Ternyata Ini, Manfaat Tidur Menghadap Kanan?

0
menghadap kanan

Seruni.id – Tidur merupakan aktivitas wajib yang dilakukan oleh manusia untuk “mengistirahatkan”organ tubuh selama sementara. Selain butuh waktu yang cukup, tidur dalam posisi yang benar, menghadap kanan, juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Kesalahan dalam posisi tidur dapat menambah masalah kesehatan loh.

Menurut HR. Muslim “Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu”.

Baca juga: Ini Cara Mudah Turunkan Berat Badan Saat Tidur di Malam Hari

Berikut beberapa manfaat dari tidur menghadap kanan :

  1. Mengistirahatkan Otak Kiri

Dengan tidur miring ke kanan akan terhindar dari bahaya penyempitan pembuluh darah, pengendapan bekuan darah, lemak dan asam sisa oksidasi yang timbul akibat melemahnya sirkulasi sewaktu kita tertidur.

  1. Mengistirahatkan Kaki Kiri

Kaki memerlukan waktu lebih lama untuk memulihkan peredaran darah. Dengan posisi tidur menghadap kanan maka pembuluh darah vena kaki sebelah kiri akan lebih mudah dikosongkan sehingga rasa kelelahan setelah beraktivitas seharian segera pulih kembali.

  1. Mengurangi Beban Jantung

Dikarenakan posisi jantung berada di sebelah kiri, tekanan terhadap organ jantung saat menghadap kanan ini juga berkurang. Namun jika posisi tidur menghadap ke kiri berakibat curah jantung berlebihan.

Baca juga: 2 Buah Ini Bantu Tidurmu Lebih Berkualitas Loh

  1. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru sebelah kiri lebih kecil daripada kanan, tidur miring ke kanan membuat jantung condong ke kanan, ini tidak jadi masalah karena paru – paru kanan lebih besar. Tidur miring ke kiri jantung akan menekan paru-paru sebelah kiri yang berukuran kecil dan ini sangat berbahaya.

  1. Mengistirahatkan Lambung

Tidur menghadap ke kiri meningkatkan akumulasi asam yang bisa menyebabkan erosi pada dinding lambung, cairan usus yang mempunyai sifat basa akan berbalik masuk menuju lambung.

Setelah memahami paparan di atas, maka sungguh Allah telah mengatur segalanya yang terbaik untuk umat manusia. Rasulullah pun telah mencontohkan kepada umat, semua hal yang dipastikan baik bagi umatnya.

Hal yang seringkali dianggap remeh dan tidak kita sadari, ternyata mengandung hikmah yang luar biasa. Yuks, mulai mengikuti dan membiasakan diri dengan AL-Qur’an dan sunah Rasul.

 

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.