9 Cara Ngabuburit Seru Agar Anak Tidak Bosan Menunggu Bedug

grid.id

Seruni.id – Setelah kita bisa mengajak dan mengajarkan anak berpuasa, langkah berikutnya yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana caranya menciptakan suasana ngabuburit seru yang bisa membuat anak tidak bosan menunggu jam berbuka puasa tiba. Mau tahu? Yuk, bahas bareng Seruni!

Ibadah

Related image
muslimahzone.id

Jika anak kita belum mengenal huruf hijaiyah, menanti adzan maghrib bisa kita manfaatkan dengan mengajarkan si kecil mengaji. Lakukan setiap usai shalat ashar bersama. Tak hanya menggunakan iqro untuk anak balita, kita juga bisa memanfaatkan media yang lebih menyenangkan seperti puzzle, sehingga ibadah bersama pun bisa menjadi pilihan ngabuburit seru untuk buah hati.

Crafting

Related image
salinaspubliclibrary.org

Salah satu aktivitas menyenangkan yang menjadi cara ngabuburit seru bersama anak adalah dengan crafting. Misalnya dengan membuat jam dinding dari kertas. Untuk anak usia balita, biasanya mereka masih belum memahami konsep waktu.

Dengan membuat jam dinding dari kertas ini merupakan cara paling sederhana untuk menjelaskan konsep waktu. Pilihan lainnya, kita juga bisa mengajak anak untuk membuat celengan sedekah dari botol. Sehingga bisa mendorong anak untuk bisa menyisihkan uang jajan, yang nantinya bisa ia gunakan untuk berbagi pada sesama.

Menonton Film

Related image
scarymommy.com

Menyaksikan beberapa film yang menceritakan kisah para Nabi dan sahabatnya, juga bisa menjadi cara ngabuburit seru. Selain bisa sambil santai, si kecil juga mendapat bonus pengetahuan sejarah. Atau, kamu juga bisa mencari beragam video mengenai Ramadhan dari berbagai negara.

Olahraga

Related image
balitapedia.com

Puasa bukan berarti tidak olahraga. Olahraga tetep dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh. kita hanya perlu memilih olahraga yang ringan dan bisa dilakukan bersama si kecil sebagai cara ngabuburit seru. Contohnya, ajak buah hati kita jalan-jalan sore atau bersepeda. Karena, saat berpuasa tidak perlu olahraga yang terlalu menguras tenaga, dan lebih baik dilakukan 30 hingga 60 menit menjelang berbuka.

Membersihkan Rumah dan Mainan

Image result for Membersihkan Rumah bersama anak
fimela.com

Tidak ada salahnya jika ngabuburit seru dimanfaatkan dengan mengajak anak membersihkan rumah dan mainan bersama. Selain mengajarkan anak bertanggung jawab, inisiatif, dan mandiri, aktivitas ini juga bisa meningkatkan bonding antara kita dan buah hati. Namun, jangan lupa untuk memberikan tugas sesuai dengan usianya, ya.

Menyiapkan Sajian Buka Puasa

Image result for masak sama anak
republika.co.id

Ngabuburit bersama anak tidak ada salahnya jika dihabiskan dengan menyiapkan sajian buka puasa. Libatkan si kecil untuk membuat es buah atau menu tajil. Selain bisa meningkatkan rasa percaya diri, si kecil pun bisa lebih bersemangat saat makan, karena merasa sudah ikut menyiapkan, dan keluarga juga ikut menikmati makanan sehat yang dimasak dengan gembira.

Baca Juga: Berbuka Puasa dengan Cincau Hitam, Segar dan Menyehatkan!

Melakukan Kegiatan Sosial

Related image
abiummi.com

Salah satu kegiatan asik dan bisa mengajarkan pentingnya berbagi satu sama lain, adalah dengan mengajak anak melakukan kegiatan sosial. Caranya sederhana, cukup ajak si kecil untuk menyiapkan kurma atau makanan kecil yang dimasukan dalam plastik.

Kemudian ajak untuk memberikannya pada orang-orang sekitar yang sekiranya memang membutuhkan. Entah itu tukang ojek di dekat rumah, atau pemulung yang sedang melintas di depan mata.

Membaca

Image result for mendongengi anak
cnnindonesia.com

Membaca bisa menjadi pengisi waktu berpuasa dan pengusir rasa bosan. Ajak anak-anak ke toko buku untuk membeli buku-buku favoritnya. Entah itu novel anak, komik, cerita petualangan anak-anak, pun cerita humor yang menjadi buku pilihan mereka. Karena, dengan membaca, waktu tidak akan terasa jalan di tempat.

Mendongeng

Image result for mendongengi anak
cnnindonesia.com

Anak-anak paling suka didongengi, pasti ibu bisa melakukannya, kan? Saat menunggu waktu berbuka tiba, mendongenglah untuk mereka, pasti mereka akan antusias dan tidak tergoda untuk membatalkan puasa.

Mendongeng dengan melibatkan anak-anak dengan pertanyaan-pertanyaan dan gaya mendongeng yang menyenangkan, tentu akan membuat mereka senang. Apalagi jika dongengnya lucu, gelak tawa pun akan terdengar di dalam rumah.

Mulai hari ini, nikmati sisa Ramadhan dengan kegiatan ngabuburit seru dengan buah hati tercinta, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.