5 Penyebab Bayi Sungsang

health.detik.com

Seruni.id – Bayi sungsang menjadi salah satu kondisi yang mungkin bisa dihadapi oleh ibu hamil. Biasanya seorang ibu hamil akan merasakan masalah ini ketika kehamilan sudah masuk ke masa mendekati tanda-tanda akan melahirkan. Usia kehamilan yang semakin tua seharusnya membuat bayi berada dalam posisi siap lahir yaitu kepala berada dibawah dan tengkurap.

Posisi inilah yang membuat seorang ibu bisa menjalani persalinan normal dan resiko komplikasi yang kecil. Ada beberapa kondisi bayi sungsang yaitu bayi sungsang yang lahir dengan bagian pantat masuk panggul, bayi sungsang dengan persalinan pertama bagian kaki atau lutut. Berikut 5 penyebab bayi terlahir sungsang.

Kehamilan untuk Kesekian Kalinya

Image result for bayi sungsang
cantik.tempo.co

Bayi sungsang bisa disebabkan karena kondisi rahim yang begitu elastis sehingga setiap kali bergerak, posisi bayi bisa jadi sangat berputar. Kondisi rahim yang begitu elastis ini biasanya disebabkan karena Anda sudah mengalami kehamilan berulang atau untuk kesekian kalinya.

Bentuk Rahim yang Kurang Sempurna

Image result for Bentuk Rahim yang Kurang Sempurna
merdeka.com

Kondisi bayi yang sungsang bisa juga disebabkan karena Anda memiliki bentuk rahim yang kurang sempurna. Konsisi ini basanya dialami oleh ibu hamil yang memiliki bentuk rahim sempit ataupun memiliki kelainan rahim yang disebabkan oleh beberapa kondisi seperti cedera ataupun trauma kecelakaan.

Air Ketuban yang Terlalu Banyak atau Sedikit

Image result for Air Ketuban yang Terlalu Banyak atau Sedikit
aladokter.com

Volume air ketuban rupanya juga mempengaruhi posisi bayi dalam kandungan. Volume air ketuban yang terlalu banyak atau terlalu sedikit terbilang berisiko menyebabkan bayi terlahir sungsang. Saat volume air ketuban terlalu banyak misalnya, ruang bayi untuk bergerak akan semakin leluasa. Keleluasaan ini bisa menyebabkan posisi bayi menjadi sungsang. Terlalu sedikit pun serupa. Bayi menjadi tidak bebas untuk bergerak dan posisi bayi sungsang pun akhirnya bisa saja terjadi.

Panggul Terlalu Sempit

Image result for Panggul Terlalu Sempit
ibudanmama.com

Bagi Anda yang memiliki bentuk panggul yang kecil atau sempit kemungkinan bayi mengalami sungsang bisa saja terjadi. Sebab kondisi panggul yang sempit bisa menyebabkan kepala bayi sulit untuk berada di jalan lahir begitu mendekati waktu melahirkan.

Mengandung Bayi Kembar

Image result for Mengandung Bayi Kembar
jadisehat.com

Posisi bayi yang sungsang juga bisa terjadi karena Anda sedang mengandung bayi kembar. Karena ada lebih dari satu janin dalam kandungan, maka si kecil harus rela berbagi tempat dengan kembarannya untuk bergerak. Dengan begitu, ruang gerak bayi menjadi lebih terbatas. Posisi bayi pun akhrinya menjadi sungsang.

Baca Juga: Mau Dapat Anak Kembar? Ikuti Cara membuat anak kembar Ini

Itulah 5 penyebab bayi sungsang yang mungkin terjadi pada ibu hamil. Perhatikan jika ada tanda-tandanya ya, Moms.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.