Bergizi dan Murah, Ini 8 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Bergizi dan Murah, Ini 8 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Seruni.id – Kamu suka menyantap labu siam? Tapi sudah tahu belum apa saja manfaat labu siam untuk kesehatan? Jika ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat labu siam ini, simak ulasannya berikut ini, ya.

Bergizi dan Murah, Ini 8 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Labu siam merupakan sayuran berwarna hijau yang kerap disajikan dalam bentuk tumisan atau lalapan. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang menyukainya. Apalagi labu siam sangat mudah kita jumpai dengan harga yang murah. Namun, tak hanya itu saja, di balik rasanya yang lezat dan harganya murah, ternyata labu siam menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, loh. Apa saja, ya? Berikut manfaat labu siam untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui:

1. Memperbaiki Fungsi Pencernaan

Buat kamu yang memiliki masalah pada pencernaan, tak ada salahnya untuk mengonsumsi labu siam secara rutin. Sebab, sayuran ini memiliki kandungan serat yang dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi kontipasi. Selain itu, seratnya pun mampu membuat perutmu kenyang lebih lama, loh. Sehingga, sangat cocok sekali dikonsumsi sebagai makanan untuk diet.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat labu siam memang sangat luar biasa, salah satunya yakni dapat mengurangi risiko kanker. Mengapa demikian? Hal ini lantaran labu siam mengandung senyawa myricetin yang bersifat antikanker dan antiinflamasi yang kuat. Selain itu, antioksidan di dalamnya pun mampu melindungi sel dari kerusakan. Untuk mengonsumsinya kamu bisa mengolah labu siam menjadi tumisan atau merebusnya dan menjadikannya sebagai lalapan.

3. Mengatasi Anemia

Anemia adalah gangguan darah yang paling umum terjadi. Biasanya, kondisi ini menyerang lebih dari 3 juta orang di Amerika Serikat. Kondisi ini berkaitan dengan sel darah merah, apakah jumlahnya sangat sedikit atau mereka tidak memiliki zat merah (hemoglobin) yang cukup untuk dapat membawa oksigen ke seluruh sel dan jaringan tubuh.

Untuk mengatasi masalah anemia ini, sebenarnya tidaklah sulit. Bahkan, kamu bisa mengonsumsi labu siam sebagai obat alaminya. Hal ini karena labu siam memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat mendorong hemoglobin mengikat oksigen.

4. Menjaga Fungsi Hati

Manfaat labu siam berikutnya, yakni dapat menjaga fungsi pada jaringan hati, yang diakibatkan karena lemak berlebih. Ekstrak labu siam dipercaya mampu melindungi hati dari terjadinya penumpukan lemak. Terlalu banyak lemak di hati, tentunya dapat memengaruhi kemampuannya.

5. Memperlambat Tanda-tanda Penuaan

Penuaan pasti akan terjadi. Meski demikian, kita masih tetap memperlambat tanda-tandanya. Yakni dengan cara mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan, sehingga dapat memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Adapun makanan yang bisa dikonsumsi salah satunya adalah labu siam dengan kandungan vitamin C-nya. Di mana vitamin C dapat memproduksi kolagen yang menjadi protein utama yang dibutuhkan oleh kulit.

6. Menjaga Berat Badan

Labu siam memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan pada lambung, sehingga ketika kamu mengonsumsinya akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan terjaganya asupan makanan, kamu akan lebih mudah mengontrol dan menurunkan berat badan.

7. Melindungi Kesehatan Jantung

Memiliki jantung yang sehat, akan membuat tubuh kita lebih optimal dalam mengerjakan berbagai aktivitas. Bayangkan saja, jika kesehatan jantung kita tidak terjaga, apakah kita bisa melakukan segala sesuatu dengan maksimal?

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatannya kita perlu melakukan pola hidup yang sehat, mulai dari berolahraga hingga mengonsumsi makanan yang baik untuk jantung. Salah satunya adalah labu siam. Tingginya antioksidan di dalam labu siam, berfungsi menakan penyebab terjadinya penyakit jantung, seperti darah tinggi, dan kolesterol. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi labu siam secara rutin, bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

8. Menutrisi Ibu Hamil

Tubuh sangat membutuhkan kandungan folat, terutama bagi ibu hamil untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakangnya. Selain itu, asupan folat yang cukup juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah kelahiran prematur. Nah, kandungan tersebut bisa didapatkan melalui labu siam. Untuk memperoleh manfaat tersebut, maka konsumsilah secara rutin.

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Labu Siam, Sederhana, Enak, dan Menggugah Selera

Itulah manfaat labu siam untuk kesehatan. Ternyata tidak hanya lezat dan praktis, banyak juga manfaat yang bisa kita dapatkan. Selamat mencoba, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.