Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah yang Wajib Dipatuhi

Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah yang Wajib Dipatuhi
smkyapisfakfak.sch.id

Seruni.id – Ada beberapa hak dan kewajiban anak di sekolah yang perlu mereka patuhi sebagai seorang murid. Meski usianya masih dini, anak juga perlu tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh ia lakukan di sekolah. Dengan mengetahui apa kewajibannya di sekolah, anak harus menaati setiap kewajiban yang berlaku. Hal ini tak lain untuk melatih ketertiban, kedisiplinan, dan memahami arti dari tanggung jawab.

Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah yang Wajib Dipatuhi
tempo.co

Sehingga peraturan tak hanya untuk kebaikan di sekolah saja, tapi juga demi kebaikannya di masa yang akan datang. Seperti halnya kewajiban, mereka juga perlu tahu apa saja hak yang perlu didapatkannya. Nah, berikut ini Seruni akan mengulas mengenai hak dan kewajiban anak di sekolah, yuk simak baik-baik.

Hak Anak di Sekolah

Setiap anak yang menempuh pendidikan, perlu mendapatkan haknya secara penuh. Hal ini guna memastikan kenyamanan ketika belajar dan bermain di sekolah. Lantas, apa saja hak anak selama berada di sekolah?

1. Berhak Memperoleh Ilmu Pengetahuan

Setiap orangtua tentunya ingin anak memiliki pengetahuan yang lebih, maka dari itu mereka mendaftarkan anaknya untuk sekolah. Karena orangtua berharap dengan sekolah, sang anak tidak hanya pintar, tapi juga memiliki budi pekerti yang baik. Di sekolah, anak akan mendapatkan berbagai imu dan mata pelajaran sesuai dengan tingkatannya.

Anak berhak diajarkan oleh guru yang kompeten untuk membimbingnya menjadi siswa atau siswi yang cerdas. Apabila kelas sedang kosong dan tidak ada guru yang datang, adalah hak siswa untuk menanyakan kepada staf atau guru lain untuk meminta guru pengganti jika memungkinkan.

2. Mendapatkan Perlakukan yang Adil

Anak-anak memiliki karakter, sifat, suku, ras, agama, dan juga kasta yang beragam. Meski demikian, seluruh pihak yang berada di lungkungan sekolah harus mampu memperlakukan mereka seadil mungkin tanpa membeda-bedakan. Hak anak di sekolah yang satu ini harus diberikan dengan porsi rata tanpa ada yang perlu diimewakan pun sebaliknya.

3. Mengajukan Pertanyaan

Kegiatan belajar mengajar di sekolah tentunya harus dilakukan dengan tujuan yang jelas, agar kemampuan serta ilmu pengetahuan siswa semakin berkembang dan bertambah. Namun, saat proses belajar ada kalanya mereka tidak mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh gurunya, sehingga hak anak di sekolah ini adalah bertanya kepada gurunya tentang apa yang belum ia ketahui.

4. Memperoleh Nilai yang Sesuai

Tujuan setiap anak untuk datang ke sekolah adalah demi menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan kepintaran. Hanya saja, tidak semua anak memiliki kepandaian yang sama, sehingga guru harus memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan dari masing-masing anak. Hak yang perlu didapatkan oleh anak saat disekolah adalah mendapatkan nilai berdasarkan kemampuan akademiknya, bukan faktor lain yang justru bersifat anak emaskan atau memberikan perlakuan istimewa karena alasan tertentu.

5. Menggunakan Fasilitas di Sekolah

Setiap anak juga berhak menikmati fasilitas yang ada di sekolah, loh. Mulai dari lapangan, perpustakaan, kantin, ruang ibadah, toilet, dan fasilitas lainnya. Pihak sekolah tidak berhak melarang setiap siswanya untuk menggunakan fasiliatas tersebut, tanpa adanya alasan yang jelas. Misalnya, fasilitas tersebut sedang diperbaiki atau hal lainnya.

6. Mendapatkan Bimbingan

Aksi bullying sering kali terjadi di lingkungan sekolah. Kejadian ini mungkin terdengar wajar dan kerap terjadi. Namun, jika dibiarkan, lama-kelamaan akan berimbas buruk terhadap psikologis anak.

Seharusnya ketika seorang siswa mendapatkan perlakukan yang tidak baik di lingkungan sekolah, baik dari siswa maupun guru, maka hak di sekolah tersebut adalah mendapatkan bimbingan dari bidang konseling atau BK. Hal ini bertujuan agar hak setiap siswa di sekolah terpenuhi, sehingga mereka dapat belajar dengan baik dan tenang.

7. Memperoleh Jam Istirahat

Tugas siswa di sekolah adalah belajar dan memathui segala peraturan yang ada. Namun, pihak sekolah juga perlu memberikan hak kepada anak didik yaitu berupa jam istirahat. Hal ini agar mereka dapat beristirahat sejenak di sela-sela pelajaran dan tugas yang harus diikuti serta mampu bersosialisai dengan baik bersama teman maupun guru di sekolah.

8. Diberikan Hak untuk Berpendapat

Meski tergolong muda, anak-anak di sekolah juga berhak untuk berpendapat, loh. Mengemukakan pendapat akan membuat anak berlatih mengungkapkan isi hati dan pikiran mereka. Membiarkan mereka untuk berpendapat bisa melatih mereka untuk lebih kritis dalam hal berpikir. Namun, pastikan anak diajari bagaimana caranya mengemukakan pendapat dengan baik, logis, dan sopan.

Terlepas kepada siapa mereka memberiakn pendapat. Entah kepada guru, pihak sekolah, maupun teman sekelas. Jika pendapat yang diberikan dianggap berbeda, jangan lantas membentak apalagi menyudutkan mereka, ya. Lebih baik, beri mereka pendapat dari sudut pandang lain, agar mereka bisa lebih memahami pendapat orang yang berbeda dengan mereka.

Kewajiban Anak di Sekolah

Setiap hak tak bisa terlepas dari yang namanya kewajiban. Selain mendapatkan haknya di sekolah, anak juga perlu memenuhi kewajibannya di sekolah, loh. Apa saja sih kewajiban anak di sekolah? Berikut daftarnya:

1. Menaati Peraturan dan Tata Tertib di Sekolah

Kewajiban anak di sekolah yang pertama adalah menaati peraturan dan tata tertib yang berlaku. Anak juga harus belajar menjaga sikap dan ketertiban selama proses belajar di sekolah. Hal ini tentunya akan membuat proses belajar mengajar menjadi kondusif, melatih kedisiplinan anak, serta membuat lingkungan sekolah menjad tertib.

2. Saling Menghargai dan Menghormati

Kewajiban anak di sekolah berikutnya adalah menghargai dan menghormati seluruh warga di sekolah. Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk siswa saja, tapi untuk seluruh warga sekolah. Termasuk staf, guru, hingga kepala sekolah.

3. Mengikuti Pelajaran dengan Tertib

Dalam kegiatan belajar mengajar, dibutuhkan kerja sama yang baik antara guru dan murid. Di mana guru wajib mengajar dengan baik dan murid pun harus mengikuti pelajaran dengan tertib. Jika guru dapat mengajar dengan tenang, maka otomatis murid pun akan mendengarkan pelajaran dengan tertib dan baik.

4. Menjaga Nama Baik Sekolah

Sebagai seorang murid, di sekolah mana pun itu, sudah sepatutnya berperilaku baik di dalam maupun luar sekolah. Apalagi, jika murid tersebut sedang memakai seragam sekolahnya. Karena perilaku seorang murid di luar sekolah akan dikaitkan dengan nama sekolah. Untuk itu menjadi kewajiban seorang murid untuk tetap menjaga nama baik sekolahnya.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Selain menjaga nama baik, kewajiban anak di sekolah berikutnya yakni menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan lingungan sekolah tidak dapat tercipta dengan sendirinya. Sekali pun di sekolah sudah ada petugas kebersihan, tapi sebagai murid juga wajib menjaganya.

Apalagi caranya sangat mudah, hanya dengan membuang sampah pada tempatnya saja, sudah turut membantu dalam menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, setiap murid juga wajib untuk melakukan piket kelas sebagai bentuk tanggjung jawab terhadap kelas agar selalu bersih. Sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih nyaman, karena kelas dalam kondisi ysng bersih.

6. Mengenakan Seragam

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, setiap siswa wajib menaati peratuan sekolah, salah satunya dalam hal penggunaan seragam maupun warna sepatu. Siwa wajib menggunakan seragam dan atribut sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

7. Menjaga Keamanan Sekolah

Keamanan di sekolah membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk pada murid. Setiap murid wajib menjaga keamanan di sekolah dengan cara tidak melakukan perundungan atau bullying terhadap sesama murid. Membiarkan sesama murid untuk berteman satu sama lain dan tidak menebarkan teror di antara para murid.

8. Memelihara Fasilitas Sekolah

Fasilitas sekolah memang menjadi hak para murid. Meski demikian murid pun harus memelihara atau menjaga fasilitas tersebut. Salah satu kewajiban anak di sekolah dalam hal memelihara fasilitas sekolah adalah dengan menggunakannya sesuai dengan fungsi.

Tidak hanya itu, alangkah lebih baik jika fasilitas sekolah tidak boleh dipergunakan untuk kepentingan yang tidak diizinkan oleh sekolah. Dengan terpeliharanya fasilitas tersebut, maka murid pun mendapatkan hak menggunakan fasilitas sekolah dengan baik, karena fasilitas sekolah tetap dapat digunakan sebagaimana fungsinya.

9. Datang Tepat Waktu dan Memberikan Kabar Jika Tidak Bisa Hadir

Kewajiban anak di sekolah berikutnya adalah datang tepat waktu sebelum bel sekolah berbunyi. Yaitu ada yang pukul 06.30 atau 07.00, tergantung dari kebijakan sekolah masing-masing. Peraturan tersebut dibuat agar siswa bisa disiplin baik dari jam masuk hingga jam pulang. Apabila sedang berhalangan dan tidak dapat masuk sekolah, orangtua atau wali wajib memberikan kabar berupa surat izin tidak masuk sekolah atau menghubungi guru dan staf sekolah.

10. Mengikuti Jam Pelajaran dan Kegiatan Sekolah

Mengiktui jam pelajaran dan kegiatan menjadi salah satu kewajiban anak di sekolah yang tidak boleh mereka lewatkan. Ketika sedang jam belajar, anak tidak diperkenankan untuk meninggalkan kelas tanpa seizin wali kelas. Namun, jika waktu belajar sudah habis, anak baru boleh meninggalkan area sekolah. Tidak hanya itu, setiap siswa juga wajib mengikuti semua kegiatan sekolah, mulai dari upacara bendera, pramuka, senam pagi, atau kegiatan lainnya yang rutin setiap minggunya.

11. Wajib Mengerjakan dan Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Bukan hanya datang ke sekolah tepat waktu saja, kewajiban anak di sekolah berikutnya adalah mengerjakan serta mengumpulkan tugas tepat pada waktunya. Selain agar mendapatkan nilai yang baik, hal ini juga bisa melatih anak untuk disiplin, loh.

12. Bersikap Baik, Sopan, dan Santun

Setiap siswa wajib menjunjung tinggi nilai sopan, santun, salam, senyum, dan sapa di lingkungan sekolah. Selain itu, siswa juga wajib untuk mewujudkan serta memelihara keamanan, ketertiban, keindahan, dan keasrian lingkungan di sekolah.

13. Wajib Menolong Teman, Guru, Maupun Staf Pendidik

Tolong menolong tentunya juga menjadi kewajiban anak di sekolah. Dengan begitu dapat menumbuhkan sikap saling menghormati dan menghargai.

14. Membayar Administrasi Sekolah

Setiap siswa juga harus membayar administrasi sekolah sesuai dengan jumlahnya. Namun, karena siswa belum memiliki penghasilan, maka kewajiban ini harus dipenuhi oleh orangtua atau wali dari siswa.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli 2021, Apakah Ayah Bunda Setuju?

Nah, itulah hak dan kewajiban anak di sekolah. Selain mengetahui dan meminta anak untuk menerapkan kewajibannya di sekolah, penting sekali bagi orangtua untuk memastikan apa saja hak yang anak dapatkan selama di sekolah, agar ia merasa nyaman dan sejahtera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.