9 Manfaat Mandi Susu untuk Kesehatan dan Kecantikan

grid.id

Seruni.id – Susu biasanya dikonsumsi dengan cara diminum sebagai sumber energi tambahan untuk tubuh disamping makanan pokok yang kita makan. Namun ternyata, susu dapat dimanfaatkan sebagai cairan untuk mandi. Kita biasa mengenal istilah ini dengan nama mandi susu. Mendapatkan manfaat susu dengan cara diminum menjadi hal yang sudah biasa. Tapi, apa manfaat yang bisa kita dapat dengan mencampurkan susu dengan air yang digunakan untuk mandi? Berikut adalah Sembilan manfaat mandi susu untuk kulit yang wajib diketahui.

Menghaluskan Kulit 

Manfaat mandi susu bisa membuat kulit terasa lembut dan kenyal. Lemak dan protein yang terdapat di dalam susu bisa menyerap dan menempel ke kulit. Selain itu, asam laktat di dalam susu juga membantu mengangkat sel kulit mati. Asam laktat adalah asam alfa hidroksi yang biasa digunakan dalam produk perawatan kulit dan juga kosmetik.

Selain itu, asam laktat dapat berfungsi untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering. Senyawa yang satu ini membantu melarutkan perekat antarsel yang menahan sel kulit mati untuk tetap berada pada permukaan kulit. Dengan begitu, sel kulit mati akan lebih mudah mengelupas sehingga permukaan kulit lebih halus dan juga cerah.

Mencerahkan Kulit Kusam

Selain dapat menghaluskan kulit, manfaat mandi susu juga bisa mempercantik tampilan kulit. Mandi susu dapat mencerahkan warna kusam pada kulit secara alami. Namun, tentu saja mandi susu tidak memberikan hasil yang instan. Hal ini didapat dari manfaat asam laktat yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mendorong tumbuhnya sel kulit baru yang lebih sehat.

Mencegah Penuaan Dini

Salah satu kandungan pada susu yang memiliki fungsi signifikan adalah Alpha Hydroxy Acid (AHA). AHA memiliki kemampuan mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. AHA akan dibantu oleh Protein, membuat kulit kamu menjadi lebih sehat dan kenyal. Dua senyawa ini mampu meningkatkan kemampuan regenerasi sehingga baik untuk pembentukan sel-sel kulit baru dan meminimalisir kerutan kulit. Sel-sel kulit yang sudah mati memang semestinya disingkirkan dan diganti dengan yang baru, dan kandungan dalam susu akan membantu mempercepat prosesnya.

Menghilangkan Stres

Kerjaan menumpuk seharian, deadline dimana-mana, lingkungan yang kurang kondusif, atau masalah lainnya di luar rumah kadang terbawa bahkan setelah kita pulang ke rumah. Rumah seharusnya menjadi tempat istirahat dan melepas penat. Untuk membantu kamu melepas stress, cobalah untuk mandi susu. Campuran bahan lain seperti minyak almond, bunga-bungaan, buah-buahan beraroma segar, dan sebagainya dapat membantu meningkatkan efek relaksasi saat kamu berendam dalam susu.

Melancarkan Aliran Darah

Susu dipercaya mampu membuat saluran di dalam tubuh kita lancar dan yang rusak kembali baik. Susu ditambah dengan rebusan air hangat kuku, akan membuat mandi susu terasa lebih menenangkan dan membuat kamu relax sepanjang malam bahkan setelah selesai mandi. Pegal-pegal hilang, aliran darah kembali lancar.

Meredakan Rasa Gatal dan Menenangkan Kulit

Ada banyak sekali masalah kulit yang bisa memberikan efek gatal pada kulit. Rasa gatal ini terkadang bisa sangat mengganggu bahkan bisa membuat kamu stres. Rasa gatal yang mungkin timbul akibat kelainan kulit tertentu atau akibat sunbun, kamu bisa redakan dengan mandi susu. Mandi susu dapat memberikan efek menenangkan kulit.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat mandi susu lainnya ada pada kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dalam susu dipercaya mampu membantu kamu terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Hal ini bisa dibarengi dengan minum susu juga ya, agar maksimal perawatan dilakukan from inside and outside.

Mengatasi Insomnia

Fakta lainnya dari mandi susu adalah, mandi susu sebelum tidur dianggap mampu mengatasi insomnia. Karena disaat mandi air hangat, suhu air akan direspon tubuh dengan melebarnya pembuluh darah sehingga darah yang mengalir akan semakin lancar. Badan terasa ringan dan super relax, lama kelamaan akan membuat badan terasa lelah. Rasa lelah akan diproses tubuh sebagai signal untuk istirahat & kamu dijamin tertidur pulas setelahnya.

Mengatasi Jerawat

Jerawat bukan hanya ditemukan pada wajah, namun seringkali bagian tubuh lain seperti belakang punggung dan lengan menjadi tempat tumbuhnya jerawat. Kehadirannya sangat menggangu karna biasanya menimbulkan rasa gatal dan sakit, dan kita pun cenderung merasa “kotor” dengan kehadirannya. Berendam di dalam kolam susu sambil membasuh muka dengannya dapat membantu jerawat untuk berangsur-angsur kering dan hilang dari tubuh kamu. Asalkan rajin-rajin ya, mandi susu nya!

Jenis Susu yang Bisa Digunakan untuk Mandi

mymilk.com

Ada beberapa jenis susu yang biasa digunakan dalam mandi susu, yaitu:

• Susu sapi, termasuk jenis yang paling umum digunakan karena harganya murah dan mudah dicari.

• Susu kambing, memiliki kadar lemak mentega yang lebih tinggi dibandingan dengan susu sapi.

• Buttermilk, mengandung lebih banyak asam laktat dibandingkan dengan jenis susu lainnya sehingga sangat baik untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

• Susu kacang dan juga kedelai, bisa menjadi alternatif bagi mereka yang vegan. Susu almond sangat baik karena kaya akan minyak yang akan membuat kulit terasa lebih halus.

Cara Mandi Susu

beautynesia.id

• Siapkan 2 hingga 3 cangkir susu murni cair yang sudah dipanaskan atau susu bubuk yang sudah dilarutkan dalam air hangat.

• Campurkan susu tersebut ke dalam air yang sudah kamu persiapkan untuk mandi, jika diperlukan gunakanlah air hangat.

• Berendamlah di dalam air susu tersebut selama kurang lebih 15 menit. Jangan lupa untuk menggosok tubuh ketika berendam agar sel-sel kulit mati terangkat dari tubuh. Tidak disarankan berendam terlalu lama karena bisa menyebabkan dehidrasi.

• Setelah selesai, bilas kembali tubuh kamu dengan air bersih.

Larutan mandi susu sering kali dicampurkan dengan berbagai bahan lainnya yang juga memiliki manfaat untuk kulit seperti madu dan minyak esensial. Minyak esensial juga berguna untuk menambahkan aroma agar kamu juga bisa menjadi lebih rileks.

Baca Juga: Susu Bubuk Untuk Meremajakan Kulit

Mandi susu bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa mengenal usia, bahkan mandi susu juga bermanfaat untuk bayi. Tapi sebaiknya sebelum melakukan mandi susu, kamu melakukan tes alergi dengan cara membasuh sedikit campuran susu dan air ke kulit kamu, jika terjadi reaksi sepert gatal-gatal dan kulit memerah, lebih baik jangan lakukan mandi susu.


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/seruniid/public/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 352

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.