8 Jenis Bahan Pakaian yang Tidak Perlu Disetrika, Anti Kusut dan Hemat Waktu

  • Bagikan
8 Jenis Bahan Pakaian yang Tidak Perlu Disetrika, Anti Kusut dan Hemat Waktu
idea.grid.id

Seruni.id – Sebelum digunakan, biasanya pakaian harus disetrika lebih dulu agar tetap rapi dan tidak kusut. Namun ternyata ada loh bahan pakaian yang tidak perlu disetrika. Sebaliknya, jika disetrika justru akan merusak kualitasnya. Selain anti kusut, jenis pakaian ini tentunya akan menghemat waktumu. Nah, jenis bahan inilah yang cocok digunakan untuk kaum anti ribet dan malas nyetrika. Apa ya jenisnya?

 

1. Spandex

Bahan spandex memiliki tekstur yang stretchy dan anti kusut. Itulah mengapa spandex menjadi salah satu jenis bahan pakaian yang tidak perlu disetrka. Sebab, jika disterika hanya akan membuatnya menyusut akibat panas dari setrikaan. Namun, jangan khawatir, bahan spandex sangat nyaman digunakan meski tanpa disetrika.

 

2. Wol

Salah satu jenis bahan pakaian yang tidak perlu disetrika sebelum digunakan adalah wol. Pasalnya, bahan ini cukup tebal dan tidak mudah kusut. Biasanya baju berbahan wol kerap kali digunakan pada saat musim dingin atau udara sedang dingin. Hindarilah menyetrika bahan wol, karena suhu panas dari setrika dapat merusak serat kainnya. Jika tetap ingin disetrika, Seruni sarankan untuk menggunakan setrika uap.

 

3. Denim

Bahan denim tidak hanya mudah dipadukan dengan apa saja, tapi juga praktis dalam perawatannya. Buktinya, kamu tidak perlu menyetrikanya saat hendak digunakan. Namun, sesekali kamu boleh menyetrikanya, tapi pastikan suhu sudah sesuai dengan jenis bahan ini, ya.

 

4. Sifon

Sifon atau chiffon merupakan salah satu jenis bahan pakaian yang tidak perlu disetrika. Sebab, bahan ini anti kusut, sehingga dapat menghemat waktu ketika akan dipakai. Sifon memiliki kain yang tipis dan ringan namun akan beresiko jika disetrika dengan suhu yang terlalu panas.

 

5. Rajut

Bahan rajut dikenal sebagai bahan yang tebal dan juga hangat. Rupanya, jenis bahan pakaian ini tidak perlu disetrika sebelum kamu digunakan. Karena menyetrikanya hanya akan membuat bahan rajut lebih cepat rusak dan melar. Bahan rajut memiliki struktur kain yang terbentuk dari benang-benang. Pakaian yang terbuat dari bahan rajut biasanya digunakan untuk menghalau udara dingin.

 

6. Brokat

Bahan brokat atau lace biasanya digunakan untuk membuat baju pesta atau gaun. Selain tidak boleh disetrika, jenis bahan ini ternyata juga tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci, loh. Butuh perawatan yang ekstra untuk bahan brokat ini, karena detail polanya yang begitu dekoratif.

 

7. Polister

Bahan polister terkenal dengan bahan yang awet dan tahan lama untuk pemakaian jangka panjang. Namun, agar tetap awet, bahan ini tidak boleh disetrika, ya. Meski tidak disetrika, tapi bahan polister tidak akan kusut saat dikenakan.

 

8. Crinkle

Bahan crinkle memiliki tekstur yang unik, sekilas bahan ini tampak kusut seperti belum disetrika. Meski bertekstur kusut, tapi pada saat dipegang bahan ini akan tetapi lembut. Selain itu bahan ini juga sangat nyaman untuk dikenakan dan memiliki sifat yang adem. Bahan crinkle juga memiliki beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui, salah satunya tidak perlu disetrika. Oh ya, bahan crinkle saat ini sedang hits banget, loh.

Baca Juga: 10 Jenis Bahan Katun Terbaik dan Cocok untuk Membuat Pakaian

Buat kamu yang malas menyetrika pakaian, cocok banget loh memilih pakaian dengan jenis bahan seperti yang Seruni sebutkan di atas. Setelah dicuci, kamu bisa langsung memakainya tanpa perlu takut terlihat kusut.

  • Bagikan