10 Manfaat Zakat Bagi Kehidupan

10 Manfaat Zakat Bagi Kehidupan
blibli.com

Seruni.id – Zakat merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim yang mampu. Namun, tahukah kamu ternyata manfaat zakat sangat banyak. Manfaat tersebut tidak hanya berlaku di dunia saja, tapi juga di akhirat kelak. Nah, panasaran kan apa saja manfaat zakat tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini:

Pengertian Zakat

10 Manfaat Zakat Bagi Kehidupan
review.bukalapak.com

Zakat adalah sejumlah harta yang harus dikeluarkan oleh umat muslim, untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Seperti fakir miskin dan lainnya, sesuai dengan yang ditetapkan oleh syariah. Zakat menjadi bagian penting dari rukun Islam. Oleh karena itu, hukum zakat adalah wajib bagi setiap Muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat juga merupakan bentuk ibadah seperti shalat, puasa, dan lainnya dan telah diatur dengan rinci berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah.

Manfaat Zakat

1. Menyempurnakan Iman

Memberikan zakat kepada mereka yang membutuhkan, merupakan salah satu pilar agama Islam. Bahkan, setiap umat muslim pasti berusaha untuk melaksanakannya. Tentu dengan tujuan melengkapi kewajiban yang telah diamanatkan oleh agamanya.

2. Membersihkan Hati dan Diri

Manfaat zakat yang kedua, yakni dapat sebagai pembersih hati dan diri. Ketika seseorang sudah menunaikan zakatnya, maka ia termasuk ke dalam golongan orang dermawan dan memisahkan kelompok dari orang-orang kikir alias pelit. Apabila seseorang sudah terbiasa memberi dalam bentuk apa pun, maka dirinya akan merasa lebih lengkap ketika telah memberikan sesuatu yang berarti untuk orang lain.

3. Menenangkan Hati

Ketika telah menunaikan zakat yang sudah seharusnya dikeluarkan, hati akan selalu terasa lebih damai dan tenang. Terlebih jika melakukannya ikhlas tanpa ada paksaan. Zakat sangat bermanfaat untuk melatih kita menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus melakukan kebajikan bagi orang lain. Inilah hikmah zakat yang akan membawa banyak keselamatan untukmu.

4. Sebagai Tiket ke Surga

Manusia mana sih yang tak ingin masuk ke dalam surga? Semua umat manusia, tentu menginginkan hal ini. Sebagai umat muslim pasti percaya bahwa akan adanya surga dan berusaha untuk masuk ke surga di akhir hidupnya. Dalam kaitannya dengan surga, manfaat zakat selanjutnya adalah pahala yang diperoleh dapat menjadi “tiket” yang melancarkan dan memastikan perjalananmu ke Surga.

Sebagaimana yang telah disebutkan (Dalam HR. At-Tirmidzi): surga adalah untuk “Mereka yang bertutur halus, menyebarkan salam Islam, memberi makan orang-orang dan bermalam dengan memanjatkan doa secara sukarela ketika orang-orang sedang terlelap.”

5. Menghilangkan Dendam

Dendam bukanlah sifat terpuji, karena setitik dendam akan menghancurkan segalanya. Adapun cara yang bisa menghapuskan rasa dendam ini adalah dengan berzakat. Ketika berzakat dengan niat yang ikhlas dan tulus, rasa dendan dan perasaan sakit hati pun akan terhapuskan.

6. Menghapus Dosa

Manfaat zakat selanjutnya adalah mampu menghapus dosa. Ketika seseorang melakukan kebaikan, maka Allah akan memberikan pahala dan mengurangi dosa bahkan menghapusnya. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW,

“Amal memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi dan An-Nasaai).

7. Membersihkan Harta

Salah satu manfaat zakat yang tak kalah penting yaitu dapat membersihkan harta. Namun, membersihkan harta yang dimaksud bukanlah menghabiskan semua hingga tak tersisa. Melainkan dengan cara memberikannya kepada yang berhak. Allah SWT berfirman,

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketepatan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”. (QS At-Taubah ayat 60).

8. Memberikan Keberkahan pada Harta

Zakat merupakan kunci agar harta kita menjadi lebih berkah. Dengan harta yang berkah akan membuat pemiliknya selalu merasa tenang dan damai. Harta berkah tidak selalu harus banyak, selalu ada ketika dibutuhkan, dan membuat pemiliknya selalu tenang.

“Rasul SAW bersabda: Harta tidak akan berkurang karena sedekah (zakat) dan tidaklah Allah menambah bagi hamba yang pemaaf kecuali kemuliaan dan tidak lah orang yang berlaku tawadhu’ karena Allah melainkan Dia akan meninggikannya.” (HR. Muslim)

9. Sebagai Sarana Pengendalian Diri

Manfaat zakat berikutnya akan membantu kita untuk mengekang keinginan dan kecintaan terhadap harta dunia. Zakat juga dapat membuat kita mengoreksi dan mengendalikan diri serta membiasakan diri untuk mensyukuri segala nikmat yang Allah berikan. Jadi, daripada menggunakan uang untuk kebutuhan konsumtif, akan lebih baik kalau digunakan untuk kebaikan. Dengan menunaikan zakat, selain mendapatkan pahala juga hati jadi lebih tenang.

10. Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah SWT

Manfaat zakat yang terakhir adalah dapat meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT. Ketika seseorang mengeluarkan zakat maka tidak akan membuat rugi apa pun. Semakin banyak memberi, maka akan semakin banyak pula nikmat yang Allah berikan.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Dua malaikat turun setiap pagi. Yang satu berkata: ‘Ya Allah, berikan orang yang mengeluarkan sesuatu, sebagai ganti dari apa yang ia keluarkan. Dan yang lainnya berkata:‘ Ya Allah, berikan penghancuran kepada orang-orang yang kikir.” (Hadist Riwayat: Al-Bukhari)

Baca Juga: 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat, Siapakah Mereka?

Apa pun yang kamu keluarkan sebagai amal, akan kembali kepadamu. Setiap kali kamu mengulurkan tangan kepada orang yang membutuhkan, kamu akan semakin dekat dengan Allah SWT.

Demikianlah 10 manfaat zakat. Luar biasa, bukan? Oleh karenannya, jangan lupa untuk selalu membayarkan zakatm, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.