, meski ukurannya sangat besar, ini bisa menjadi pertanda kanker mulut. Rasa sakit ini kadang berkembang seiring sariawan yang tak kunjung sembuh.

4. Raba Sekitar Luka Sariawan

Cara membedakan sariawan dan kanker mulut adalah dengan meraba sakitaran luka. Jika ditemukan jaringan keras di sekitaran sariawan, itu bisa menjadi tanda kanker mulut. Kondisi ini bisa ditemukan melalui palpasi atau pemeriksaan denagn cara meraba.

5. Perhatikan Lokasi Luka Sariawan

Hal yang dapat dilakukan selnajutnya adalah dengan memerhatikan lokasi luka sariawan tersebut. Sariawan yang menjadi tanda kanker mulut biasanya muncul dalam jumlah banyak dan berkumpul dalam satu tempat yang sama. Terlebih jika sariawan tak kunjung membaik. Selain itu, sariawan biasa cenderung memiliki luka di tempat-tempat berbeda di mulut. Namun, sariawan pertanda kanker hanya tumbuh di satu lokasi tersebut.

Gejala Kanker Mulut yang Perlu Diwaspadai

Selain cara di atas, ada beberapa hal lain yang bisa dicurigai sebagai gejala kanker mulut. Berikut ciri-cirinya:

  • Penderita kanker mulut akan merasakan adanya luka di bagian bibir atau mulut yang tak kunjung sembuh
  • Bercak putih atau kemerahan di dalam mulut
  • Gigi menjadi lebih longgar
  • Terdapat benjolan di dalam mulut
  • Nyeri mulut
  • Sulit menelan

Baca Juga: 30 Obat Alami dan Bahan Untuk Mencegah Sariawan

Sekian hal-hal yang perlu diwaspadai mengenai ciri-ciri sariawan sebagai kanker mulut. Jadi, mulai saat ini, jika memiliki sariawan yang tak kunjung membaik dan lukanya hanya di satu tempat saja, maka itu perlu diwaspadai, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.