Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

riauaktual.com

Seruni.id – Orang yang ada pada zaman sekarang lebih rentan terkena penyakit dibandingkan dengan orang dulu, mereka terlihat lebih sehat. Hal itu dikarenakan mereka selalu menjalani pola hidup dengan baik. Untuk mendapatkan tubuh sehat seperti orang dulu, ada beberapa hal yang harus dirubah. Tak perlu jauh-jauh mencari contoh hidup sehat. Mengapa tak mencoba hijrah pada kebiasaan sehat dengan menirukan pola hidup sehat ala Rasulullah SAW? Berikut beberapa kebiasaan sehat Rasulullah SAW yang patut kita teladani.

[read more]

 

Bangun Pagi

Hasil gambar untuk bangun pagi
islampos.com

Pola hidup sehat ala Rasulullah dimulai dari bangun pagi. Nabi Muhammad setiap harinya selalu tidur malam lebih awal, dan bangun menjelang adzan subuh berkumandang. Secara ilmilah, bangun pagi berkaitan dengan produktivitas yang lebih baik. Selain itu, bangun pagi bermanfaat bagi kesehatan mental yang lebih baik. Mungkin untuk sebagian orang, bangun pagi sangat sulit untuk dilakukan. Namun, mulai saat ini cobalah bangun pagi secara perlahan demi memperbaiki kualitas hidup kamu.

Membaca Alquran

Hasil gambar untuk Membaca Alquran
wajibbaca.com

Membaca Alquran tidak hanya dapat membuat tubuh sehat, tetapi juga membuat hati menjadi tenang. Menurut riwayat Bukhari dan Muslim, ketika beliau mengeluhkan sakit, beliau membaca ayat-ayat perlindungan kemudian meniupkan pada yang sakit. Ketika penyakitnya semakin parah, maka oleh Aisyah yang membacakannya lalu diusapkan pada beliau.

Beberapa riwayat lain dalam Bukhari juga menyebutkan, ada orang yang tersengat bisa ular dan lain sebagainya dapat disembuhkan dengan ruqyah yang berisi bacaan Alquran dan doa. Ini tidak mengherankan, karena Alquran sendiri adalah obat. Jadi, bacaan Alquran itu sangat menyehatkan, tetapi dengan catatan harus diniatkan hanya karena Allah SWT saja.

Berpuasa

Hasil gambar untuk Berpuasa
okezone.lifestyle.com

Pola hidup sehat ala Rasulullah selanjutnya yaitu adalah berpuasa. Beliau berpuasa setiap hari Senin dan Kamis, dan tak lupa menjalankan puasa sunnah lainnya. Saat ini, sudah banyak yang mengakui dampak positif berpuasa. Dengan tidak mengonsumsi apapun selama satu hari, organ pencernaan memiliki waktu untuk memperbaiki sel-selnya yang rusak, sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Olahraga

Hasil gambar untuk muslimah bangun pagi
ayohaji.com

Rasulullah telah menganjuran kita untuk rajin berolahraga untuk menjaga kesegaran jasmani kita, karena dengan olahraga secara rutin, akan menunjang perkembangan jiwa, meningkatkan keterampilan dan pertumbuhan badan. Selain untuk menjaga stamina, olahraga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit. Bisa melakukan jalan kaki dengan jarak pendek seperti yang Rasulullah lakukan ketika hendak pergi ke masjid.

Bahkan, beliau pernah berjalan kaki mengunjungi makan pahlawan di Baqi sekitar tiga kilometer dari pusat kota Madinah, baik pada waktu terik matahari maupun malam. Beliau tidak suka hidup manja. Sebab ketika berjalan kaki keringat mengalir di sekujur badan, pori-pori kulit terbuka dan peredaran darah berjalan nomal sehingga terhindar dari penyakit jantung. Ingatlah bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Makan Secukupnya

Hasil gambar untuk makan secukupnya ala rasulullah
ldiikendari.blogspot.com

Nabi Muhammad SAW selalu menerapkan pola makan yang seimbang, yakni 1/3 untuk makan, 1/3 untuk air, dan 1/3 lagi untuk udara. Pola makan yang dipraktikan Nabi Muhammad terbukti secara ilmiah dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Adzab makan ala Rasulullah ini ternyata sesuai dengan konsep makan ala ‘hara hachi bu’ jepang. Konsep tersebut menyebutkan agar makan hanya sampai 80 persen merasa kenyang. Artinya tidak makan berlebihan hingga kekenyangan.

Tidak Minum dalam Sekali Habis

Hasil gambar untuk muslimah bangun pagi
ruangmuslimah.co

Setiap kali Rasulullah minum, beliau tidak langsung menghabiskan airnya, tetapi beliau meminum dalam dua atau tiga kali napas. Dalam ilmu pengetahuan pun telah membuktikan, bahwa ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat, mereka bisa mengalami pusing atau sakit kepala. Hal itu diakibatkan karena ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam darah. Minum secara perlahan membantu anda menyerap cairan dan mendapatkan manfaat paling banyak.

Mengonsumsi Buah Kurma

Hasil gambar untuk mengonsumsi kurma
hellosehat.com

Buah kurma biasanya dihidangkan untuk berbuka puasa. Buah ini sudah terbukti memiliki kandungan yang dapat menstabilkan kadar gula darah, menyeimbangkan kadar elektrolit darah, serta membantu memulai sistem pencernaan saat persiapan memproses makanan. Bahkan, Nabi Muhammad pun menganjurkan untuk mengonsumsi buah kurma menjelang kelahiran. Karena kurma terbukti dapat meningkatkan produksi oksitosin di dalam tubuh dan mempercepat persalinan.

Bersiwak

Hasil gambar untuk Bersiwak
dream.co.id

Rasulullah SAW diketahui merawat kesehatan gigi dan mulutnya dengan cara bersiwak. Hal ini diketahui dari sebuah hadist riwayat Bukhari yang berbunyi,

“Siwak membersihkan gigi dan ini menyenangkan Allah. Setiap kali Jibril mengunjungiku, dia menyuruhku menggunakan siwak, hingga aku pun khawatir bahwa menggunakan siwak diwajibkan. Seandainya tidak khawatir akan membebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Untuk memulai hidup sehat ternyata tidaklah sulit, kita hanya perlu mengikuti apa yang telah disunnahkan, maka insya Allah hidup kita akan sehat jasmani dan rohani. Sudah siapah kita untuk memulai pola hidup sehat ala Rasulullah?

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.