23 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

23 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan
halodoc.com

Seruni.id – Bawang merah adalah bumbu masakan dengan aroma yang begitu harum ketika diolah. Meskipun, tak semua orang menyukainya. Namun, di balik aromanya yang begitu menyengat dan kerap membuat mata perih ini, ternyata banyak manfaat luar biasa yang belum diketahui banyak orang. Maka dari itu, melalui artikel berikut ini Seruni akan menjelaskan apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan hingga kecantikan yang perlu kamu tahu.

23 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan
sajiansedap.grid.id

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Di dalam bawang merah, terkandung flavonoud yang mampu melawan peradangan, menurunkan kadar kolesterol, dan trigliserida, sehingga berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Quercertin, antioksidan yang ditemukan dalam bawang, menurunkan risiko penyakit jantung dan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kuersetin di dalamnya juga dapat mencegah penumpukkan plak pada arteri.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan belerang dan quercetin dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah pada tubuh manusia. Bahkan pada sebuah studi menyebutkan, bahwa penderita diabetes tipe 2 memiliki enzin hati normal dan kadar glikemik rendah. Oleh sebab itu, penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi bawang secara rutin untuk menjaga gula darah tetap stabil.

3. Melegakan Tenggorokan

Ketika tenggorokan terasa sakit karena batuk atau pilek, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi jus bawang merah. Jika kamu tidak tahan dengan rasa dan baunya, kamu bisa manambahkan perasa manis berupa madu ataupun dula jawa.

4. Melindungi Mata

Meski terkadang membuat mata terasa perih, namun di dalamnya mengandung belerang yang baik untuk mata. Makanan ini dapat meningkatkan kesehatan mata dengan merangsang produksi protein yang disebut glutathione, yang bertindak sebagai antioksidan. Ini mengurangi risiko penyakit mata seperti glaukoma, katarak, dan degenerasi makula. Sebuah penelitian menunjukkan baha manfaat bawang merah mentah untuk mata juga dapat mengatasi konjungtivitas dan blepharitis.

5. Mencegah Berkembangnya Sel Kanker

Bawang merah juga efektif dalam menghancurkan sel-sel kanker payudara dan usus besar. Bawang merah mengandung tingkat quercetin dan anthocyanin yang tinggi, kedua senyawa tersebut memicu sel kanker untuk bunuh diri.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Menurut sebuah studi, kandungan belerang dalam bawang yang disebut di-n-propyl trisulfie, memiliki efek positif pada kerusakan memori. Namun, ketika bawang dimasak, senyawa belerang tersebut akan hancur. Jadi, lebih baik untuk mengonsumsinya secara langsung tanpa diolah alias mantah.

7. Menguatkan Tulang

Pada wanita yang telah menopause, bawang merah dapat meningkatkan kepadatan tulang mereka. Sebab, wanita manopause memiliki risiko patah tulang pinggul lebih tinggi. Karena itu, mengonsumsi bawang dapat mengurangi risiko tersebut sebanyak 20%.

8. Meredakan Stres

Kamu sering merasa stres? Entah itu karena pekerjaan atau pun hal lainnya? Mulai sekarang, kamu bisa mencoba mengonsumsi bawang secara rutin. Karena bawang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, meredakan stres, serta merangsang kinerja otak lebih maksimal.

9. Menurunkan Berat Badan

Salah satu khasiat bawang yang tak kalah luar biasa dan belum banyak diketahui adalah dapat mengatasi masalah berat badan. Hal ini dikarenakan bawang mengandung kromium, sehingga berat badan akan berkurang lebih cepat dari target waktu yang kamu tentukan. Namun harus diingat, dilakukannya pun dengan rutin mengonsumsi bawng mentah sekitar 3-4 siung per hari.

10. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan memiliki peran penting dalam mencegah kerusakan sel dalam tubuh yang dapat menjurus ke berbagai penyakit. Seperti diabetes, jantung, dan kanker. Bawang merah juga diketahui memiliki sebanyak 26 jenis antiosidan yang berperan untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah senyawa antioksidan yang memberikan warna merah pada bawang.

11. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Sengatan Lebah

Kulit yang tersengat lebah biasanya akan menimbulkan rasa sakit bahkan bengkak. Biasanya kita akan menggunakan es batu untuk mengatasinya. Selain menggunakan es, ternyata bawang merah juga bisa kamu manfaatkan. Caranya dengan memotong bawang secukupnya kemudian diaplikasikan ke atas area yang terinfeksi utnuk mengurangi rasa sakit.

12. Meningkatkan Jumlah Sperma

Selain itu juga ada manfaat bawang merah untuk pria, yakni dapat meningkatkan jumlah sperma. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalamnya. Menurut berbagai studi, bahwa bawang dan jahe bisa meningkatkan jumlah sperma sekaligus hasrat seksual. Satu sendok jus bawang merah yang dicampur dengan satu sendok teh jus jahe, lalu diminum tiga kali sehari, diketahui dapat meningkatkan libido.

13. Sebagai Obat Herbal untuk Bayi

Ternyata ada pula manfaat bawang merah untuk anak, loh. Salah satunya dapat digunakan sebagai obat herbal. Caranya dengan menyiapkan 1-2 siung bawang merah, iris tipis dan tumbuk bawang tersebut. Lalu tambahkan minyak telon dan balurkan ke beberapa bagian tubuh bayi yang diperlukan, seprti kaki, punggung, dan tangan. Rasa hangat dari bawang dan harumnya minyak telon akan membuat si kecil menjadi lebih rileks.

14. Menurunkan Demam pada Anak

Para orangtua kerap kali mengeluhkan demam yang dialami oleh anaknya. Namun, kini tak perlu khawatir lagi dan terburu-buru membawanya ke dokter atau memberikan obat penurun panas. Kamu bisa memanfaatkan bawang merah untuk menurunkan demam pada si kecil. Ramuan herbal yang kerap dipakai sebagai bumbu dapur ini, sudah turun temurun dilakukan oleh orangtua zaman dulu sebagai perdam demam yang ampuh. Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin dan floroglusin yang efektif untuk menurunkan suhu tubuh. Kandungan flavonoid yang terdapat pada bawang merah juga berfungsi sebagai anti radang, anti bakteri serta mampu menurunkan panas.

Cara meramu ramuan herbal ini juga sangat mudah. Cukup siapkan 3-5 siung bawang, kupas lalu cuci bersih, kemudian digerus atau tumbuk kasar, jangan sampai halus biarkan tekstur bawangnya tetap ada. Lalu, bisa menambahkan sedikit minyak kelapa, minyak kayu putih, atau minyak telon secukupnya. Setelah itu balurkan ke tubuh anak, terutama bagian ubun-ubun, punggung, dada, perut, lipatan paha, lengan dan telapak kaki. Alangkah lebih baik jika dilakukan saat si kecil sedang tidur, sehingga ia tidak terganggu dengan baunya yang tajam.

15. Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung sering dialami bayi. Saat menyusui mungkin saja posisi Ibu dan bayi tidak tepat, sehingga menyebabkan udara masuk, dan perut menjadi kembung. Tak heran saat perutnya kembung, bayi akan menjadi rewel dan susah tidur. Manfaat bawang juga efektif untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Cara meramunya juga sama, yakni mencampurkan bawang merah tumbuk plus minyak telon, lalu dioleskan ke perut bayi. Ramuan bawang merah ini akan menghangatkan perut bayi sehingga menimbulkan efek rileks dan perut kembung pun teratasi.

Kamu juga bisa mengolesi ramuan bawang tersebut sambil melakukan pijat bayi yang juga sangat efektif dalam mengatasi perut kembung. Kamu bisa memberikan pijatan “I LOVE U” yang bisa dilakukan sendiri selama 15 menit sebelum ia tidur. Caranya sangat mudah hanya dengan melakukan pijatan dengan membentuk huruf “I”, “L”, dan “U” pada perut bayi. Bisa dipastikan bayi akan tidur lebih lelap dan lebih lama.

17. Meredakan Flu dan Batuk

Manfaat bawang merah juga terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya meredakan flu dan batuk. Senyawa sulfur dan quercetin yang banyak terkandung dalam minyak minyak atsiri bermanfaat dalam menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan senyawa sulfur dalam bawang merah juga mampu mengatasi gangguan dalam saluran pernafasan yang mampu melegakan dan mencairkan dahak seseorang yang terserang flu dan disertai dengan batuk.

Cukup mudah mengobati sakit flu dan batuk menggunakan bawang merah. Ibu bisa mengonsumsi bawang merah yang sudah dikupas kulitnya lalu dibakar, atau bisa juga dimasukkan ke dalam adonan telur dadar. Selain itu, potongan bawang bisa kamu tempatkan di dalam kamar yang ampuh menyerap virus atau bakteri, sehingga flu dan batuk pun bisa sembuh dengan cepat.

18. Mencerahkan Kulit

Manfaat bawang merah untuk kulit selanjutnya adalah dapat membuat kulitmu menjadi lebih cerah. Karena kandungan flavonoid dan vitamin C yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan hasilnya, kamu harus menggunakan bawang tersebut sebagai masker. Caranya dengan mencampurkan air perasan bawang yang sudah dihaluskan dengan susu, bubuk pala, dan teh hingga membentuk pasta kental. Lalu ramuan masker tersebut, bisa langsung diaplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian bersihkan masker dengan air hangat.

19. Mengobati Jerawat

Bawang merah mengandung zat yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti peradangan. Makanya, bawang merah bisa kita manfaatkan untuk mengobati peradangan jerawat. Penasaran gimana caranya? Kamu bsia mencampurkan parutan bawang dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, oleskan ke wajah yang berjerawat. Diamkan dulu selama 20 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara ini secara teratur agar mendapatkan hasil maksimal.

20. Menyuburkan Rambut

Kandungan sulfur yang cukup tinggi pada bawang juga mampu merangsang pertumbuhan rambutmu. Tak hanya itu saja, jika mengaplikasikannya langsung ke akar rambut, batang, hingga ke pangkalnya, ini akan menguatkan rambutmu yang rapuh. Rambut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok ataupun patah. Caranya gampang banget, cukup menghasulkan beberapa siung bawang merah, kemudian oleskan pada akar, batang dan pangkal rambut. Pijat-pijat lembut dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih dan shampo agar bau bawangnya menhilang.

21. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Selain dapat mengatasi jerawat, juga dapat dimanfaatkan untuk menghiangkan noda hitam bekas jerawat. Caranya dengan menyampurkan air perasaan bawang merah dengan yogurt plain dengan komposisi 1:1. Lalu oleskan pada wajah, pijat lembut selama 10 menit dan diamkan sampai mengering. Setelah kering, bisa langsung dibilas sampai bersih dengan air dingin.

22. Mencegah Penuaan Dini

Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, bawang merah bantu cegah penuaan dini. Caranya simpel, kamu cukup bersihkan wajah, kemudian pijat wajah selama 15 menit gunakan air perasan bawang merah.

23. Mengatasi Ketombe

Bawang merah juga ampuh atasi masalah ketombe, loh. Dengan komposisi 1:1, kamu bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dan bawang yang sudah dihaluskan. Pakai pada kulit kepala secara merata, diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan shampo hingga bersih.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih Sebagai Pengobatan Kanker

Manfaat bawang merah dapat kamu nikmati dengan memilih bawang yang tepat. Pilihlah bawang yang kering dengan aroma yang samar atau tidak memiliki bau sama sekali ketika dikupas. Kamu dapat menambahkan bawang merah ke dalam hidangan sebagai cara untuk menambah cita rasa tanpa perlu menambah lemak, garam, ataupun tambahan lainnya. Selalu masukkan potongan bawang yang tidak terpakai ke dalam kulkas untuk menghindari terkontaminasi bakteri salmonella dan E.coli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.