Profil Bilqis Prasista, Pebulu Tangkis yang Berhasil Kalahkan Peringkat Satu Dunia

  • Bagikan
Profil Bilqis Prasista, Pebulu Tangkis yang Berhasil Kalahkan Peringkat Satu Dunia
medcom.id

Seruni.id – Nama Bilqis Prasista mendadak menjadi buah bibir publik. Hal ini lantaran dirinya berhasil menorehkan prestasi baru bagi Idonesia usai masuk ke dalam peringkat 333 dunia dan mengalahkan Akane Yamaguchi, yakni peringkat 1 dunia pada Rabu (11/5/22) di Bangkok, Thailand.

Profil Bilqis Prasista, Pebulu Tangkis yang Berhasil Kalahkan Peringkat Satu Dunia
suara.com

Sebelumnya, gadis belia kehalihan 2003 itu, telah menyumbang poin dan membantu Indonesia meraih dua kemenangan 5-0 atas Jerman dan Perancis, di mana laga tersebut berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Atas prestasi yang ditorehkannya untuk Indonesia, tak heran jika ia menjadi inspirasi bagi para remaja. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang Bilqis Prasista, berikut Seruni akan merangkum profil dan perjalanan kariernya di dunia olahraga.

 

Putri dari Legenda Bulutangkis

Lahir di Magelang, 24 Mei 2003 silam, Bilqis adalah salah satu atlet muda dengan semangat yang membara. Bakat yang dimiliki gadis 19 tahun itu, rupanya diturunkan dari sang ayah, Joko Suprianto, yang juga salah satu legenda bulutangkis di era 90-an.

Sang ayah juga pernah mengharumkan nama Indonesia. Bermain di sektor tunggal putra, Joko Supiranto diketahui pernah menjuarai Thomas Cup sebanyak empat kali dan Juara Dunia 1993. Tak heran, jika kemampuannya dalam bulutangkis juga menurun kepada putrinya.

Ternyata bukan hanya sang ayah, ibunya juga merupakan pemain bulutangkis, loh. Zelin Resiana, juga pernah menyabet gelar juara pada ajang Piala Uber tahun 1994 dan 1996 di sektor ganda putri. Rupanya, Bilqis juga memliki saudara kembar yang juga turun sebagai atlet, yakni Bilqis Pratista. Namun, untuk saat ini, baru dirinya saja yang berkesempatan masuk Pelatnas PBSI.

 

Berhasil Menaklukan Peringkat 1 Dunia

Sebagai peringkat 333 dunia, Bilqis Prasista berhasil menorehkan sejarah baru. Di mana dirinya mampu menaklukan peringkat 1 dunia, yakni Akane Yamaguchi, dalam dua set di ajang TotalEnergies BWF Thomas and Uber Cup Finals 2022 pada Rabu (11/5/2022) kemarin.

Meskipun usianya masih sangat muda, tapi ia telah berhasil membuktikan pada dunia bahwa dirinya bisa mengalahkan peringkat 1 dunia asal Jepang dengan perminan memukaunya. Dengan perolehan skir 21-19, 21-19.

Kemenangannya dalam melawan Akane rupanya mendapat banyak perhatian dari para pencinta bulutangkis dunia. Bahkan, banyak warganet yang menilai bahwa permainan teknis dan mental luar biasa Bilqis di usia mudanya itu patut diapresiasi.

 

Pesan Orangtua Bilqis Sebelum Bertanding

Menyambut kemenangan tersebut, Bilqis Prasista mengaku bahwa sebelum bertanding dirinya mendapatkan pesan menyentuh dari orangtuanya. Keduanya berperan agar Bilqis selalu yakin dan jangan takut jika bertemu dengan siapa saja. Sebab, bagi mereka, tidak ada yang tidak mungkin sepanjang dirinya mau berusaha dan yakin mampu.

Berkat pesan tersebut, ia pun mampu melalui permainannya dengan baik hingga berhasil menglahkan juara dunia asal jepang. Dengan kemenangan yang diperolehnya, ia berharap hal tersebut dapat memicu semangat dan keyakinan Tim Uber Indonesia untuk terus menyumabng angka bagi Indonesia.

Baca Juga: 5 Fakta Windy Cantika, Atlet Angkat Besi Peraih Medali Pertama RI di Olimpiade 2020

Semoga kemenangan yang diraih Bilqis Prasista dalam menaklukan Akane Yamaguchi ini dapat menjadi inspirasi bagi remaja Indonesia untuk selalu berusaha dan yakin akan kemampuan diri.

  • Bagikan