10 Profesi Tertua di Dunia dan Masih Bertahan Sampai Sekarang

  • Bagikan
10 Profesi Tertua di Dunia dan Masih Bertahan Sampai Sekarang
gokampus.com

Seruni.id – Waktu yang terus bergulir, membuat segala jenis pekerjaan di dunia ini terus berevolusi. Sebanyak apapun pekerjaan baru yang bermunculan, tetap saja tidak bisa menghantam keberadaan beberapa profesi tertua di dunia ini. Buktinya, meski sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun, sejumlah profesi tertua di dunia berikut ini masih ada dan bertahan sampai sekarang. Mungkin di antara pekerjaan ini, salah satunya sedang kamu jalani. Apa saja sih profesi tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.

10 Profesi Tertua di Dunia dan Masih Bertahan Sampai Sekarang
gokampus.com

 

1. Petani

Tahukah kamu? Pada ratusan tahun silam, manusia sering kali berburu hewan demi bisa bertahan hidup. Namun, kebiasaan itu kian berubah tatkala nenek moyang kita mulai mengumpulkan biji-bijian, tepatnya sekitar 20 ribu tahun yang lalu. Kendati demikian, pertanian sederhana baru dimulai pada 12 ribu hingga 13 ribu tahun yang lalu di Mesapotamia.

Awalnya mereka hanya menanam gandum, kemudian merambat ke jenis tanaman lain. Berangkat dari sana, orang-orang yang tadinya berprofesi sebagai pemburu, kini beralih sebagai petani. Jadi, bisa dibilang, petani merupakan salah satu profesi tertua di dunia ini.

 

2. Tukang Bangunan

Selain petani, tukang bangunan juga menjadi salah satu profesi tertua di dunia, loh. Pekerjaan ini berawal ketika orang-orang hidup dengan berpindah-pindah dari satu wilayah ke wilayah lainnya yang memiliki populasi hewan liar lebih tinggi. Namun, setelah bidang pertanian mulai berkembang di Mesapotamia, orang-orang kemudian memutuskan untuk menetap dan membangun rumah permanen.

Meski awalnya mereka harus mengerjakannya sendiri dengan bahan-bahan seadanya. Seperti kayu, lumpur, dan ranting. Namun, lambat-laun mereka menginginkan rumah yang lebih baik, sehingga muncul profesi tukang bangunan di Mesapotamia sebelum akhirnya menyebar ke penjuru dunia.

 

3. Dokter

Dokter tergolong sebagai profesi tertua di dunia yang sudah ada sejak 400 SM. Namun, profesi ini dilakukan dengan alat dan sumber daya alam yang seadanya. Tidak seperti sekarang yang dilengkapi dengan peralatan canggih. Pada zaman dahulu, para dokter menghasilkan segudang ilmu pengetahuan kedokteran yang masih dipakai dan terus diperbarui sampai saat ini.

Sejumlah pengobatan tradisional yang masih ada saat ini, beberapa di antaranya mengambil ilmu dari pengetahuan zaman dahulu. Walaupun dokter menjadi profesi tertua di dunia, tapi pekerjaan ini banyak dicita-citakan oleh generasi muda di seluruh dunia.

 

4. Guru

Kita bisa mengetahui berbagai macam ilmu berkat peran dari seorang guru. Tak heran, sejak dahulu kala, profesi ini sudah ada dan bertahan sampai sekarang. Bahkan, semakin meroketnya jumlah populasi di dunia ini, semakin meningkat pula jumlah guru yang dibutuhkan. Pekerjaan ini pertama kali muncul pada masa Romawi dan Yunani Kuno, mereka berperan untuk mendidik orang-orang di masa itu tentang suatu pengetahuan dan keahlian khusus.

Dari masa ke masa, tidak ada yang berubah dari peran guru. Peran mereka sangat dibutuhkan demi membangun generasi yang berpendidikan dan berbudi pekerti. Itulah mengapa guru disebut sebagai profesi yang paling mulia. Tak heran jika banyak orang banyak bercita-cita ingin menjadi seorang guru.

 

5. Musisi

Ternyata, musisi juga termasuk sebagai profesi tertua di dunia, loh. Sejak zaman dahulu, profesi ini digandrungi oleh banyak orang. Bahkan, mereka rela menghabiskan waktu untuk belajar dan berlatih demi mewujudkan mimpinya itu.

Penemuan alat musik tertua di dunia, yaitu seruling geisenklösterle yang diperkirakan sudah ada sejak 40.000 tahun lalu mendukung pernyataan bahwa musisi adalah profesi tua. Beberapa musik prasejarah juga pernah ditemukan di daratan China dengan usia 7000-8000 tahun SM.

 

6. Penjahit

Selain beberapa profesi di atas, penjahit juga merupakan pekerjaan pertama yang muncul sekaligus juga menjadi yang tertua di dunia. Para peneliti meyakini bahwa, manusia mulai berpakaian pada 100-500 ribu tahun yang lalu. Pakaian yang mereka kenakan tidak seperti sekarang, hanya berupa kain yang mereka lilitkan ke tubuhnya.

Kemudian, pakaian utuh baru muncul antara 41 ribu hingga 60 ribu tahun yang lalu di sekitar wilayah Afrika. Ribuan tahun yang lalu, pakaian tidak hanya digunakan sebagai penutup tubuh saja. Tapi juga menjadi simbol status sosial seseorang. Semakin mewah pakaiannya, maka semakin tinggu pula statusnya.

 

7. Pelukis

Sama seperti musisi, pelukis yang juga termasuk ke dalam profesi seniman ini, menjadi yang tertua di dunia. Keberadaannya diketahui sejak 50 ribu tahun silam. Dahulu, mereka hanya mengandalkan dinding sebagai media untuk melukis. Bahkan, lukisan tertua ada di Indonesia, tepatnya di daerah Kalimantan. Seiring perkembangan zaman, muncullah beberapa pelukis legendaris seperti Leonardo da Vinci, Pablo Picasso, Vincent Van Gogh, dan masih banyak lagi.

 

8. Arsitek

Profesi tertua yang satu ini, masih ada sampai sekarang. Bahkan, keberadaannya sering kali dijadikan sebagai cita-cita oleh banyak ornag. Perlu kamu ketahui, bahwa pekerjaan ini pertama kali ada pada zaman purba, di mana pada awalnya mereka hanya membangun rumah dari goa. Hidup manusia purba pada masa itu yang nomaden, membuat mereka harus terus menerus membangun rumah barunya.

Pada awalnya, mereka membangun rumahnya sendiri-sendiri menggunakan lumpur. Namun, lambat laun mereka bergotong royong untuk membangun rumah mereka. Penemuan bangunan prasejarah seperti Taj Mahal dan piramid juga membuktikan bahwa profesi arsitek merupakan profesi tua yang sudah ada sejak zaman dahulu.

 

9. Pembuat Roti

Roti sudah ada sejak 30 ribu tahun silam, sehingga membuat profesi baker menjadi salah satu profesi tertua di dunia, yang masih bertahan sampai saat ini. Profesi ini pertama kali ditemukan pada masa Mesir Kuno dan terus berkembang hingga masa Romawi.

Pembuatan roti pada masa itu juga cukup sederhana. Mereka hanya menggunakan tepung yang kemudian membakarnya di atas batu. Lalu, masyarakat bangsa Galia dan Iberia memproduksi rotinya sendiri dengan menggunakan bir diskim sebagai ragi.

 

10. Penulis

Sejak 200 ribu tahun yang lalu, orang-orang pada zaman dahulu tak sedikit yang berprofesi sebagai penulis. Pada masa purba, mereka kerap kali menceritakan tentang kejadian tertentu dalam bentuk tulisan. Hal ini dapat kita lihat pada temuan-temuan purba yang berbentuk tulisan di dinding dan batu.

Baca Juga: 13 Daftar Pekerjaan “Terburuk”di Dunia dengan Gaji Fantastis!

Itulah 10 profesi tertua di dunia yang masih ada sampai sekarang. Apakah salah satunya ada yang kamu jalani saat ini?

  • Bagikan