5 Manfaat Olahraga Memanah untuk Kesehatan

ruangmuslimah.co

Seruni.id – Ada tiga jenis olahraga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa Sallam. Yakni, berenang, berkuda dan memanah. Dalam sebuah hadist Rasulullah Shalallahhu’alaihi wa Sallam bersabda,

“Ajarilah anak-anak kalian berukda, berenang, dan memananh,” (HR Bukhari, Muslim).
Dari hadist tersebut terlihat jelas bahwa memanah memiliki kaitan yang sangat erat dengan peradaban Islam.

Hasil gambar untuk panah
ruangmuslimah.co

Dan ternyata memanah juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, baik itu fisik maupun mental. Berikut 5 manfaat melakukan olahraga memanah:

[read more]

 

Melatih Kesabaran dan Konsentrasi

Dalam kegiatan memanah, kita dituntut untuk dapat membidik target dari jauh seakurat mungkin, maka fokus dan konsentrasi sangat berperan penting dalam olahraga panahan. Setiap gerakan yang dialkukan harus sesuai dengan pikiran, sehingga secara tidak langsung dapat melatih daya fokus antara pikiran emosi dan gerak psychomotoric. Berkonsentrasi saat memanah juga akan melatih kamu untuk bisa berkonsentrasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan fokus, kamu bisa meredam kekhawatiran dan membantu untuk lebih fokus pada kegiatan yang kamu lakukan.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Secara tidak langsung, kegiatan memanah bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu. Seorang yang sangat lihai memanah cenderung memiliki daya tarik sendiri. Hal ini dikarenakan oleh tingkat kepercayaan diri mereka untuk dapat mencapai target. Kepercayaan diri yang didapat dari olahraga memanah juga akan berpengaruh pada kegiatan sehari-hari. Dengan olahraga panahan, selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, kamu juga bisa menambah keberanian.

Melatih Koordinasi dan Kecepatan

Memiliki koordinasi tangan dan mata adalah keterampilan penting untuk memanah. Dengan berbagai gerakan yang berbeda seperti membidik dan melepaskan panah sesuai dengan pengamatan mata, tangan kamu akan terlatih untuk bisa bekerja sama dalam waktu yang cepat. Carebellum yang ada di belakang otak akan mengirim sinyal pada otot untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap seimbang. Selain akan menghasilkan pembidikan yang baik, peningkatkan koordinasi dan kecepatan juga akan membantu kamu dalam kegiatan lainnya.

Menambah Kecerdasan

Olahraga ini menuntut si pemanah untuk berpikir lebih. Misalnya, si pemanah harus memperkirakan arah hembusnya angin. Tak hanya soal arah, namun juga kuat dan lembutnya hesmbusan angin tersebut. Arah lesatan anak panah, bisanya tidak akan lurus saja. Anak panah akan melesat membentuk lengkungan. Anak panah akan melesat sedikit naik lalu turun dengan ketinggian yang harus diperkirakan. Ada fisika di dalam lesatan anak panah yang disebut archer’s paradox, yaitu fenomena menarik saat panah dilepaskan ke arah yang lulrus dan mengenai target. Dengan memahami teori ini, maka kamu akan sedikit lebih cerdas. Tapi, jangan berpikir terlalu dalam, ya.

Membangun Kekuatan Tubuh

Sama seperti olahraga lainnya, sebelum mulai memanah, kita diwajibkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Meskipun olahraga ini dinilai statis dan tidak membutuhkan banyak gerakan, ternyata dibutuhkan pemanasan khusus agar tubuh lebih lentur dan kuat saat memanah. Ketika menarik busur, kamu harus bisa menempatkan tekanan pada kedua otot tangan, dan juga otot dada, bahu serta punggung. Seperti mengangkat beban, tekanan ini biasanya ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan busur. Dengan melakukan gerakan yang mengulang, maka akan menguatkan otot di tubuh bagian atas.

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.