10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita
popbela.com

Seruni.id – Meskipun tidak ada makanan khusus yang secara ajaib dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Namun, setidaknya ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita. Makanan-makanan tersebut berkontribusi terhadap kondisi kesuburan seseorang.

Misalnya saja, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat gizi selenium dan zinc dapat menurunkan kesuburan. Dengan begitu, makanan yang mengandung selenium dan zinc dianggap baik dikonsumsi oleh pasangan yang sedang menjalankan program hamil.

Bahkan, perubahan pola makan serta gaya hidup dapat meningkatkan kesuburan hingga 69 persen. Nah, penasaran apa saja makanan yang dapat meningkatkan kesuburan? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sayuran Hijau

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita
lifestyle.okezone.com

Wanita yang meningkatkan asupan zat besi selama periode prakonsepsi memiliki tingkat kesuburan lebih tinggi dibandingkan mereka yang kekurangan zat besi. Untuk meningkatkan kesuburan, maka disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau yang mengandung zat besi, seperti bayam.

2. Alpukat

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita
tirto.id

Alpukat menjadi salah satu buah untuk menambah kesuburan wanita. Dengan kandungan vitamin E-nya yang tinggi, membuatnya sangat baik untuk meningkatkan kekuatan lapisan rahim. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh juga bermanfaat unutk menurunkan peradangan pada tubuh, sehingga wanita menjadi lebih subuur.

3. Daging Tanpa Lemak

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita
titiknol.co.id

Seperti penjelasan sebelumnya, zat besi merupakan nutrisi penting untuk membantu meningkatkan kesuburan. Adapun cara paling mudah untuk mendapatkan zat besi dalam makanan yakni melalui daging. Tapi, daging yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan, daging yang kamu pilih harus tanpa lemak. Kemudian pilih potongan daging yang ramping, potong atau sisihkan bagian lemaknya, kemudian panggang. Meski daging baik untuk meningkatkan kesuburan, tapi pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya, Karena segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

4. Keju

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita
traveling.bisnis.com

Ternyata keju jenis tertentu seperti cheddar tua, permesan, dan manchego dapat meningkatkan kesehatan sperma. Pasalnya, keju matang tersebut mengandung banyak poliamania. Bagi yang masih belum tahu, polimania adalah protein yang banyak ditemukan dalam produk nabati dan hewani. Zat senyawa ini juga diproduksi dalam tubuh manusia, loh.

Menurut sebuah penelitian, polimania memiliki peran yang cukup penting dalam sistem reproduksi. Keju matang secara khusus tinggi dalam poliamida putresin, yang mungkin berperan dalam kesehatan sperma. Putresin juga diduga dapat meningkatkan kesehatan telur, terutama pada wanita berusia 35 tahun ke atas.

5. Ikan

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita
motherandbaby.co.id

Mengonsumi ikan yang mengandung banyak Omega-3, seperti salmon, sarden, herring, dan jenis ikan berlemak lainnya dapat meningkatkan kesuburan. Tidak hanya akan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, tapi juga mengatur hormon reproduuksi.

6. Susu Organik, Yogurt, dan Keju

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita
idntimes.com

Susu sangat baik untuk kesehatan tulang maupun kesehatan reproduksi. Sejumlah penelitian dari minbodygreen menunjukkan bahwa wanita yang memiliki masalah dengan ovulasi dapat mengambil manfaat dari mengonsumsi susu organik setiap hari.

7. Kacang-kacangan

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita
cookingwithsheila.com

Bagi kamu yang ingin meningkatkan keseuburan, kamu perlu tahu, bahwa kacang-kacangan adalah sumber serat dan folat yang sangat baik. Keduanya sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon yang sehat. Begitu pun dengan lentil yang mengandung polyamine spermidine tingkat tinggi, yang dapat membantu sperma membuahi sel telur. Lentil dan kacang-kacangan juga kaya protein, yang dapat membantu meningkatkan ovulasi yang lebih sehat.

8. Raspeberry dan Blueberry Organik

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita
food.detik.com

Semua buah dan sayuran memang bagus untuk tubuh, tetapi buah raspberry dan blueberry ini sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Dikemas dengan antioksidan, kedua buah ini melindungi tubuhmu dari kerusakan sel dan penuaan sel, dan ini termasuk sel dalam sistem reproduksi dan telurmu (ovarium).

9. Telur

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita
liputan6.com

Telur merupakan makanan yang kuat untuk meningkatkan reproduksi. Telur yang kaya akan vitamin dan nutrisi seperti kolin dan protein ini, mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap asam folat. Asam folat berfungsi bagi sebelum kehamilan dan di tengah kehamilan agar bayi yang dikandung tidak terlahir cacat.

10. Tiram

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita
halodoc.com

Tiram muncul di hampir semua daftar makanan untuk kesuburan. Tiram dilengkapi dengan nutrisi yang bermanfaat untuk menambah kesuburan. Satu porsi atau enam tiram mentah, hanya mengandung 139 kalori. Sementara, vitamin dan mineral yang melimpah dalam tiram, yakni: Vitamin B12 yang mencapai 408 persen dari kebutuhan vitamin B12 harian Seng yang mencapai 188 persen dari kebutuhan seng harian Selenium yang mencapai 187 persen dari kebutuhan selenium harian.

Baca Juga: Sedang Menjalani Program Hamil? Ini 6 Pantangan yang Harus Dihindari

Nah, dari beberapa makanan di atas, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.