Sering Mandi Malam Bikin Paru-paru Basah? Benarkah?

  • Bagikan
Sering Mandi Malam Bikin Paru-paru Basah? Benarkah?
ladiestory.id

Seruni.id – Punya kebiasaan mandi malam? Benarkah mandi di waktu tersebut bisa menyebabkan paru-paru basah? Cari tahu jawabannya berikut ini, yuk!

Sering Mandi Malam Bikin Paru-paru Basah? Benarkah?
hot.liputan6.com

Mandi malam sering kali dilakukan oleh banyak orang. Entah karena hanya sempat di waktu tersebut atau memang sudah menjadi kebiasaan. Mandi di malam hari memang menyegarkan, terlebih menjelang waktu tidur, akan membuat tubuh terasa nyaman dan mudah terlelap. Namun, mandi di malam hari, sering kali dikaitkan dengan penyakit paru-paru basah. Karena anggapan tersebut, membuat beberapa orang menjadi enggan melakukannya. Lantas, apakah benar dapat menyebabkan paru-paru basah? Atau hanya sekadar mitos belaka? Simak penjelasannya berikut ini:

 

Banyak yang Meyakini

Sebagian besar masyarakat percaya, bahwa mandi di malam hari dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satu dampak yang ditimbulkan adalah paru-paru basah. Anggapan tersebut beredar dari mulut ke mulut, dan juga banyak tersebar di media sosial. Karena anggapan tersebut, tak sedikit orang yang menghindari mandi malam. Padahal, informasi tersebut tidaklah benar alias hoaks.

 

Tidak Menyebabkan Paru-paru Basah

Kabar yang beredar tentang mandi malam dapat menyebabkan paru-paru basah, adalah kabar palsu alias hoaks. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan pada laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo). Sebab, pada faktanya, tidak ada bukti secara ilmiah yang menunjukkan bahwa mandi di mlam hari dapat menyebabkan paru-paru basah. Karena biasanya, penyakit yang berhubungan dengan paru-paru bisa disebabkan oleh bakteri dan virus.

 

Penyakit pada Paru-paru

Seperti yang dijelaskan pada laman AFP, penyakit yang berkaitan dengan paru-paru, misalnya pneumonia, biasanya disebabkan oleh infeksi, edema paru biasanya disebabkan oleh jantung atau gagal ginjal, atau efusi pleura biasanya disebabkan oleh penyakit jantung atau paru. Jadi, penyakit tersebut tidak ada hubungannya dengan mandi malam, ya. Hingga saat ini tidak ada penelitian yang menyebutkan mandi malam dapat menyebabkan penyakit pada paru-paru. Justru, mandi pada malam hari bermanfaat untuk memudahkan tidur.

 

Istilah Paru-paru Basah

Paru-paru basah merupakan istilah awam yang merujuk pada efusi pleura. Di mana, efusi pleura adalah kondisi pleura atau lapisan pembungkus paru-paru diisi oleh cairan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penyakit jantung, infeksi bakteri atau virus, kondisi autoimun, dan lainnya. Jadi, mandi malam bukan menjadi penyebab penyakit ini.

 

Manfaat Mandi Malam

Melansir dari laman Healthline, penelitian yang tersedia menunjukkan bahwa orang-orang memiliki preferensi yang berbeda terhadap suhu air yang mereka gunakan. Sebagian dari mereka lebih mudah tidur jika mandi dengan air dingin, tapi ada pula yang lebih menykai mandi dengan air hangat.

Secara umum, lebih banyak data yang menunjukkan mandi dengan air hangat berdampak baik terhadap kualitas tidur. Ini mungkin karena mandi dengan suhu air yang hangat membuat tubuh jadi lebih relaks. Namun, tidak ada penelitian yang membandingkan antara mandi menggunakan air hangat dan air dingin secara langsung.

Baca Juga: 

Meskipun mandi pada malam hari tidak berkaitan dengan penyakit paru-paru basah. Namun, sebaiknya kurangilah mandi pada waktu tersebut, ya. Sebab, walaupun bermanfaat, tapi jika terlalu sering, juga tidak baik untuk kesehatan.

  • Bagikan