8 Keistimewaan Sedekah di Bulan Ramadhan

8 Keistimewaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Seruni.id – Sedekah merupakan salah satu amalan yang memang dianjurkan dalam Islam. Terlebih di bulan Ramadhan, ada beberapa keistimewaan sedekah di bulan Ramadhan yang perlu kita ketahui. Namun, bentuk sedekah ini tak melulu berbentuk materi. Bisa dengan tenaga dengan membantu sesama, bahkan senyuman pun terhitung sedekah, loh.

8 Keistimewaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan, segala kebaikan, termasuk sedekah akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Untuk mengetahui apa saja keistiewaan sedekah di bulan Ramadhan, simak selengkapnya berikut ini, ya.

1. Dibebaskan dari Siksa Kubur

Keistimewaan sedekah di bulan Ramadhan yang pertama, yaitu akan dibebaskan dari siksa kubur. Hal ini sesuai dengan apa yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad saw dalam hadist riwayat Thabrani yang berbunyi,

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur,”

2. Pahala yang Berlipatganda

Setiap dari kita pasti ingin mendapatkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Ada banyak kebaikan yang bisa kita lakukan untuk meraih pahala tersebut, salah satunya sedekah di bulan Ramadhan. Di bulan yang penuh dengan keberkahan tersebut, jika kita bersedekah maka pahalanya akan berlipatganda. Jadi, kita tak perlu takut uang menjadi habis jika bersedekah. Hal ini dijelaskan di dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

“Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rizki pada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya, dan Allah menyempitkan rizki pada orang yang dikehendaki-Nya. Dan apapun yang kamu infakkan atas rizki yang diberikan Allah, maka Allah menggantinya kembali dan Allah-lah sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS. Saba : 39)

3. Diberikan Ketenangan Hati dan Jiwa

Keistimewaan sedekah di bulan Ramadhan berikutnya, akan memberikan ketenangan dalam hati dan jiwa kita. Bagi siapa pun yang bersedekah, Allah menjanjikan hati yang tenang. Di mana manfaatnya bisa menghilangkan rasa khawatir, cemas, dan gelisah. Ketika bersedekah di bulan Ramadan, maka seseorang akan mendapatkan ketenangan hati dan jiwa yang lebih damai. Ketenangan itu tertuang pada surat di bawah ini:

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabb-nya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 274)

4. Dijauhkan dari Api Neraka

Tak ada satu pun manusia yang ingin terkena api neraka, apalagi masuk ke dalamnya. Salah satu yang bisa menjauhkan kita dari api neraka adalah dengan bersedekah. Semakin banyak kita sedekah, maka kita akan semakin jauh dari api neraka. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

5. Sebagai Penghapus Dosa

Keistimewaan sedekah di bulan Ramadhan, yang kelima, akan mendapatkan ampunan atas dosa-dosa yang pernah mereka perbuat. Rasulullah saw bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi). Namun, dosa dapat diampuni apabila disertai pula dengan taubat. Allah SWT berfirman: “Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah? Tiada yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’raf ayat 99).

6. Mendapatkan Keberkahan dan Kelancaran Rezeki

Bersedekah tidak akan membuat rezeki menjadi berkurang atau terhalang, justru dengan bersederah harta yang telah kita keluarkan di jalan Allah akan mendatangkan keberkahan, yakni menambah kebaikan dari harta itu dan berkembang menjadi banyak seperti dalam Al-Qur’an dijelaskan pada QS Saba: 39:

“Sesungguhnya tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

7. Menghilangkan Kesusahan Umat-Nya

Pada hakikatnya, manusia diciptakan di dunia ini sebagai makhluk sosial. Jadi, sudah sewajarnya jika mereka hidup berkecukupan dan mampu saling berbagi kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan. Sebagai seorang muslim, kita bisa belajar untuk menambah rasa empati dengan bersedekah di bulan Rmadhan. Lebih dari itu, Allah akan menghilangkan kesusahan bagi umat muslim yang melakukan amalan ini seperti tercantum di dalam hadis:

“Barang siapa yang mencukupi kebutuhan saudarnya, niscaya Allah akan memenuhi kebutuhannya dan barang siapa yang melepaskan satu kesusahan yang dialami oleh seorang muslim, maka allah akan meng-hindarkannya dari satu kesusahan di hari kiamat.” (H.R. muslim)

8. Terhindar dari Sifat Sombong

Mengeluarkan harta di jalan Allah pada bulan Ramadhan, menjadi salah satu ibadah yang sangat mulia. Keistimewaan sedekah di bulan Ramadan termasuk salah satu cara bersyukur, sehingga dapat terhindar dari sifat sombong dan membanggakan diri terhadap harta yang dimilikinya. Selain itu, dengan bersedekah Allah akan memudahkan umat-Nya menjadi ahli surga. Sedekah memiliki makna seperti QS Al-Baqarah:

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Al-Baqarah [2] : 267)

Baca Juga: Meminta Doa dari Orang yang Kita Beri Sedekah, Bolehkah?

Demikianlah beberapa keistimewaan sedakah di bulan Ramadhan. Sedekah sendiri merupakan sumber kekayaan. Bahkan, Allah SWT menjanjikan bahwa sedekah tidak akan membuat kita miskin, tapi sebaliknya. Karena itu, banyak-banyaklah bersedekah baik di waktu lapang ataupun di waktu sempit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.