Tips Merawat Peralatan Memasak Berbahan Kayu Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Peralatan Memasak Berbahan Kayu Agar Awet dan Tahan Lama
priceza.co.id

Seruni.id – Peralatan memasak berbahan kayu, memang lebih unik dan menarik. Namun sayangnya, mudah rusak dan mudah terurai. Biasanya, lama kelamaan peralatan berbahan kayu akan menjadi berlumut, menghitam, atau retak. Untuk menghindari hal tersebut, Seruni akan memberikan tips seputar cara merawat peralatan memasak berbahan kayu nih. Jadi, baca artikelnya sampai selesai, ya.

Tips Merawat Peralatan Memasak Berbahan Kayu Agar Awet dan Tahan Lama
prelo.co.id

1. Segera Cuci Setelah Digunakan

Setelah digunakan, sebaiknya segeralah untuk mencunci peralatan memasakmu entah itu yang berbahan plastik maupun kayu. Jangan biarkan kerak sisa masakan menempel terlalu lama pada peralatan kayu. Sebab, kerak sisa makanan akan dengan mudah merusaknya, loh.

2. Gosok dengan Spons Kasar

Spons cuci piring yang biasa kita gunakan, memiliki dua sisi dengan tekstur yang berbeda. Di satu sisi bertekstur lembut dan sisi lalinnya bertekstur kasar. Jadi, gosoklah peralatan kayu dengan spons yang memiliki permukaan kasar. Namun, sebelumnya spons harus dibasahi menggunakan air dan cairan sabun. Hindari pula penggunaan sikat kawat yang biasa digunakan untuk menggosok panci. Sebab, itu justru akan merusak permukaan peralatan kayu.

3. Gosok Noda

Jika peralatan memasakmu memiliki noda yang membandel, sudah dicuci dengan air sabun namun tak hilang juga, kini saatnya untuk mengambil beberapa bahan penting dapur agar terlihat baru. Setelah mencuci dengan air sabun, tuangkan garam dan gosok dengan lemon. Kombinasi ini tidak hanya akan menghilangkan noda yang membandel, juga akan membuat semuanya tetap segar.

Bilas dengan air dingin dan keringkan. Jika masih bau, buat pasta soda kue dan air, lalu gosok dengan lemon yang sudah dibelah dua. Baking soda sangat bagus untuk menetralkan asam organik. Ingat, jika sendok dan spatula ada noda, bukan berarti kotor. Noda yang membandel, seperti yang berasal dari saus tomat atau kunyit, pada akhirnya akan memudar seiring waktu.

4. Oleskan Minyak Agar Tampak Seperti Baru

Agar peralatan memasakmu tetap terlihat bersih seperti baru, kamu bisa mengoleskan dengan food grade mineral oil. Atau bisa juga dengan menggunakan beeswaz. Gantung peralatan kayu dan tunggu hingga mengering. Jangan terburu-buru digunakan sebelum kering sempurna.

5. Disenfersasikan Peralatan Kayu

Peralatan memasak perbahan kayu, kerap digunakan untuk mengolah makanan seperti daging, telur, atau ikan. Bahan makanan tersebut, tanpa kita sadari bisa saja meninggalkan bakteri berbahaya pada permukaan kayu. Nah, oleh karena itu, perlu melakukan disinfeksasi pada peralatan kayu.

Hal yang perlu dilakukan, bersihkan terlebih dahulu peralatan kayu dengan air panas yang sudah dicampur dengan cairan sabun cuci piring. Kemudian angkat dan letakkan peralatan kayu di tempat dengan permukaan datar. Taburi peralatan kayu dengan 3 persen hydrogen peroxide. Diamkan selama 3 menit. Lalu bilas peralatan kayu dengan air dan gantung di tempat kering.

6. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Jangan sampai peralatan memasakmu dalam kondisi lembab, ya. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, maka akan berisiko menimbulkan jamur dan terjadi pelapukan pada peralatan tersebut. Keringkanlah peralatan kayu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Sinar matahari juga membantu untuk membunuh bakteri pada peralatan kayu.

Baca Juga: Tips Menata Dapur Lebih Rapi Agar Masak Semakin Nyaman

Memiliki peralatan yang terawat akan sangat membantu kamu agar tetap produktif di dapur. Tak hanya penampilannya saja yang bagus tapi peralatan yang baik juga akan memudahkan penggunanya memakainya. Jadi rajin-rajinlah merawat peralatan kayu yang dimiliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.