6 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Mengonsumsi Jus Seledri

6 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Mengonsumsi Jus Seledri
hallosehat.com

Seruni.id – Seledri kerap digunakan untuk campuran bahan makanan saja. Namun, tahukah kamu jika daun ini bisa dijadikan sebagai minuman? Seledri ternyata enak dan berkhasiat jika dibuat jus, selain itu selederi memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

6 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Mengonsumsi Jus Seledri
news.ralali.com

Tak seperti sayuran pada umumnya, seledri justru sangat rendah gula dan kalori. Dalam satu gelas jus seledri, memiliki sedikit gula dan kalori dibandingkan satu buah wortel berukuran sedang. Mengonsumsi minuman berbahan dasar daun selederi ini, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, loh. Apa saja, ya?

1. Mengurangi Risiko Kanker

Khasiat seledri yang sangat luar biasa yakni dapat mengurangi risiko kanker. Sejak lama seledri memang dipercaya oleh Tiongkok sebagai obat anti kanker alami. Sebab, di dalamnya terkandung luteolin, dan menurut penelitian pun, elemen ini berfungsi untuk melemahkan sel kanker dan membuatnya lebih rentan terhadap pengobatan.

2. Mencegah Masalah Penglihatan

Apakah ada masalah dengan penglihatanmu? Nah, seledri tak hanya mampu mengurangi risiko kanker saja. Tapi juga mencegah masalah pada penglihatan. Sama seperti wortel, seledri juga kaya akan vitamin A yang memiliki peranan penting dalam kesehatan mata. Selain itu, jus dengan rasa yang sangat enak ini, dapat melindungi permukaan mata dari segala bakteri dan virus. Vitamin A juga membantu mencegah perkembangan masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia, seperti katarak.

3. Menetralkan Makanan Asam

Selanjutnya, jus seledri juga mampu menetralkan makanan asam. Karena seledri kaya akan unsur-unsur seperti zat besi, magnesium dan natrium yang membuat jus seledri memiliki sifat alkali yang kuat. Atau dengan kata lain, dapat menetralkan makanan asam sehingga membantu kita menjaga keseimbangan pH yang sehat di dalam tubuh.

4. Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 sudah menjadi masalah kesehatan serius di dunia modern seperti saat ini. Diperkirakan pada 2030 mendatang, terdapat lebih dari 400 orang di seluruh dunia akan mengalami penyakit ini. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengonsumsi jus seledri untuk menghindari terjadinya diabetes tipe 2 ini. Hal ini dikarenakan seledri mengandung banyak vitamin K dan sebuah penelitian telah membuktikan bahwa vitamin K dapat meningkatkan sensitivitas kita terhadap insulin.

5. Mengatur Keseimbangan Cairan

Seledri yang mengandung kalium dan mineral ini memiliki peranan penting untuk tubuh kita. Bahkan, para ilmuan mempercayai bahwa kalium merupakan mineral terpenting ketiga bagi tubuh kita agar berfungsi dengan baik. Dalam tubuh manusia terdapat 60% air dan 40% dari air ini ditemukan di dalam selmu. Sedangkan sisanya berada di luar sel, dalam cairan tulang belakang, dan diantara sel-selmu.

Tingkat air di dalam dan di luar selmu sangat penting dan dipengaruhi oleh konsentrasi elektrolit. Kalium larut dalam air dan berperilaku dalam sistem butuh, seperti eletrolit bermuatan positif, dan mengatur tingkat air di dalam sel.

6. Mencegah Penyakit Hati

Karena seledri memiliki sifar yang diuretik, maka dari itu seledri mampu membantu membuang racun di dalam tubuh dan membersihkan liver dan ginjal. Selain itu juga mempu melancarkan pencernaan dan menjaga saluran kencing sehat.

Baca Juga: Kenali Lebih Jauh Tentang Manfaat Daun Seledri

Cara Membuat Jus Seledri

Setelh mengetahui apa saja manfaatnya untuk tubuh, sekarang waktunya membuat jus seledri. Bagaimana ya caranya dan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan? Berikut resepnya:

Bahan-bahan:

• 2 batang seledri besar dan 4 batang seledri kecil
• 1/2 buah apel
• 1 sendok makan perasan lemon
• Madu (secukupnya)
• Air es (secukupnya)

Cara membuat:

• Cuci semua bahan-bahan yang sudah disediakan

• Masukkan ke dalam blender, haluskan sampai benar-benar halus.

• Jika sudah, barulah tuang ke dalam gelas dan tambahkan madu agar rasanya lebih nikmat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.