Tahun 2050, Miliaran Manusia Diprediksi Kekurangan Air? Mulai Berhemat Yuk!

http://saratogaartsfestival.org

Seruni.id – Kita pasti berpendapat bagaimana mungkin akan terjadi kekurangan air sementara 70% bumi terdiri dari air. Namun, air yang dibutuhkan oleh manusia adalah air tawar, dimana saat ini ketersediaannya hanya 2,5% di dunia.

Dikutip dari Global Water Crisis: The Facts yang disusun oleh United Nation University, dengan proyeksi jumlah penduduk di bumi yang terus meningkat dan diperkirakan jumlahnya mencapai 9,7 miliar pada tahun 2050 maka sekitar 3,9 miliar penduduk atau 40 persennya akan mengalami kekurangan air.

Faktanya kekurangan air yang akan dihadapi tidak hanya disebabkan oleh jumlah penduduk yang semakin meningkat tetapi juga karena faktor semakin banyaknya jumlah air yang tercemar serta semakin tingginya kebutuhan air untuk industri, peternakan, dan pertanian.

Melihat tantangan terhadap ketersediaan air di masa depan, penting sekali untuk bisa menggunakan air sebijak mungkin. Bahkan tanpa disadari, mungkin kamu sering menyia-nyiakan air. Bagaimana cara bijak pemakaian air?

10 Cara Bijak Menghemat Air

Image result for 2050 akan kekurangan air
idntimes.com

Berikut ini tips hemat air bersih yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Ketika mengisi bak mandi, matikan keran sebelum bak mandi benar-benar penuh sampai mencapai bibir bak. Hindari meninggalkan keran terbuka karena hampir pasti kita akan lupa menutupnya sehingga air tumpah-tumpah terbuang.

2. Mandi dengan shower bisa menghemat air hingga 65% dibanding mandi dengan gayung atau berendam.

3. Tutup keran wastafel ketika mencuci muka, menggosok gigi, dan bercukur.

4. Gunakan mesin cuci untuk setumpuk pakaian kotor sekaligus, pilih setelan siklus tersingkat dan fitur ramah lingkungan jika tersedia. Fitur ini akan melakukan penghematan air dengan memakai air lebih sedikit tanpa memengaruhi hasil cucian. Gunakan detergen berkualitas, seperti Rinso, dan pewangi pakaian yang hanya memerlukan sekali bilas, seperti Molto yang mampu menghemat sekitar 20 liter air bersih.

5. Manfaatkan air bekas mencuci pakaian untuk membersihkan kaca jendela atau mencuci sepeda si kecil, bekas mencuci sayuran dan buah-buahan untuk menyiram tanaman, tampungan air hujan untuk mencuci kendaraan, tetesan kondensasi AC untuk mengisi setrika uap (air hasil kondensasi merupakan air murni).

6. Sebisa mungkin hindari pemakaian selang untuk berkebun dan mencuci kendaraan.

7. Pagi atau sore hari merupakan waktu yang lebih tepat untuk menyiram tanaman karena lebih banyak air terserap dan lebih sedikit yang menguap daripada siang hari.

8. Segera perbaiki pipa bocor atau keran rusak. Kebocoran berpotensi membuang percuma hingga 13 liter air per hari.

9. Gunakan air bersih yang ditampung di ember atau wastafel untuk langkah awal mencuci piring dan peralatan masak. Kamu baru membutuhkan air mengalir ketika membilas. Mesin cuci piring mampu menghemat lebih banyak air.

10. Pasang sambungan penghemat air pada ujung keran wastafel dan pancuran mandi. Sambungan semacam ini mampu membantu kamu hemat air bersih hingga 50%.

Baca Juga: 27 Manfaat Air Hujan yang Baik Bagi Kehidupan Alam Raya

Banyak poin yang harus dilakukan untuk menggunakan air secara bijak. Tetapi perjuangan kamu tidak sia-sia kok, karena dengan kamu berhemat saat ini sama halnya kamu sedang menabung air untuk anak cucumu kelak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.