Ini Keistimewaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan

Ini Keistimewaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan
google.com

Seruni.id – Ramadhan ialah bulan penuh hikmah yang selalu dinantikan kehadirannya oleh seluruh umat Muslim di dunia. Ramadhan juga menjadi hari yang penuh keberkahan karena menyimpan banyak kebaikan berupa terbukanya pintu untuk berbuat atas doa yang telah lampau.

Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadhan

Setiap hari di bulan suci ini, memang memiliki kesitimewaan tersendiri, baik di hari pertama hingga hari terakhir. Dalam kesempatan kali ini, Seruni akan membahas mengenai keutamaan 10 hari pertama Ramadhan yang mesti kita pahami dan lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Karena pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan, menjadi fase yang bisa dibilang cukup sulit. Mungkin disebabkan karena kita tengah peralihan dan beradaptasi dari bulan sebelumnya ke bulan puasa, yang menjadikan kebiasaan, seperti kebiasaan pola makan, yang biasanya normal, kini harus menahan lapar dan dahaga hingga waktu berbuka tiba.

Bukan hanya tubuh yang harus melewati masa peralihan ini, pada 10 hari pertama bulan Ramadhan, pikiran kita pun turut teralihkan dengan penuh kesabaran serta keikhlasan hati untuk dapat menunaikan ibadah puasa dengan sebaik mungkin.

Maka dari itu, Allah SWT akan membukakan pintu rahmat yang sebesar-besarnya, bagi hamba yang bersabar dan ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa dengan penuh ketakwaan dan keimanan kepada-Nya. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam,

“Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

Jadi, sayang sekali jika di 10 hari pertama bulan Ramadhan ini disia-siakan begitu saja, tanpa melakukan aktivitas yang bermanfaat. Pergunakanlah kesempatan yang baik ini untuk mendapatkan rahmat dan ridha dari Allah SWT.

Jadikan pula setiap hari di bulan Ramadhan sebagai ladang kebaikan ibadah yang harus ditingkatkan guna meraih pahala dan rahmat dari Allah sebanyak mungkin.

Sebenarnya, banyak sekali hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadhan. Contohnya, dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an, beramal shaleh, berdoa, membantu orang lain yang membutuhkan, serta dibarengi dengan shalat sunnah.

Menjaga Hubungan Baik Antar Sesama

Selain itu, kita juga dapat memperbanyak silaturahmi, serta menjaga hubungan baik dengan orang lain, keduanya termasuk sebuah amal ibadah jika dilakukan dengan ikhlas, tanpa ada maksud dan tujuan tertentu.

Baca Juga: 8 Tips Paling Efektif untuk Menahan Emosi Saat Berpuasa

Semoga di bulan Ramadhan kali ini, Allah memberikan rahmat atas apa yang kita kerjakan. Dan dengan rahmat-Nya, Allah telah menghadirkan di mana ada satu malam yang sangat istimewa di bulan Ramadhan, yakni Lailatul Qadar.

“Barangsiapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadar akan diampuni dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari). Bahkan juga mendapat pahala yang berlipat ganda yang lebih baik dari amalan pada seribu bulan. Pahala yang seperti ini hanya ada di dalam malam Lailatul Qadar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.