6 Tips Agar Rumah Tangga Harmonis Meski Sudah Bertahun-tahun Menikah

6 Tips Agar Rumah Tangga Harmonis Meski Sudah Bertahun-tahun Menikah
google.com

Seruni.id – Hal terindah yang didambakan banyak pasangan adalah rumah tangga harmonis, meski pun telah lama menikah. Keharmonisan yang tercipta di dalam suatu hubungan tentu membuat satu sama lain merasa lebih nyaman, hingga membuat hubungan kian lengket dan awet.

6 Tips Agar Rumah Tangga Harmonis Meski Sudah Bertahun-tahun Menikah
google.com

Hal tersebut, tak terlepas dari bagaimana keduanya menjaga agar hubungan selalu berada dalam kondisi yang hangat, dan tentunya jarang sekali terjadi pertengkaran. Sehingga jalinan asmara yang dirajut bersama, senantiasa terjaga dengan baik. Lantas, apa tips agar rumah tangga harmonis dan bahagia? Berikut Seruni bagikan beberapa rahasia rumah tangga harmonis yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Ketika Diterpa Maslah, Belajarlah untuk Berdiskusi

Dalam rumah tangga, tak selamanya berjalan mulus-mulus saja tanpa adanya masalah. Kata orang, masalah tersebut sebagai pelengkap hubungan dan juga untuk menguji kedewasaan dua insan yang diikat dalam tali pernikahan. Ketika masalah itu datang, bukan hal yang mudah bagi kita untuk mengendalkukan ucapan dan sikap ketika kepala dan hati dalam kondisi panas.

Menyalahkan pasangan dan berasumsi yang belum tentu kebenarannya, bisa menimbulkan reaksi yang nantiya bisa merugikan keduanya. Sebisa mungkin, ketika menjumpai masalah di dalam rumah tangga, sebaiknya belajarlah untuk saling berdiskusi demi masalah tersebut bisa terselesaikan dengan baik.

2. Sediakan Waktu Luang Bersama Pasangan

Tips rumah tangga harmonis dan langgeng selanutnya yakni, sediakan waktu luang bersama pasangan. Sebab, kadang kala, aktivitas yang padat membuat perhatian dan waktu berdua itu berkurang. Agar pasangan tidak merasa kesepian, luangkan waktu untuknya, meski itu hanya untuk makan malam bersama. Tak perlu memilih restoran berkelas, makan di rumah saja sudah membuat dia bahagia.

3. Berilah Kejutan

Kejutan dibuat agar tidak ada rasa bosan dan jenuh pada pasangan. Meski bukan dalam bentuk dan harga yang tidak terlalu mahal saja, sudah membuat pasangan bahagia. Sebab, sikap demikian diartikan oleh pasangan sebagai sesuatu yang manis dan romantis. Sehingga keharmonisan yang ada dalam hubungan tetap terjaga dengan baik, meskipun pernikahan sudah berjalan cukup lama.

4. Menjaga Komunikasi

Komunikasi sangatlah penting agar rumah tangga harmonis dan bahagia. Perhatikan apa yang sedang mereka pikirkan dan rasakan. Jangan ragu untuk selalu bertanya padanya tentang kegiatan hari ini. Kamu bisa meluangkan waktu, setidaknya 15 menit setiap malamnya, hanya untuk bersantai bersama.

5. Beri Dia Apresiasi

Pasangan suami istri, tentu memiliki peran yang berbeda. Terkadang salah satu dari mereka, tidak peka dengan tugas-tugas kecil. Tidak ada salahnya untuk mengapresiasi mereka ketika membantu tugas kita. Meski dia tak mengharapkan ucapan terima kasih, namun satu kata sederhana itu akan membuat hatinya senang karena merasa diperhatikan. Bukankah kamu pun senang jika diberi apresiasi?

6. Berinisiatiflah Ketika Dirasa Pasangan Sedang Membutuhkanmu

Rasa inisitif yang ada, bisa menjadi nilai plus di mata pasangan kalian, loh. Pasanganmu akan menganggap, bahwa kamu memiliki rasa kepekaan yang cukup baik dalam hubungan. Berinisiatif dalam hal remeh tentu akan membuat pasangan merasa bahagia. Hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah sosok yang mampu diandalkan dalam segala hal. Sehingga pasangan merasa nyaman berada di dekatmu karena keharmonisan yang terbangun bisa dijaga dengan baik.

Doa Agar Rumah Tangga Harmonis

Selain melakukan hal-hal di atas agar rumah tangga harmonis dan langgeng, kita juga dianjurkan untuk memohon doa kepada Allah agar rumah tangga yang telah dibangun, diberikan ketentraman. Doa tersebut terdapat di dalam hadits Rasulullah Muhammad SAW, yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Hurairah, berikut ini:

6 Tips Agar Rumah Tangga Harmonis Meski Sudah Bertahun-tahun Menikah
dream.co.id

“Allahummaghfirli zanbi wa wassi’li fi dari wa barikli fima razaqtani”

Artinya: “Ya Allah, ampuni dosaku, berilah rasa lapang di rumahu sendiri, dan berikanlah rezekiku.”

Tidak susah ‘kan dalam membangun keharmonisan dalam hubungan? Sekarang kamu bisa mempraktikkan resep di atas bersama dengan pasangan, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.