Tanpa ART Saat Lebaran, Siapa Takut?

Seruni.id – Saat hari raya tiba, maka derita bagi para ibu biasanya adalah mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang bejibun plus mengurus anak sendirian karena ditinggal mudik para asisten. Sebelum pusing melanda akibat ditinggal ART, yuk simak tips berikut supaya kita tetap bisa survive dan happy.

Rendahkan ekspektasi

Tidak perlu keukeuh baju harus dicuci semua setiap hari, mengepel dan beberes rumah setiap hari, namun kerjakan saja semampu kita. Tidak semua baju harus disetrika. Pakaian di rumah, jelas enggak perlu. Setrika pakaian yang akan dipakai saja. Sisanya? Menunggu ART pulang atau laundry dekat rumah beroperasi kembali.

Pilih masakan yang simpel tapi bisa disimpan dalam waktu lama. Misalnya, ayam goreng dibekukan dulu setengah matang, jadi kalau mau makan tinggal goreng, deh.

Gunakan 1 gelas untuk masing-masing anggota keluarga. Jadi selama seharian masing-masing anggota keluarga hanya menggunakan satu gelas saja.

Gunakan air minum kemasan gelas saat tamu bertandang.

Gelar karpet untuk mengurangi keharusan mengepel lantai.

Delegasi

Delegasi memang susah apalagi untuk orang-orang yang punya trust issues. Tapi cobalah percayakan anak pada orang agar kita bisa me time sejenak. Sekadar mandi agak lama atau maskeran saat anak main bersama tantenya itu tidak masalah kok.

Koordinasi dengan suami juga harus dimaksimalkan ya karena kadang suami-suami ini kan kurang peka kalau tidak diminta bantuan langsung. Sebetulnya mau banget bantu, tapi bingung sendiri bantu apa kalau kita nggak jelaskan. Jadi pastikan komunikasi lancar sebelum ngomel yaaa. ?

Siapkan Amunisi

Saldo Go-Pay sebanyak mungkin untuk Go-Food, kuota internet sebanyak mungkin untuk movie time, cemilan favorit, kopi andalan, dan vitamin jangan lupa disiapkan.

Kerjakan Hal yang Prioritas

Kamar mandi adalah representasi dari kebersihan sebuah  rumah. Nah, bersihkan kamar mandi utama. Jangan sampai saat ada tamu datang ke rumah lalu mampir ke kamar mandi, ternyata kamar mandi kita kotor.

Jangan menumpuk piring kotor di dapur. Setelah menggunakan piring atau gelas, langsung cuci. Makin menumpuk, semakin malas dan terasa berat. Selain itu juga tumpukan piring kotor bisa menimbulkan bau tak sedap.

Lantai yang perlu dipel hanya ruangan yang paling sering digunakan beraktivitas, seperti ruang keluarga, ruang tamu (kalau memang banyak tamu yang datang), dan dapur.

Nah, semoga tips di atas bisa membuat kita tetap bahagia walaupun lebaran tanpa ART ya, selamat mencoba!

-dari berbagai sumber-

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.