Minyak Dzarirah, Obat Jerawat yang Dipakai oleh Istri Rasulullah

Minyak Dzarirah, Obat Jerawat yang Dipakai oleh Istri Rasulullah
hijab.dream.co.id

Seruni.id – Jerawat yang muncul pada wajah sangat menjengkelkan, bukan hanya itu saja, tapi juga bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Beragam cara mungkin sudah dilakukan, namun jerawat terkadang sulit untuk dihilangkan.

Minyak Dzarirah, Obat Jerawat yang Dipakai oleh Istri Rasulullah
kurdish.dandook.com

Ternyata hal ini juga pernah dialami oleh salah satu istri Rasulullah SAW, loh. Beliau juga pernah merasakn hal serupa. Bahkan, dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim diriwayatkan, Siti Aisyah menceritakan dirinya memegang minyak wangi dzarirah, kemudian membubuhi minyak tersebut kepada Rasulullah.

Peristiwa tersebut terjadi pada hajjatul wada (haji perpisahan) untuk melakukan tahallul (mencukur rambut) dan ihram.

“Saya meminyaki Rasulullah SAW dengan tanganku dengan menggunakan Dzarirah (arum) pada haji wada selam ihram,” dikutip dari buku pintar kedokteran nabi karya Ibnu Qayyin al-jauziyah hal 152, terbitan PT Fathan Prima Media.

Berdasarkan hadits di atas, maka mengobati jerawat pada wajah bisa dengan mengoleskan minyak wangi dzarirah. Rasulullah SAW memang tidak menyebutkan bentuk jerawatnya secara spesifik.

Namun, banyak yang meyakini, bahwa minyak wangi dzarirah memang dapat mengatasi segala jenis penyakit jerawat.

Dzarirah yang merupakan obat India yang terbuat dari batang pohon arum ini, terdapat kandungan etanol di dalamnya. Diketahui memiliki manfaat seperti alkohol yaitu dapat melakukan proses purging dan mengurangi rasa sakit akibat peradangan di kulit. Sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh jerawat.

Selain itu, minyak ini juga bersifat anti jamur dan bakteri. Jerawat yang hadir diakibatkan karena adanya bakteri bernama acne vulgaris, yang jika menempel pada kulit akan menyebabkan jerawat.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bedak yang Bagus untuk Kulit Wajah Berjerawat

Kandungan anti jamur dan bakteri yang dimiliki oleh minyak ini, mampu membunuh pertumbuhan virus tersebut. Alhasil, minyak yang dianjurkan Rasulullah ini memang cocok sekali untuk mengobati jerawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.