10 Manfaat Sabun Beras, Sudah Pernah Mencobanya?

  • Bagikan
10 Manfaat Sabun Beras, Sudah Pernah Mencobanya?
istockphoto.com/darlenesanguenza

Seruni.id – Berbagai produk kecantikan mulai berlomba-lomba mengeluarkan sejumlah varian sabun. Mulai dari sabun pepaya hingga sabun beras. Namun, belakangan yang sedar populer dan menjadi incaran para wanita adalah sabun beras. Umumnya, sabun ini terbuat dari air bilasan beras yang dikombinasikan dengan susu. Kabarnya, sabun beras memiliki segudang manfaat yang luar biasa.

10 Manfaat Sabun Beras, Sudah Pernah Mencobanya?
istockphoto.com/darlenesanguenza

Apalagi, beras memiliki beberapa kandungan, seperti asam amino, vitamin B dan E, mineral, serta zat antioksidan yang dapat menutrisi kulit. Sedangkan susu, mengandung asam laktat, yang merupakan bahan asam alfa hidroksi (AHA). Lalu, apa saja manfaat sabun beras untuk kulit? Yuk simak ulasannya di bawah ini:

 

1. Mengatasi Kulit Kering

Ada banyak faktor mengapa kulit menjadi kering, mulai dari cuaca panas atau dingin, kelembapan udara yang rendah, atau bisa juga karena terlalu sering berendam di dalam air hangat. Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kering, tidak perlu khawatir. Karena dengan menggunakan sabun beras, akan membantu mengatasi masalah tersebut. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan, bahwa menggunakan sabun beras dua kali sehari dapat mengatasi kulit kering dan kerusakan akibat SLS.

 

2. Mencerahkan Kulit

Manfaat yang berikutnya yaitu dapat mencerahkan kulit wajah secara alami. Tak heran jika sabun tersebut menjadi populer di negara Asia, karena sangat dipercaya dapat menyamarkan kulit belang dan mengembalikan warna asal kulit. Sehingga kamu akan tampil lebih percaya diri dengan kulit yang cerah.

 

3. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Tahu gak sih kenapa wajah sering kali muncul bintik-bintik hitam? Biasanya hal ini disebabkan oleh hiperpigmentasi, yaitu ketika kulit memproduksi terlalu banyak melanin. Hiperpigmentasi, juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari, jaringan parut, penuaan, dan hal lainnya.

Namun, sebagaimana yang dilansir dari Evidence Based Complementary and Alternative Medicine menunjukkan bahwa air beras dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit atau flek hitam akibat sinar matahari. Sabun beras juga dapat meningkatkan kolagen pada kulit, yang membuat kulit terasa lebih kenyal dan mencegah kerutan.

4. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah hal yang paling ditakutkan oleh kebanyakan wanita. Karena munculnya kerutan di area wajah, sering kali mengurangi kepercayaan diri. Sabun beras menawarkan solusi untuk masalah yang satu ini. Sebab, di dalamnya mengandung alantoin yang dipercaya dapat meredakan kulit kemerahan dan inflamasi. Sehingga sabun ini cocok sekali digunakan bagi kamu pemilik kulit berjerawat.

Tak hanya alantoin, beras hitam juga mengandung zat antioksidan yaitu ferulic acid. Dengan kandungan antioksidan tinggi, kulit Moms akan terlindungi dari radikal bebas. Hasilnya, kulit akan mencegah keriput dan memiliki garis halus sehingga selalu tampak awet muda.

 

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Senyawa organik yang ada di dalam sabun beras, seperti alantoin memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi. Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan alantoin dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

 

6. Menghaluskan Kulit

Bukan hanya jerawat dan penuaan dini saja yang membuat wanita kurang percaya diri, tapi juga kulit wajah yang kasar. Sabun ini dipercaya dapat mengatasi masalah kulit yang satu ini, loh. Caranya kamu harus menggunakan secara rutin setiap kali mandi, agar masalah kulit kasar dapat segera teratasi.

 

7. Mengontrol Minyak

Kulit wajah yang berminyak adalah suatu kondisi kulit akibat produksi minyak alami atau sebum secara berlebihan oleh kelenjar sebaceous. Meski dapat berfungsi untuk melembapkan, produksi sebum terlalu banyak dapat meningkatkan risiko masalah kulit, seperti penyumbatan pori-pori, kulit kusam, komedo, hingga jerawat.

Sabun beras efektif mengontrol minyak kulit. Jika minyak kulit terkontrol dengan baik, kelembapan kulit pun turut terjaga. Dengan begitu, kulitmu akan makin lembap berkat kandungan kolagennya yang cukup tinggi dari sabun beras.

 

8. Membantu Proses Detoksifikasi

Sama seperti organ lainnya di dalam tubuh, kulit juga bisa melakukan detoksifikasi dan membuang lapisan kulit mati secara berkala. Hal ini sangat penting, mengingat kulit baru hanya akan tumbuh setelah terjadinya proses tersebut.

Sabun beras dapat membantu proses detoksifikasi ini agar berjalan baik dan lancar, dengan begitu kulit mati akan cepat terganti dengan yang sehat dan halus.

 

9. Mengatasi Alergi

Beberapa bahan kimia, dapat menyebabkan alergi pada kulit. Gejala alergi pada wajah, biasanya menimbulkan ruam merah, gatal, pembengkakan di wajah, bibir, mata, dan lidah. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sabun ini, karena tidak mengandung zat-zat kimia yang memperburuk alergi, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan tidak lagi mengalami iritasi.

 

10. Menjaga Kulit Agar Tetap Aman dari Sinar Matahari

Sabun beras juga bermanfaat untuk dijadikan sebagai tabir surya alami, karena dapat melindungi kulit dari efek bahaya sinar UV. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengobati kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Sabun yang terbuat dari beras ini, mengandung anti-oksidan yang dapat mencegah terjadinya berbagi kanker kulit akibat matahari.

Baca Juga:

Demikianlah beberapa manfaat sabun beras untuk kulit. Kamu sudah pernah mencobanya?

  • Bagikan