Bagaimana Jika Kakak Adik Bertengkar karena Cemburu?

  • Bagikan
babyology.com.au

Seruni.id – Sibling rivalry, atau kakak adik bertengkar karena cemburu, tahukah kamu jika sebenarnya hal ini membantu perkembangan emosional sekaligus sosial mereka? Pertengkaran yang dialami anak dapat terlihat dari seberapa jauh perbedaan usia di antara keduanya, kepribadian masing-masing anak, hingga bagaimana cara orangtua menghadapi perselisihan yang terjadi. Mengatasi sibling rivalry, atau kakak adik bertengkar karena cemburu bukan hal yang sulit, orangtua hanya perlu melakukan:

Related image
momjunction.com

Adil

Ketika anak kita memiliki seorang adik, inilah saatnya orangtua untuk selalu bersikap adil. Biasanya, perhatian penuh pada anak yang baru lahir, cenderung membuat sang kakak merasa cemburu. Namun, bukan hanya adil dalam hal perhatian, ya. Tapi juga dalam semua hal.

Berikan juga pengertian pada kakak, agar tidak merasa tersaingi dengan kehadiran sang adik, katakan jika bagi kalian sebagai orangtua, kakak dan adik tetaplah menempati tempat terbaik di hati orangtua. Hal ini dipercaya bisa mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan kakak adik bertengkar karena cemburu.

Jangan Membandingkan

Cara mengatasi kakak adik bertengkar karena cemburu berikutnya adalah jangan pernah membandingkan apa yang dimiliki satu sama lain. Karena, membandingkan anak hanya akan membuat mereka merasa semakin kecil hati, dan cemburu satu sama lain, sehingga perselisihan pun akan makin sulit dihindari.

Baca Juga: Momies Suka Membandingkan Anak? Hati-hati Efek Negatifnya yaa …

Orangtua perlu memahami bahwa semua anak terlahir dengan keunikan dan keistimewaannya masing-masing, dan ini justru harus menjadi kebanggaan orangtua, agar anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang tidak percaya diri.

Berikan Pengertian

Meski perselisihan antara kakak adik tidak dapat dihindari. Namun, peran orangtua tetap sangat dibutuhkan. Maka, tunjukkan sikap bijaksana dalam melerai perdebatan yang sedang berlangsung.

Memang bukan hal yang mudah, apalagi orangtua harus melindungi sang adik tanpa menghukum dan membuat sang kakak merasa disalahkan. Belum lagi dengan tipikal sang kakak yang identik dengan sifat harus selalu mengalah.

Mencari tahu siapa yang bersalah tanpa memihak salah satunya adalah sikap bijak yang harus ditunjukkan orang tua. Maka, memberikan pengertian untuk satu sama lain adalah cara bijak agar kakak adik bertengkar karena cemburu bisa segera saling memaafkan dan kembali bermain bersama dengan penuh kasih sayang.

Kenalkan Adik Sejak Dini

Menceritakan kehadiran sang adik pada kakak memang tidak mudah, tapi bukan berarti orangtua harus selalu menutupinya. Lebih baik, ajak sang kakak untuk mengenal adiknya sejak dini, bahkan sejak sang adik masih berada di dalam kandungan.

Maka, izinkan sang kakak untuk mengelus perut ibu, dan mengajak sang calon adik komunikasi. Karena, dengan begini sang kakak akan lebih siap menyambut kelahiran adiknya. Bukan tidak mungkin sang kakak akan sangat menyayangi sang adik nantinya, jika orangtua berhasil mengenalkan adik sejak dini.

Jadilah Penengah dan Pendengar yang Baik

Saat kakak adik bertengkar karena cemburu, orangtua tidak boleh langsung menyalahkan salah satu dari mereka. Namun, akan lebih baik jika kalian menanyakan mengapa mereka bertengkar, baik dari sisi sang kakak pun sang adik. Ini akan membuat sang anak tidak merasa disalahkan atau beranggapan bahwa orangtua mereka bersifat pilih kasih antara satu sama lain.

Related image
sheknows.com

Semoga dengan membaca artikel ini, masalah kakak adik bertengkar karena cemburu bisa segera diatasi, ya.

  • Bagikan