Khasiat Air Zamzam

detikhealth.com

Seruni.id – Air zamzam merupakan air yang sangat istimewa bagi umat muslim. Air yang dapat bertahan 4000 tahun lamanya ini, kadarnya terus bertambah seiring dengan bertambahnya kaum muslimin. Air zamzam sendiri pun memiliki unsur kimiawi yang tidak dimiliki air selainnya. Bisa dikatakan, bahwa air ini yang paling sehat dan menyehatkan. Oleh sebab itu, air zamzam memiliki kelebihan yang telah disebutkan dalam banyak hadist. Berikut khasiat air zamzam yang jarang diketahui:

blog.reservasi.com

Air Terbaik di Bumi

Air zamzam merupakan air yang paling baik dan paling utama yang ada di muka bumi ini, baik dari sisi syariat atau kesehatan. Rasulullah bersabda, “Sebaik-baiknya air di muka bumi ini adalah air zamzam.” (HR. Ahmad)

Dapat Mengampuni Dosa-dosa

Salah satu khasiat air zamzam yaitu dapat mengampuni dosa-dosa, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW, “Siapa yang mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali (tawaf), shalat di belakang makam Ibrahim, dan meminum air zamzam niscaya akan diampuni semua dosanya,” (HR. al Wahidi)

Mewujudkan Segala Sesuatu Sesuai Niatnya

Salah satu khasiat air zamzam yaitu, air ini dapat memberikan khasiat sesuai niat peminumnya. Rasulullah bersabda, “Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan” (HR Ibnu Majah)

Mengobati Segala Macam Penyakit

Khasiat air zamzam berikutnya yaitu dapat mengobati berbagai penyait. Penyakit yang membuat tubuh menjadi terasa tidak nyaman dan gejala lainnya. Untuk menghilangkan penyakit tersebut bisa dilakukan dengan cara terapi air zamzam, dan jangan lupa untuk selalu beroda segera diberikan kesembuhan. Sebagaimana Rasulullah bersabda,

“Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan maka Allah akan menyembuhkanmu, dan jika engkau meminumnya dengan niat agar dahagamu hilang maka Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah galian jibril dan siraman Allah kepada Ismail” (H.R Ibnu Abbas dan Al Hakim)

Dapat Menghilangkan Kemunafikan

Beliau bersabda, “Meminum air zamzam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan” (HR Ibnu Abbas)

Dapat Membedakan Muslim dengan Orang Munafik

Rasulullah bersabda, “Yang membedakan kita dengan orang munafik ialah bahwa mereka tidak meminum dan merasakan air zamzam sampai puas” (HR Ibnu Majah)

Sebagian dari Ibadah

Rasulullah bersabda, “Melihat air zamzam adalah ibadah, ia (air zamzam) dapat menghapus berbagai dosa dan kesalahan, dan salah satu keutamaannya adalah bahwa barangsiapa yang memercikannya ke kepada tiga kali maka dia tidak akan terkena penyakit” (HR al Fakihi)

Terdapat Banyak Berkah

Rasulullah SAW, bersabda “Ia (air zamzam) mengandung banyak berkah dan bisa menghilangkan rasa lapar” (HR Ahmad)

Keistimewaan air zamzam ternyata telah dibuktikan oleh beberapa ilmuan dunia. Salah satunya Dr Hamdi Saif dari Alexandria University menyimpukan melalui penelitian Kimia dan Fisika yang dilakukan terhadap air zamzam, air terbaik yang ada di muka bumi ini. Air zamzam memiliki keseimbangan elektrolit yang berkhasiat bagi kesehatan. Air zamzam juga sangat murni dan alami, serta terbebas dari mikroorganisme patogen. Menurut Dr Saif, air zamzam berkhasiat dalam pengobatan paru-paru, ginal, mengobati migrain, penyakit mata, dan berbagai penyakit lainnya.

Selain itu, ada pula seorang ilmuan asal Jepang, yaitu Dr Masasro Imoto. I mengatakan bahwa air zamzam memiliki banyak keistimewaan yang tidak bisa ditemukan pada air lainnya. Teknik nano yang digunakan dalam penelitiannya tersebut tidak mampu mengubah karakteristiknya sedikitpun. Jika air biasa dicampur dengan setets air zamzam, maka air tersebut akan mendapatkan keistimewaan dari air zamzam.

Berbagai keistimewaan tersebut membuat para ilmuan tertatik untuk meneliti air zamzam. Bahkan, air zamzam sudah sejak lama di analisis di banyak laboratorium di Arab dan Eropa. Dari penelitian tersebut membuktikan bahwa kandungan dalam air zamzam berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit dan memberikan nutrisi bagi tubuh. Hebatnya lagi, tidak ada waktu kadaluarsa pada air zamzam.

Perbedaan lainnya adalah, jika pada sumur-sumur biasa ditumbuhi dengan lumut dan bakteri, sedangkan pada sumur-sumur zamzam lumut dan bakteri sama sekali tidak ditemukan keberadaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.