7 Makanan yang Dapat Memperbaiki Fungsi Ginjal

  • Bagikan
7 Makanan yang Dapat Memperbaiki Fungsi Ginjal
honestdocs.id

Seruni.id – Gagal ginjal akut akhir-akhir ini menjadi perbincangan yang serius. Pasalnya, ratusan anak menderita penyakit tersebut. Bahkan, sampai ada yang meninggal dunia. Maka dari itu, penting sekali untuk memperbaiki fungsi ginjal. Caranya dengan menerapkan pola hidup yang lebih baik serta mengonsumsi makanan sehat.

7 Makanan yang Dapat Memperbaiki Fungsi Ginjal
lifepal.co.id

Apalagi, ginjal memiliki peran yang sangat penting. Mulai dari membuang limbah dari tubuh melalui urine, menjaga keseimbangan mineral dan cairan dalam tubuh, serta menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah. Saat kinerja ginjal menurun, limbah serta cairan dalam tubuh bisa menumpuk dan memicu kerusakan organ.

Seperti yang sudah Seruni sebutkan sebelumnya, untuk memperbaiki fungsi ginjal kita harus fokus untuk mengurangi porsi makan dan menjaga pola makan terlebih dahulu. Meski tidak ada makanan khusus yang dapat memperbaiki fungsi ginjal secara langsung, setidaknya ada beberapa pilihan makanan yang baik untuk penderita penyakit ginjal, di antaranya:

Daftar Isi

1. Dada Ayam Tanpa Kulit

Tubuh membutuhkan asupan protein yang baik. Kamu bisa mendapatkan protein tersebut dengan mengonsumsi dada ayam, tapi pastikan tidak ada kulitnya, ya. Meski dada ayam termasuk nutrisi yang perlu dibatasi oleh beberapa penderita penyakit ginjal, asupan protein yang cukup tetap penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar kadar natrium dan fosfor di dalam tubuh tidak meningkat, sebaiknya jangan mengolah ayam dengan cara digoreng atau dipanggang.

2. Kembang Kol

Untuk memperbaiki fungsi ginjal, penderita penyakit ginjal disarankan untuk mengonsumsi sayuran bergizi yang mengandung vitamin C, K, B, dan folat. Kembang kol menjadi pilihan terbaik, karena selain memiliki vitamin yang telah disebutkan tadi, juga memiliki kadar natrium, kalium, dan fosfor yang cukup rendah. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk sayur, camilan, sampai pengganti nasi.

3. Ikan

Ikan termasuk pilihan makanan tepat untuk memperbaiki fungsi ginjal, terutama jenis ikan yang diperkaya dengan asam lemak omega 3 serta rendah natirum, kalium, serta fosfor. Misalnya, ikan salmon, tuna, kembung, atau sarden. Asam lemak omega-3 berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah pada penderita penyakit ginjal. Meski begitu, ikan sebaiknya dikonsumsi maksimal 2–3 kali seminggu.

4. Putih Telur

Makanan terbaik untuk memperbaiki fungsi ginjal berikutnya adalah putih telur. Makanan ini mengandung sumber protein berkualitas tinggi dan rendah kandungan fosfor, sehingga sangat aman dikonsumsi oleh penderita ginjal.

5. Nanas

Buah-buahan tropis segar seperti jeruk, pisang, dan kiwi umumnya banyak mengandung kalium. Nanas bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk penderita ginjal karena memiliki kadar kalium yang rendah. Buah ini juga baik dikonsumsi karena kaya akan serat, mangan, vitamin C, dan enzim yang bisa mengurangi peradangan seperti bromelain.

6. Bawang

Penderita penyakit ginjal disarankan untuk membatasi asupan natrium atau garam. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan bawang untuk menambah cita rasa pada makanan. Bawang yang digunakan, bisa bawang putih atau bombay.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun menjadi sumber lemak yang sehat, tapi rendah kalium natrium, dan bebas fosfor. Tak heran kalau minyak zaitun menjadi pilihan yang tepat bagi penderita ginjal. Apalagi, minyak zaitun sangat cocok digunakan sebagai pengganti minyak goreng.

Selain mengonsumsi beberapa makanan sehat di atas, memperbaiki fungsi ginjal, juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, di antaranya:

  • Berhenti merokok
  • Membatasi asupan garam kurang dari 1 sendok teh per hari
  • Berolahraga secara teratur
  • Membatasi asupan minuman beralkohol
  • Menjaga berat badan ideal

Baca Juga:

Kalau kamu mengalami gangguan ginjal dan masih bingung menu makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal, cobalah konsultasikan ke dokter. Bila perlu, tanyakan pula saran terkait diet yang sehat dan sesuai kondisi kesehatanmu. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan