Sama-sama Terbuat dari Jagung, Ini Keguanaan Tepung Jagung dan Maizena

  • Bagikan
Sama-sama Terbuat dari Jagung, Ini Keguanaan Tepung Jagung dan Maizena
kompas.com

Seruni.id – Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dong saat mendengar nama tepung jagung dan maizena? Keduanya memang sama-sama terbuat dari olahan jagung. Namun, sebenarnya tepung jagung dan maizena memiliki sejumlah perbedaan, loh. Tak heran jika banyak orang yang keliru akan hal ini.

Sama-sama Terbuat dari Jagung, Ini Keguanaan Tepung Jagung dan Maizena
kompas.com

Tepung jagung dan maizena memiliki profil nutrisi, rasa, dan kegunaannya masing-masing. Keduanya sama-sama memiliki fungsi dan hasil akhir yang berbeda. Bagi kamu yang gemar dalam hal masak-memasak, penting sekali untuk dapat membedakan keduanya. Pasalnya, jika dilihat dari mata awam, memang hampir sama. Agar tak keliru, yuk lihat apa saja perbedaan dari kedua tepung ini.

Berbahan Dasar Jagung

Tepung jagung dan maizena pada dasarnya dibuat menggunakan bahan yang sama, yakni jagung. Namun, proses pembuatannya hingga menjadi tepunglah yang membedakannya. Perlu kalian tahu nih, ternyata tepung jagung diproses dari hasil penggilingan seluruh biji jagung hingga menjadi bubuk halus. Tepung jagung sendiri memiliki beberapa tingkat kehalusan yang bisa kamu temukan di pasaran, dari yang butirannya kasar hingga halus.

Sedangkan maizena diolah dengan cara membuang protein dan serat biji jagung. Proses ini menyisakan bagian tengah yang bertepung yang disebut dengan endosperma. Endosperma inilah yang kemudian digiling menjadi bubuk putih yang biasa kita sebut tepung maizena. Jika dibandingkan dengan tepung jagung, tepung maizena memiliki tekstur yang lebih halus.

Memiliki Ciri dan Karakteristik Berbeda

Kedua tepung ini memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda, loh. Biasanya tepung jagung memiliki warna yang sedikit kekuningan. Warna kuning tersebut murni dari warna jagung asli yang digunakan sebagai bahan dasar, kamu juga bisa mengkreasikan warna tepung ini dengan merendam jagung di dalam pewarna makanan terlebih dahulu. Soal rasa, tepung jagung memiliki rasa yang manis dan lebih gurih daripada tepung maizena.

Kalau tepung maizena warnanya lebih putih dan bersih, inilah yang menjadi pembeda di antara keduanya. Warna putihnya hampir mirip seperti kapur yang didapatkan dari hasil penggilingan endosperma biji jagung. Tepung maizena sendiri tidak memiliki rasa walaupun beberapa merek di pasaran ada yang menambahkan sedikit rasa manis dan gurih.

Memiliki Kegunaan yang Berbeda

Meski sama-sama terbuat dari jagung, tapi keduanya memiliki kegunaan yang berbeda. Biasanya tepung jaung kerap digunakan sebagai tambahan atau pengganti tepung terigu dalam sebuah adonan roti, pancake, atau kue kering. Tepung ini juga berguna untuk memberikan rasa dan aksen jagung dalam masakan.

Sementara itu, tepung maizena tidak memiliki rasa sama sekali. Biasanya sih dimanfaatkan sebagai pengental sup, semur, saus, dan kuah. Selain itu tepung maizena juga bisa digunakan sebagai bahan anti penggumpalan. Karena terbuat dari pati dan tidak mengandung protein atau lemak, maka tepung maizena nggak bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu sepenuhnya.

Sama-sama Memiliki Kandungan Nutrisi yang Baik

Tepung jagung memiliki kandungan seperti serat, protein, pati, serta vitamin dan mineral lain. Selain itu, di dalamnya juga terkandung lutein dan zeaxanthin yang tinggi. Kedua zat tersebut memiliki fungsi untuk mencegah katarak dan degenerasi makula yang terjadi karena usia.

Sedangkan tepung maizena yang sebelumnya sudah menghilangkan kandungan protein, sebenarnya tidak memiliki tambahan protein, serat, atau nutrisi selengkap tepung jagung. Walaupun begitu tepung maizena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi tetapi rendah dengan nutrisi dan protein karena proses pengekstrakkan jagung menjadi endosperma.

Punya Banyak Manfaat

Tepung jagung dan maizena termasuk dua tepung yang bebas gluten, karena itu kedua tepung ini bisa dikonsumsi oleh orang dengan intoleransi terhadap gluten. Sebagaimana yang Seruni sebutkan di atas, karena dibuat dari gilingan jagung maka tepung jagung kaya akan protein, antioksidan, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Kandungan nutrisi yang besar pada jagung terdapat di dedak serta kulit arinya, hal ini yang membuat tepung jagung memiliki banyak nutrisi. Sedangkan tepung maizena yang menghilangkan kedua hal tersebut, kandungan vitamin dan protein lebih sedikit. Hal ini tentunya membuat manfaat yang bisa diberikan oleh tepung maizena untuk kesehatan tubuh nggak sebanyak tepung jagung.

Tepung Jagung Kerap Dimanfaatkan untuk Diet

Tepung jagung sendiri sebenarnya digunakan oleh banyak produk yang memiliki label bebas gluten. Produk-produk ini biasanya berupa roti atau mi. Produk bebas gluten ini sering kali dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani diet gluten atau dengan kondisi kesehatan khusus; seperti mengontrol berat badan, menghilangkan kembung, meningkatkan energi, mengurangi depresi, mengurangi nyeri sendi dan menguatkan tulang.

Tepung Maizena Bisa Dimanfaatkan untuk Wajah

Sedangkan tepung maizena bisa dijadikan sebagai sebuah campuran dalam pembuatan masker wajah. Dengan menambahkan bahab-bahan alami lainnya seperti madu, perasan air lemon dan munyak zaitun, maka kamu bisa menggunakannya tepung maizena sebagai sebuah masker alami. Tidak hanya itu, tepung maizena juga biasanya dijadikan sebagai bahan scrub atau lulur. Masker dan lulur tepung maizena ini bisa banget digunakan oleh kalian yang memiliki masalah minyak berlebih pada wajah atau kulit kering.

Baca Juga: 7 Resep Kue Berbahan Tepung Ketan dengan Rasa yang Enak dan Praktis

Selain dapat digunakan sebagai sebuah bahan masakan. Ternyata tepung jagung dan maizena memiliki banyak manfaat lain dan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan badan! Biasanya kamu menggunakan kedua tepung ini untuk apa?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id