Salat Taubat: Pengertian, Niat, Tata Cara, dan Manfaat

  • Bagikan
Salat Taubat: Pengertian, Niat, Tata Cara, dan Manfaat

Seruni.id – Manusia tak pernah luput dari salah dan dosa. Maka dari itu, kita perlu memohon ampun kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan melakukan salat taubat. Meski Allah Maha Pengampun dan menerima taubat setiap hambanya, tapi ketika telah melakukan taubat, hendaknya kita tidak mengulangi dosa yang telah lalu, ya. Kamu bisa melakukan salat ini setiap hari untuk memohon ampunan atas segala dosa, baik yang disengaja maupun tidak. Sebelum melakukannya, simak dulu yuk pengertian salat taubat, niat, serta tata caranya berikut ini:

Pengertian Salat Taubat

Salat Taubat: Pengertian, Niat, Tata Cara, dan Manfaat
Young muslim woman in beige hijab and traditional clothes praying for Allah at home

Secara umum, kita pasti sudah tahu kalau salat taubat adalah cara untuk meraih mapunan atas dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), taubat memiliki arti sadar dan menyesal akan dosa (perbuatan yang salah atau jahat) dan berniat akan memperbaikinya. Jadi, ketika kamu menyadari bahwa kamu telah melakukan sebuah kesalahan, lakukanlah salat taubat nasuha sebagaimana yang disampaikan Allah SWT dalam surat At-Thamrin ayat 8 yang artinya,

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS. At-Thamrin ayat 8).

Dosa yang menyelimuti diri kita, tak akan luntur jika tidak melakuakn taubat dengan segera. Untuk itulah, Allah menganjurkan setiap hambanya untuk bertaubat dan memohon ampun. Terlebih, kita tidak pernah tahu kapan kita akan kembali kepada-Nya, mayoritas dari kita, pasti tidak ingin berpulang dengan dosa yang begitu banyak.

Anjuran untuk melakukan salat taubat juga tertulis dalam hadis Rasulullah shallalalhu ‘alaihi wa sallam, yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Ahmad, dan Tirmidzi yang berbunyi,

“Apabila ada orang yang melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan salat dua rakaat, dan selanjutnya dia ber-istighfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya,”

Kapan Waktu Terbaik untuk Salat Taubat?

Salat Taubat: Pengertian, Niat, Tata Cara, dan Manfaat

Hendaknya kita tidak menunda-nunda taubat, oleh karena itu, taubat harus dilakukan sesegera mungkin. Berbicara masalah waktu sholat taubat, sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Entah siang maupun malam, kecuali pada waktu yang diharamkan untuk salat. Sebagian ulama ada mengatakan, bahwa waktu sholat taubat yang utama adalah di sepertiga malam atau selama salat tahajud dilaksanakan. Adapun waktu diharamkannya salat taubat adalah sebagai berikut:

  • Ketika terbit fajar kedua hingga terbit matahari.
  • Saat matahari terbit hingga naik sepenggalah.
  • Ketika matahari persis berada di tengah-tengah hingga tampak condong.
  • Setelah salat ashar hingga matahari tenggelam.
  • Menjelang matahari tenggelam sampai tak tampak lagi.

Niat Salat Taubat

Salat Taubat: Pengertian, Niat, Tata Cara, dan Manfaat

Setiap mengawali kegiatan tentunya harus diawali dengan niat, begitupun dengan melakukan salat taubat. Adapun niat yang dapat kamu baca adalah:

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

Usalli sunnatat taubati rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahita’ala

Artinya: “Aku niat salat sunnah taubat dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala,”

Tata Cara Salat Taubat

Salat Taubat: Pengertian, Niat, Tata Cara, dan Manfaat

Sebenarnya tata cara sholat taubat ini tidak jauh berbeda dengan salat sunnah lainnya. Yakni dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Perlu kamu ingat, bahwa salat sunnah taubat ini, dilakukan dengan sendirian, bukan secara berjamaah, ya. Sebab, salat sunnah taubat merupakan ibadah nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara bersama-sama. Berikut tata caranya:

  • Membaca niat (Bisa dalam hati maupun dilafakan secara lisan)
  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa Iftitah (Sunnah)
  • Membaca surat Al-fatihah
  • Kemudian lanjutkan dengan membaca surat pendek Al-Qur’an
  • Rukuk
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Berdiri dan melanjutkan rakaat kedua (Urutan yang sama juga berlaku pada rakaat kedua dan melanjutkan dengan tasyahud akhir dan mengakhirinya dengan salam).

Doa Salat Taubat

Salat Taubat: Pengertian, Niat, Tata Cara, dan Manfaat

Usai kamu mengerjakan salat sunnah taubat sesuai dengan tata cara di atas, dianjurkan untuk memperbanyak membaca istighfar sebagai permohonan agar diberikan ampunan oleh Allah SWT. Istighfar tersebut diucapkan sebanyak 100 kali sambil merasapi artinya di dalam hati. Berikut adalah bacaan istighfar yang bisa kamu ucapkan seusai melakukan salat sunnah taubat:

“Astagfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi,”

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan berdiri sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya,”

Selesai membaca istighfar, kemudian lanjutkan dengan membaca doa setelah salat taubat, sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, berikut ini:

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala jehatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadapku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau,”

Manfaat Salat Taubat

Salat Taubat: Pengertian, Niat, Tata Cara, dan Manfaat

Salat taubat dianjurkan untuk dikerjakan setiap hari. Sebab, disengaja atau tidak, setiap hari ada saja kesalahan dan dosa yang diperbuat. Lantas, apa saja manfaat sholat taubat tiap hari?

Diampuni oleh Allah SWT

Bagi seseorang yang mengerjakan salat taubat, maka ia akan mendapatkan mengampunan dari Allah SWT, hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW yang artinya,

“Tiada seorang pun yang berdosa kemudian ia berwudhu lalu mengerjakan salat serta memohon ampun kepada Allah melainkan ia diampuni oleh-Nya.”

Akan Dicintai Allah

Setiap manusia tentu ingin dicintai oleh Allah SWT. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk selalu bertaubat, sekecil apa pun dosa yang kamu kerjaan. Dengan melaksanakan salat taubat dengan sungguh-sugguh, ia akan dicintai oleh Allah SWT. Sebagaimana penggalan ayat Al-Qur’an berikut ini:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri,” (QS. Al Baqarah: 222).

Malaikat Akan Mendoakannya

Selain dicintai oleh Allah SWT, orang yang bertaubat dan selalu memohon ampun, akan mendapatkan keistimewaan, yakni para malaikat akan mendoakannya. Hal ini sebagaimana penggalan ayat dalam Al-Qur’an berikut ini yang berbunyi,

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا

Artinya: “(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat.” (QS. Ghafir: 7)

Dimasukkan ke Dalam Surga

Allah SWT akan memasukkan mereka, orang-orang yang bertaubat, ke dalam surga. Sebagaimana firman Allah SWT pada penggalan ayat dalam Al Quran berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS. At-Tahrim: 8).

Baca Juga: Inilah 10 Tanda Allah Menerima Taubat Hambanya

Demikianlah penjelasan mengenai salat sunnah untuk bertaubat beserta niat, tata cara, doa dan manfaatnya yang dapat Seruni bagikan pada artikel kali ini. Semoga ini dapat menjadi panduan bagi kalian untuk selalu bertaubat.

  • Bagikan
seruni.id