6 Tips Merawat Rambut Keriting Agar Tak Mudah Kusut

6 Tips Merawat Rambut Keriting Agar Tak Mudah Kusut
onepiece.co.id

Seruni.id – Rambut keriting memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan jenis rambut lainnya. Namun, di balik keunikannya ini, kerap menimbulkan masalah bagi pemiliknya. Misalnya mudah rapuh dan kusut. Hal ini disebabkan karena jenis rambut ini, membuat minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala sulit melembutkan setiap helai rambut.

6 Tips Merawat Rambut Keriting Agar Tak Mudah Kusut
suara.com

Tak heran, jika rambut keriting tingkat kelembapannya cukup rendah. Oleh sebab itu, agar rambut keriting tidak mudah kusut, kamu harus melakukan perawatan secara khusus. Berikut ini ada beberapa cara merawatnya yang telah Seruni rangkum dari berbagai sumber.

1. Membagi Rambut Ketika Memakai Sampo

Ketika mencuci rambut, banyak kesalahan yang kerap kali kita lakukan. Yakni dengan memakai sampo terlalu sedikit lalu menggosokaknnya dengan cepat. Alhasil, rambut akan kusut ketika dikeringkan. Nah, agar hal ini tidak terjadi, sisir dan pisahkan rambut menjadi beberapa bagian ketika ingin memakai sampo. Aplikasaikan dengan lembut dan jangan lupa gunakan conditioner. Lalu, gunakan kaus untuk mengeringkan rambut.

2. Tidak Keramas Terlalu Berlebihan

Biasanya, rambut keriting cenderung kering. Inilah mengapa si pemilik rambut keriting tak perlu berlebihan ketika keramas. Karena, ini akan membuat kutikula terbuka dan menghilangkan minyak alami pada rambut. Semakin sedikit kerasa, maka akan semakin baik. Waktu yang tepat untuk keramas yakni 1-2 kali dalam seminggu. Saat keramas, biasakan untuk menggosok dan membersihkan kulit kepala dengan menggunakan ujung jarimu. Agar kulit kepala tetap bersih. Perhatikan pula produk sampo yang kamu gunakan, seperti sampo yang memang dikhususkan untuk rambut eriting yang bebas dari sulfat dan alkohol.

3. Sisir dengan Benar

Pilihlah sisir detangler dan menyisirnya saat rambut masih dalam kondisi basah. Hal ini bisa memudahkan proses penyisiran agar rambut keriting tidak mudah patah dan kusut. Sisirlah secara perlahan, helai demi helai. Mulailah menyisir dari ujung rambut hingga ke atas. Setelah itu, kamu bisa mengeringkannya secara alami.

4. Hindari Memakai Pengering Rambut

Alat pengering ternyata bisa menyebabkan rambut rusak. Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah memakai pengering yang panas dan gunakan saja pengering alami alias membiarkannya terkena angon. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan diffuser untuk meminimalkan rambut keriting dan membuatnya terlihat lebih bervolume. Jika menggunakan diffuser, kamu bisa memulainya dari akar rambut dengan menggunakan gerakan melingkar.

5. Mencuci Rambut dengan Hair Oil

Rambut kusut disebabkan oleh kondisi kering. Ini tidak akan terjadi jika rambutmu lembap. Bersihkan rambut dengan hair oil. Gunakan setelah memakai sampo dan conditioner. Setelah beberapa saat, bilas dengan air bersih.

6. Memilih Gaya Rambut yang Tepat

Usahakan untuk memilih gaya rambut yang dapat mempertahankan posisi rambutmu. Cara ini bisa menjadi pencegah timbulnya rambut kusut. Cobalah berbagai gaya rambut dan temukan satu yang paling disukai. Sisir rambut dan terapkan gaya favoritmu agar tidak mudah kusut.

Baca Juga: 6 Penyebab Rambut Rontok pada Wanita yang Harus Kamu Tahu

Itulah beberapa cara mencegah rambut keriting agar tidak kusut atau rapuh. Selain itu, ketika hendak tidur, sebaiknya ikat atau membalutnya menggunakan scarf. Jangan lupa gunakan bantal berbahan lembut untuk mempertahankan kelembapan rambutmu, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.