Redakan Cemas dan Stres dengan 5 Jenis Olahraga Ini

Redakan Cemas dan Stres dengan 5 Jenis Olahraga Ini
my-best.id

Seruni.id – Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, tapi juga untuk kesehatan mental. Seperti meredakan cemas dan stres. Perasaan tersebut bisa muncul karena adanya tekanan, himpitan, serta faktor lainnya. Dengan berolahraga, akan membantu tubuh beradaptasi. Sehingga tubuh mamapu menganangi stres yang tengah dihadapi. Akan tetapi, jika olahraga yang dilakukan terlalu berlebihan, justru akan berdampak sebaliknya.

Untuk itu, penting unutk mengetahui jenis olahraga apa yang cocok untuk mengatasi perasaan cemas dan stres. Durasi yang cukup serta gerakan olahraga yang benar akan memberikan efek yang sesuai dan menyehatkan. Jadi, olahraga seperti apa yang baik untuk redakan cemas dan stres?

1. Berenang

Redakan Cemas dan Stres dengan 5 Jenis Olahraga Ini
muslim.okezone.com

Olahraga yang pertama adalah berenang. Dengan berenang, stres dan cemas yang kamu alami akan bisa teratasi dengan cepat. Karena salah satu olahraga air ini, sangat menyenangkan. Apalagi, berenang merupakan jenis olahraga yang minim membuat fisik trauma. Jadi, ketika kamu merasa cemas ataupun stres, berenang bisa menjadi alternatif untuk meredakannya.

2. Berjalan Santai

Redakan Cemas dan Stres dengan 5 Jenis Olahraga Ini
islampos.com

Salah satu olahraga terbaik untuk kesehatan, adalah berjalan santai. Mulai dari membakar kalori, mengurangi keinginan, makanan, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, jika kita melakukan aktivitas ini selama lima menit per harinya, maka akan membantu hidup lebih lama.

Selain itu, dengan berjalan santai, mood yang sebelumnya berantakan, akan kembali normal. Dalam sebuah studi yang dirilis dalam Journal of Psychiatry & Neuroscience, para peneliti menemukan bukti bahwa olahraga dapat bekerja mirip dengan antidepresan, dapat mengurangi gangguan depresi mayor dengan mempromosikan pertumbuhan neuron baru di otak.

3. Meditasi

Redakan Cemas dan Stres dengan 5 Jenis Olahraga Ini
topgambar10.blogspot.com

Olahraga yang mampu meredakan cemas dan stres berikutnya adalah bermeditasi. Jika kamu sedang merasakan keduanya, carilah tempat yang menurutmu nyaman, udara yang segar, serta suara yang tenang, lalu bermeditasilah.

Hal ini dilakukan untuk mengembalikan fokus serta perasaan yang mungkin tidak karuan akibat guncangan tertentu. Meski kita tak merasa terguncang, namun tak jarang kita kehilangan fokus. Untuk waktunya, meditasi bisa dilakukan pagi dan malam hari selama satu minggu, guna memelihara pikiran dan perasaan yang rapuh.

4. Yoga

Redakan Cemas dan Stres dengan 5 Jenis Olahraga Ini
kostumolahragaku,wordpress.com

Selain olahraga yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa melakukan yoga ketika merasa cemas maupun stres. Geraknnya tak hanya untuk melatih fisik saja, namun juga pikiran dan pernapasan. Yoga membutuhkan sinkronasi pada tiga hal tersebut. Sehingga, bukan hanya fisik saja yang harus diolah, namun juga mental. Jadi, tak heran, jika mereka yang telah melakukan yoga merasakan perasaan yang lega dan fisik terasa lebih segar.

5. Mendaki

Redakan Cemas dan Stres dengan 5 Jenis Olahraga Ini
klikhijau.com

Guna memaksimalkan manfaat kesehatan mental, luangkanlah waktu untuk sekadar pergi ke alam. Sebab, alam memiliki efek menenangkan pikiran serta meredakan cemas berlebih. Dalam studi yang dilakukan 2009 silam, yang dirilis oleh Environmental Health and Preventive Medicine, peneliti Jepang mengirim peserta ke daerah berhutan maupun perkotaan. Mereka menemukan, bahwa peserta yang telah menjalani 20 menit “mandi hutan” atau berjalan di dalam hutan, memiliki kadar hormon stres yang lebih rendah ketimbang peserta yang berada di kota.

Baca Juga: Malas Olahraga di Luar? Ini 8 Jenis Workout yang Cocok untuk Kaum Rebahan!

Semua orang tentu pernah merasakan yang namanya cemas dan stres. Namun, masing-masing dari mereka memiliki cara yang berbeda untuk meredakannya. Nah, jika kamu berhasil meredakan stres dengan metode yang telah disebutkan di atas, jangan lupa untuk membagikan kepada teman lain yang membutuhkan, ya. Meskipun sepele, namun hal ini bisa memberikan dampak yang besar bagi mereka yang merasakan cemas dan stres berlebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.