Muslimah Wajib Tahu, Ini Tips Memilih Kosmetik yang Halal

idntimes.com

Seruni.id – Tampil dengan cantik adalah dambaan setiap wanita, tak jarang agar dirinya terlihat lebih fresh, mereka kerap menggunakan berbagai macam kosmetik. Dari mulai lipstik, mascara, bedak, sampai eyeshadow. Namun, cantik saja tak cukup, loh. Sebab, kita harus memperhatikan kehalalan produk kecantikan yang kita pakai. Nah, kebetulan nih, Seruni ingin memberikan tips memilih kosmetik yang halal untuk wanita Muslimah. Apa saja tipsnya? Simak ulasannya berikut ini.

mediakecantikan.com

Perhatikan Kandungan yang Ada di Dalamnya

Ketika ingin memakai pun membeli kosmetik, sebaiknya lebih dulu perhatikan kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Meskipun pada dasarnya produk kecantikan dan personal care sifatnya berbeda dengan makanan, tidak masuk secara langsung ke dalam tubuh, namun kandungan yang tidak baik bagi tubuh tentunya tidak pula baik untuk wajah. Terutama produk yang langsung bekerja pada kulit dan masuk ke dalam aliran darah. Apabila produk yang kamu pakai mengandung bahan kimia berbahaya, maka bahan-bahan tersebut akan meresap ke dalam tubuh.

Utamakan Produk yang Memiliki Label Halal

Untuk memilih kosmetik yang halal, tentunya produk tersebut harus memiliki label tersebut, ya. Label halal yang terdapat pada kemasan produk kecantikan, tentu saja berasal dari sertifikasi halal dari produk LPPOM MUI (Lembaga sertifikasi halal di Indonesia). Hal tersebut membuktikan bahwa produk tersebut telah teruji oleh lembaga untuk mengetahui kandangan yang ada di dalamnya, termasuk kosmetik. Jadi, untuk mendapatkan kosmetik yang halal pastikan terdapat label ‘Halal’ di kemasannya.

Terdapat Kode BPOM yang Legal

Kosmetik yang aman dan halal tentu saja memiliki izin lembaga yang menangani kelegalan nya, yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Depkes RI. Jika suatu produk tidak memiliki kode legal tentu saja bukan kosmetik yang aman karena tidak illegal dan pastikan kode kosmetik yang anda gunakan terdaftar pada situs BPOM resmi. Jika anda ragu dengan suatu produk, lakukan pengecekan dengan memasukkan kode produk atau nama produk di http://www.pom.go.id/.

Terdapat Langkah Pemakaian yang Tepat

Memilih kosmetik yang halal, jangan lupa memilih kosmetik yang memiliki cara dan langkah pemakain tersebut. Pastikan pula, pada saat menggunakannya, kamu dapat mengikuti langkah pemakaian dengan tepat agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa Produk

Selanjutnya tips memilih kosmetik yang halal yaitu perhatikan dengan cermat tanggal kadaluwarsa produk tersebut. Hal tersebut dilakukan demi memastikan bahwa masa pakai produk pasti akan berpengaruh pada tingkat keamanan serta kualitasnya.

Produsen yang Terdaftar

Banyak sekali jenis kosmetik di pasaran yang membuat kaum hawa sering terkecoh, bahkan banyak pula produk kosmetik abal-abal yang tidak halal namun mereka mencantumkan label halal yang ternyata masih mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Kosmetik yang mengandung bahan kimia memang lebih cepat membuahkan hasil yang maksimal, salah satunya adalah kulit tampak lebih putih dalam waktu singkat bahkan tidak ada jerawat menempel sedikitpun. Namun, kamu perlu waspada, ya. Sebab, jika dipakai terus-menerus, dapat berdampak buruk dikemudian hari.

Menjadi cantik, bukan berarti kamu harus membeli kosmetik dengan harga yang mahal. Sejatinya, kosmetik adalah penunjang penampilan. Dan yang paling penting, pastikan kulit dan tubuhmu sehat, agar kosmetik yang digunakan bisa menjadi penunjang penampilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.