Mau Makan Mi Instan Tanpa Takut Gemuk? Ikuti Tips ini Yuk!

  • Bagikan
Mau Makan Mi Instan Tanpa Takut Gemuk? Ikuti Tips ini Yuk!
kompas.com

Seruni.id – Rasanya yang enak dan cara memasaknya yang praktis, membuat mi instan banyak disukai orang. Apalagi, ketika memasuki tanggal tua, makan mi instan sering kali menjadi solusinya. Malam hari adalah waktu yang pas untuk menyantapnya.

Mau Makan Mi Instan Tanpa Takut Gemuk? Ikuti Tips ini Yuk!
beautynesia.id

Meski nikmat, tapi sebagian orang ada yang enggan menyantapnya dengan alasan takut gemuk. Sebenarnya, kamu tidak perlu khawatir, karena ada sejumlah cara yang akan membantumu menikmati mi instan tanpa takut gemuk. Nah, berikut ini Seruni telah merangkum tipsnya. Simak di bawah ini, yuk!

 

1. Pilih Mi yang Rendah Kalori

Saat ini sudah banyak sekali merk mi instan yang mengklaim bahwa mereka lebih sehat. Namun, kamu jangan sampai terjebak dengan kata-kata ‘lebih sehat’, ya. Pasalnya, kamu perlu mengecek sendiri kandungan nutrisi yang ada di dalam kemasan. Salah satu tips makan mi instan tanpa takut gemuk dan tetap sehat adalah dengan memilih produk yang rendah kalori.

Misalnya adalah Indomie rasa ayam bawang dan ayam spesial. Keduanya merupakan jenis mie instan dengan kandungan kalori terendah, yaitu sebanyak 300 kalori saja. Jadi, jangan pernah juga konsumsi mie instan dengan kemasan double jika kamu tidak ingin mengalami kenaikan berat badan.

 

2. Ganti dengan Mi Shirataki

Kamu juga bisa mengganti mi instanmu dengan mi shirataki, loh. Sebab, mi jenis ini memiliki kalori yang rendah, tapi tetap mengenyangkan. Tak hanya itu, shirataki juga lebih menyehatkan, loh. Jadi, kamu tak perlu lagi khawatir gemuk saat makan mi instan berbahan shirataki.

 

3. Mencampur dengan Sayuran

Salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah makan mi instan bersamaan dengan nasi putih. Sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini, ya. Kalau kamu merasa menyantap mi instan saja tidak kenyang, maka tips makan mi instan agar tidak gemuk dan tetap sehat adalah dengan menambahkan sayuran hijau. Seperti bok choy, selada, atau sawi.

Sayuran dapat memberikan nutrisi penting pada tubuh, seperti potasium, serat makanan, folat, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, kamu juga bisa membuat porsi sayuran lebih banyak daripada mi instan itu sendiri, agar berat badanmu tidak bertambah.

 

4. Ganti Bumbu dengan Olahan Sendiri

Meski tidak praktis, tapi kamu harus tahu nih, bahwa bumbu mi instan di dalam kemasan mengandung natrium yang cukup tinggi. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan racikan bumbu sendiri. Tentu lebih sehat. Atau kamu bisa menggunakan bumbu mi instan cukup setengah saja.

 

5. Tambahkan Protein

Selain menambahkan sayuran hijau, makan mi instan agar tetap sehat selanjutnya adalah dengan menambahkan protein ke dalamnya. Sebab, protein dapat membuatmu kenyang lebih lama. Jenis protein yang bisa kamu gunakan yakni telur. Namun, jika kurang suka, kamu bisa menggantinya dnegan daging ayam atau sapi tanpa lemak.

 

6. Pilih Mi Goreng

Kalau kamu sedang tidak ingin menyantap mi kuah, maka mi goreng bisa menjadi penggantinya. Dalam air mendidih, masak mie sampai terpisah atau lunak, kemudian, angkat dan keringkan di atas piring. Tumis mie dalam wajan yang dipanaskan dengan sedikit minyak sayur. Tambahkan sayuran cincang dan beberapa irisan daging atau tahu. Bumbui dengan garam dan merica, kecap, atau potongan cabai. Mi instan goreng yang lebih sehat pun sudah siap disajikan.

Baca Juga: 6 Macam Olahan Mie Khas Sumatera yang Wajib Kamu Coba!

Jadi, itulah beberapa tips makan mi instan tanpa takut gemuk dan tetap sehat. Terlepas dari tips di atas, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi mi instan secara berlebihan, ya. Semoga tips di atas dapat bermanfaat.

  • Bagikan