Kulit Tangan Kering Akibat Sering Cuci Tangan? Ini Cara Mengatasinya!

Kulit Tangan Kering Akibat Sering Cuci Tangan? Ini Cara Mengatasinya!
srtylo.grid.id

Seruni.id – Semenjak virus Corona (Covid-19) merebak di Indonesia, kita diwajibkan menjaga kebersihan diri agar dapat terhindar dari virus tersebut. Salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Namun sayangnya, jika terlalu sering akan membuat kulit tangan kering, loh.

Kulit Tangan Kering Akibat Sering Cuci Tangan? Ini Cara Mengatasinya!
Priceprice.com

Semakin kulit tangan kering, maka semakin mudah pula bakteri untuk masuk. Oleh sebab itu, menjaga kelembapan kulit jangan sampai terlupakan, ya. Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa hal yang harus diterapkan agar kulit tangan tidak semakin kering dan mengelupas.

1. Gunakan Sabun Pencuci Tangan yang Lembut

Agar kulit tangan tidak kering, penting untuk memilih sabun pencuci tangan yang tepat. Yakni dengan menggunakan sabun pencuci tangan yang lembut. Sabun pencuci tangan yang mengandung anti bakteri sama halnya dengan gand sanitizer yang mengandung alkohol. Kedunya bisa terlalu keras dan membuat kulit tangan kering.

Tapi, kamu tidak perlu menggunakan pembersih tangan seperti di atas untuk membunuh bakteri dan virus. Cukup dengan menggunakan sabun biasa saja. Sebab, gesekan yang diciptakan dari tindakan mekanik mencuci tangan dan bahan pembersih surfaktan dalam sabun dapat menghilangkan mikroba dan bakteri pada tangan. Saat ini, mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara yang direkomendasikan oleh CDC demi mencegah penyebaran virus. Cucilah tangan dengan benar setidaknya selama 20 detik.

2. Aplikasikan Gel Lidah Buaya

Setelah mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, jangan lupa untuk menoleskan gel lidah buaya pada permukaan tanganmu. Namun sebelumnya, pastikan dulu bahwa tanganmu sudah cukup kering, ya. Selain menggunakan gel lidah buaya, juga bisa menggunakan hand cream. Gel lidah buaya sendiri bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko kosmetik ataupun di mini market terdekat.

3. Merendam Tangan dengan Air Hangat dan Garam

Untuk mengatasi kulit tangan kering selanjutnya, bisa dengan merendam tanganmu ke dalam air hangat yang dicampur dengan sejumput garam. Sebelum merendam, pastikan suhu air benar-benar pas, agar kulit telapak tangan tidak semakin mengelupas. Jika ingin lebih lembap, kamu bisa menmabahkan setetes minyak zaitun dalam larutan air garam. Tak perlu lama-lama kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja untuk merendamnya, ya.

4. Gunakan Masker Kentang

Kandungan antioksidan di dalam kentang dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati juga melembapkan kulit kering. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu memarut kentnag lalu menambahkannya dengan sedikit madu lalu mengaplikasikannya ke telapak tangan. Setelah 10 menit, bilas masker kentang dengan air hangat.

5. Masker Pisang

Selain masker kentang, agar kulit tangan tidak kering, kamu juga bisa menggunakan masker berbahan dasar pisang. Sebab, kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup banyak bisa mengembalikan kelembapan telapak tangan. Caranya dengan memblender pisang, kemudian oleskan ke telapak tangan, lalu bilas dengan air. Atau kamu juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun ke dalamnya.

6. Mengoleskan Minyak Zaitun

Sebelum hendak tidur, ada baiknya untuk mengoleskan minyak zaitun ke area tangan. Agar lebih efektif, lakukan pemijatan sebentar. Jika memang tidak ada minyak zaitun, bisa diganti dengan minyak kelapa. Selain meminimalisir telapak tangan yang kering, cara ini juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus. Jika sudah muncul tanda-tanda kulit mengelupas, minyak zaitun boleh kamu oleskan pada malam hari dan paginya tinggal bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Mana yang Lebih Efektif, Mencuci Tangan dengan Sabun Atau Hand Sanitizer?

Dengan beberapa cara di atas, kamu tak perlu lagi khawatir kulitmu akan menjadi kering karena terlalu sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Selamat mencoba, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.