10 Makanan Sehat yang Disarankan Bagi Penderita Radang Tenggorokan

  • Bagikan
10 Makanan Sehat yang Disarankan Bagi Penderita Radang Tenggorokan
kompas.com

Seruni.id – Radang tenggorokan menjadi salah satu kondisi yang sangat menganggu. Bahkan, membuat kita sulit untuk menelan makanan. Biasanya kondisi ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus, termasuk virus Corona yang saat ini mewabah.

10 Makanan Sehat yang Disarankan Bagi Penderita Radang Tenggorokan
lifestyle.sindonews.com

Ketika radang menyerang, akan ada sensasi seperti terbakar pada tenggorokan. Untuk mengatasinya, disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Ada beragam makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh penderita radang tenggorokan, tenang saja, makanan berikut ini sangat mudah kok ditemukan. Simak yuk apa saja makanan tersebut.

 

1. Air Putih

Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih sangatlah bermanfaat untuk kesehatan. Dengan memperbanyak asupan cairan dari air putih, maka radang tenggorokan akan lebih cepat disembuhkan. Pasalnya, air putih berperan penting dalam menjaga kelembapan dan kebersihan tenggorokan, serta mencukupi kebutuhan cairan sehingga kamu tidak mudah dehidrasi.

 

2. Madu

Madu dikenal sebagai antibakteri alami yang bermanfaat untuk meminimalisir rasa sakit akibat radang tenggorokan. Dengan mengonsumsi madu, maka akan mempercepat penyembuhan luka pada tenggorokan. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mencampurkannya dengan air hangat.

 

3. Jahe

Memiliki sensasi yang hangat, ternyata jahe juga baik dikonsumsi bagi penderita radang tenggorokan. Sama halnya seperti madu, jahe juga memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan rasa sakit dan peradangan tenggorokan. Jahe merupakan antioksidan yang melindungi terhadap bakteri dan patogen lain yang berkontribusi pada sakit tenggorokan. Bagi penderita radang tenggorokan, disarankan untuk mengonsumsi teh jahe atau makan jahe segar dengan nasi hangat.

 

4. Jus Delima

Jus delima rupanya juga baik dikonsumsi ketika sedang radang tenggorokan, loh. Menurut studi, jus delima memiliki nutrisi yang dapat membantu menurunkan infeksi dan mengurangi peradangan. Buah delima sendiri mengandung antioksidan polifenol yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, melindungi sel dari kerusakan, serta menurunkan peradangan.

 

5. Oatmeal

Oat merupakan biji-bijian sehat yang mengandung antioksidan, seng, serta magnesium. Selain itu, oat juga dikenal sebagai makanan tinggi serat. Semua nutrisi di dalamnya dapat melindungi dari bakteri dan virus yang mungkin menjadi penyabab radang tenggorokan. Kamu bisa menyajikannya dengan mudah dalam keadaan hangat.

 

6. Yogurt

Probiotik alami untuk membersihkan bakteri dari usus serta melindungi sistem kekebalan tubuh, bisa kamu dapatkan dari yogurt. Selain itu, yogurt juga mampu untuk menenangkan sakit tenggorokan, apalagi teksturnya yang lembut membuat yogurt lebih mudah ditelan. Namun, pastikan kamu mengonsumsi yogurt tanpa tambahan gula, ya. Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menambahkan buah-buahan lembut ke dalamnya.

 

7. Pisang

Pisang memiliki tekstur yang lembut, sehingga bisa dijadikan sebagai camilan bagi kamu yang mengalami radang tenggorokan. Buah ini memiliki nutrisi bermanfaat bagi tubuh dan teksturnya yang lembut membuat nyaman tenggorokan. Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi vitamin C, karbohidrat, kalium, tembaga, dan lainnya. Namun sebaiknya konsumsilah pisang tanpa perlu diolah, apalagi digoreng, ya.

 

8. Sup Ayam

Pilihan makanan sehat untuk penderita radang tenggorokan berikutnya adalah sup ayam. Sup ayam memiliki nutrisi yang bisa memberikan sensasi nyaman pada tenggorokan. Berdasarkan penelitian, sup berisi sayuran dan ayam dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan, karena memiliki sifat antiinflamasi yang membantu memfilter saluran udara.

 

9. Telur

Telur mengandung berbagai macam nutrisi, mulai dari seng, selenium, zat besi, vitamin B12, hingga vitamin D. Kandungan tersebut dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Saat radang menyerang, kamu bisa mengonsumsi telur dengan diorak-arik yang hangat, lembut, dan mudah ditelan. Penting untuk memilih tekstur makanan yang lembut agar tidak memperparah kondisi tenggorokan.

 

10. Jeli atau Agar-agar

Agar-agar menjadi makanan favorit banyak orang karena rasanya yang beragam dan mudah ditelan. Agar atau jeli biasanya mengandung gelatin dan sumber protein yang baik, sehingga membuat tenggorokan lebih nyaman. Tak heran kalo jeli disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita radang tenggorokan.

Namun berhati-hatilah, pilih jeli dengan kandungan gula yang tidak terlalu banyak agar aman bagi penderita diabetes. Kamu dapat membuat sendiri untuk memastikan jeli atau agar-agar tersebut rendah gula dan tidak menggunakan pemanis buatan.

Baca Juga: Selain Menyegarkan 7 Jenis Jus Buah Ini Mampu Mencegah Sakit Tenggorokan

  • Bagikan