Tips Agar Pemakaian Kulkas Hemat Listrik

Tips Agar Pemakaian Kulkas Hemat Listrik

Seruni.id – Gimana sih caranya agar pemakaian kulkas hemat listrik, meski beroperasi selama 24 jam penuh setiap harinya? Hal ini memang tampak mustahil, tapi ternyata ada loh caranya untuk membuat kulkas lebih hemat.

Tips Agar Pemakaian Kulkas Hemat Listrik

Kamu perlu membiasakan beberapa hal ini agar tagihan listik bulanan tidak membengkak akibat penggunaan kulkas. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips agar kulks lebih hemat listrik:

1. Selalu Tutup Pintu Kulkas dengan Rapat

Banyak yang bertanya, bagaimana cara menggunakan mesin kulkas yang benar agar hemat energi? Sebenarnya caranya sangatlah mudah, tapi kita sering tidak menyadarinya. Sebagian besar konsumsi listrik kulkas digunakan menjaga suhu kulkas agar tetap dingin. Konsumsi listrik akan semakin besar ketika terdapat kebocoran udara yang menganggu suhunya.

Kebocoran udaranya tersebut biasanya terdapat pada celah pintu yang tidak tertutup rapat. Dari sanalah, udara hangat dari luar masuk ke dalam. Sehingga kulkas membutuhkan lebih banyak listrik untuk melawan udara hangat tersebut. Oleh karena itu, kalau kamu ingin kulkas hemat listrik, selalu pastikan pintu kulkas sudah tertutup dengan rapat, ya.

2. Beri Jarak Antara Kulkas dengan Tembok dan Sekitarnya

Biasanya penyebab kulkas boros listrik adalah tidak adanya jarak antara tembok dengan kulkas. Jika kamu ingin kulkas hemat listrik, maka berilah jarak minimal 10-15 cm dengan tembok dan sekitarnya 30 cm dengan langit-langit. Selain lebih hemat energi, dengan memberi jarak, nantinya kulkas tidak cepat panas dan beban kerjanya menjadi lebih ringan, sehingga energi yang diiperlukan tidak terlalu banyak.

3. Jangan Masukkan Makanan Hangat

Cara menggunakan kulkas yang benar agar hemat energi adalah dengan tidak memasukkan makanan hangat atau panas ke dalamnya. Sebab, makanan hangat atau panas yang masuk ke dalam kulkas dapat membuat suhu bagian dalam ikut naik. Jika tidak menghentikan kebiasaan ini, maka akan membuat lemari pendingan membutuhkan daya lebih untuk mengembalikan suhu. Jadi, sebelum memasukkan makanan ke dalam kulkas, ada baiknya menunggu sampai makanan tersebut pada suhu normal.

4. Gunakan Kulkas Sesuai Kapasitasnya

Agar kulkas hemat listrik, gunakanlah lemari pendingin tersebut sesuai dengan kapasitasnya. Karena ketika memasukkan makanan ke dalamnya, tapi melebihi kapasitas, tanpa kamu sadari hal ini hanya akan membuat konsumsi listrik lebih boros. Ruang gerak yang sempit membuat udara dalam kulkas tidak bisa bergerak bebeas. Kulkas pun harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu setiap bagiannya. Coba saja bandingkan suhu kulkas saat ia kosong dan penuh, pastinya sangat berbeda.

5. Atur Temperatur Kulkas Secara Rutin

Umumnya kulkas sudah dilengkapi dengan pengatur temperatur untuk mengatur suhu. Tahukah kamu? Ternyata mengatur temperatur suhu secara berkala akan memengaruhi konsumsi listrik, loh. Cara mengatur suhu kulkas agar hemat listrik sangatlah mudah, kok. Pastikan temperatur suhu tidak terlalu dingin atau panas. Jika terlalu dingin, maka kulkas akan membutuhkan listrik lebih banyak. Sedangkan kalau terlalu panas, bahan makanan yang kamu simpan menjadi lebih mudah basi.

6. Bersihkan Kulkas Secara Rutin

Membersihkan kulkas secara rutin menjadi salah satu cara menghemat listrik kulkas 1 pintu pun lebih. Karena kulkas adalah benda yang rentan kotor, maka kamu harus membersihkannya secara berkala. Selain dapat menghemat listrik, kulkas yang bersih akan terhindar dari sarang bakteri. Namun, jangan bersihkan bagian dalamnya saja. Bersihkan pula bagian luarnya, terutama bagian kondensor bagian belakang. Karena bagian ini sangat rentan tertutup debu.

7. Matikan Saat Tidak Digunakan

Ketika kamu dan keluarga berencana berlibur dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk mematikan kulkas ya. Hal ini akan menciptakan perbedaan yang signifikan pada jumlah konsumsi listrik. Selain itu, dengan mematikan kulkas juga memberinya kesempatan untuk beristirahat setelah digunakan selama 24 jam setiap hari. Meski demikian, jangan lupa bersihkan makanan yang ada dalam kulkas sebelum mematikannya. Singkirkan semua makanan yang berpotensi basi dan menimbulkan bau.

Baca Juga: Trik Aman Menyimpan Makanan di Kulkas Saat Listrik Padam

Nah, itu dia tujuh tips pemakaian kulkas hemat listrik. Sederhana sekali bukan? Selain menghemat energi, tips-tips tersebut juga membuat lemari pendingin lebih tahan lama, loh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.